alexametrics

Belajar IPS Jadi Menyenangkan dengan Model Make And Match

Oleh: Musarofah, S.Pd.SD

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, ILMU Pengetahuan Sosial dianggap oleh sebagian peserta didik muatan pelajaran yang kurang menarik untuk diikuti karena harus membaca materi yang banyak kemudian menghafalkan materi tersebut. Bagi peserta didik yang mempunyai karakter malas membaca dapat mempengaruhi tingkat pemahaman pada materi tertentu dan hal ini tentu saja akan mempengaruhi hasil prestasi peserta didik. Di Sekolah Dasar Negeri 06 Purwoharjo Kecamatan Comal, Kabupaten Pemalang, Kelas VI Semester 1 Muatan Pelajaran IPS pada KD 3.1 Mengidentifikasi karakteristik geografis dan kehidupan sosial budaya, ekonomi, politik, di wilayah ASEAN masih menunjukkan nilai pengetahuan (KI3) masih di bawah KKM. Setelah diadakan refleksi ternyata hal ini disebabkan oleh kurang antusiasnya peserta didik pada saat menerima pelajaran yang dijelaskan oleh guru yang hanya menggunakan metode ceramah dan tanya jawab sehingga peserta didik tidak tertantang untuk mengikuti pelajaran tersebut.

Baca juga:  Peningkatan Keterampilan Menulis Cerkak melalui Edmodo

Seorang guru harus mempunyai ide-ide kreatif dan inovatif untuk membangkitkan semangat belajar peserta didiknya agar dalam menerima materi pelajaran menjadi semangat, tidak bosan dan tentu saja agar materi pelajaran dapat terserap secara maksimal dan memperoleh prestasi yang lebih meningkat. Model Pembelajaran Make and Match saya terapkan kepada peserta didik di SD saya pada muatan pelajaran IPS.

Make and Match menurut Tarmizi dalam Novia ( 2015: 12 ) adalah model pembelajaran dimana peserta didik mencari pasangan, setiap peserta didik mendapatkan sebuah kartu ( bisa berupa soal atau jawaban) lalu secepatnya mencari pasangan yang sesuai dengan kartu yang dipegang. Adapun langkah-langkah pembelajarannya yaitu pertama-tama guru menyiapkan beberapa kartu yang berisi beberapa konsep atau topik yang cocok. Untuk satu sisi kartu berupa soal dan satu sisi sebaliknya berupa jawaban setiap jawaban atau soal dari kartu yang dipegang , selanjutnya peserta didik mencari pasangan yang mempunyai kartu yang cocok dengan kartunya. Peserta didik yang mencocokkan kartunya sebelum batas waktu diberi point. Setelah satu babak kartu dikocok lagi agar tiap peserta didik mendapat kartu yang berbeda (kartu soal atau kartu jawaban). Demikian seterusnya sampai soal habis. Kelebihan dari model pembelajaran ini menurut Santoso dalam Novia (2015 : 24) antara lain mampu menciptakan suasana aktif dan menyenangkan, materi yang diserap peserta didik mencapai taraf ketuntasan yang maksimal dan disampaikan lebih menarik perhatian peserta didik, mampu meningkatkan hasil belajar, dan yang terakhir munculnya dinamika gotong royong yang merata diseluruh peserta didik.

Baca juga:  Implementasi Materi Peluang Usaha di Masa Pandemi

Dengan model pembelajaran seperti ini suasana kelas menjadi hidup kembali, peserta didik menjadi antusias menerima materi dan lebih semangat mengikuti KBM. Namun demikian selain ada kelebihan model pembelajaran ini juga mempunyai kekurangan, adapun kekurangannya antara lain yaitu memerlukan bimbingan dari guru untuk melakukan kegiatan, waktu yang tersedia perlu dibatasi jangan sampai peserta didik terlalu banyak bermaimain dalam proses pembelajaran, guru perlu persiapan bahan dan alat yang memadai, dan kelemahan model pembelajaran ini yang terakhir yaitu dapat menimbulkan kegaduhan dan keramaian yang tidak terkendali.

Pada akhir pembelajaran diadakan evaluasi pada KD tersebut ternyata hasil yang diperoleh peserta didik mengalami kenaikan yang signifikan, hal ini disebabkan karena peserta didik dapat memahami materi yang diajarkan guru dengan lebih cepat, maksimal dan dengan hati yang gembira. Dengan model pembelajaran make and match pada muatan pelajaran IPS secara klasikal nilai pengetahuan (KI3) meningkat rata-rata di atas KKM. (ti2/zal)

Baca juga:  Pembelajaran Sikap Toleran dan Simpatik dengan Picture and Picture

Guru SDN O6 Purwoharjo, Pemalang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya