alexametrics

Pembelajaran Berbasis Praktikum dalam PJJ

Oleh : Serafica Indriyani, S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, IPA merupakan pelajaran yang berkaitan dengan peristiwa dan gejala dalam kehidupan sehari-hari. Dalam pelajaran IPA siswa diajarkan untuk bersikap ilmiah. Menyikapi sesuatu secara objektif, jujur, teliti, kritis dll. Dengan belajar IPA siswa diharapkan mampu menerapkan langkah-langkah penyelidikan ketika menghadapi permasalahan dan informasi yang diterima.

Siswa dilatih memilah informasi yang gencar diterima melalui berbagai media sehingga dapat membedakan antara informasi yang benar maupun yang salah (hoax). Langkah-langkah penyelidikan meliputi pengamatan untuk mengumpulkan data dan informasi, membuat inferensi yang berarti merumuskan penjelasan berdasarkan pengamatan untuk menemukan pola-pola atau hubungan antar aspek yang diamati dan membuat perkiraan serta mengkomunikasikan yang berarti menyampaikan hasil penyelidikan secara lisan/ tertulis (Buku IPA kelas VII semester 1 edisi revisi 2017:4).

Langkah-langkah penyelidikan IPA dan sikap ilmiah dapat dilatihkan kepada siswa dengan kegiatan praktikum. Permendiknas Nomor 37 Tahun 2018 tentang Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan menjelaskan pembelajaran IPA berkaitan dengan memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural). Berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata serta mencoba, mengolah. Dan menyajikan dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

Baca juga:  Serunya Belajar Nama dan Jumlah Benda dengan Metode NHT

Hal ini menunjukkan bahwa belajar IPA bukan hanya penguasaan pengetahuan yang berupa fakta-fakta, konsep-konsep, atau prinsip-prinsip saja, tetapi juga proses penemuan. Proses pembelajaran IPA hendaknya menekankan pada pemberian pengalaman langsung untuk mengembangkan kompetensi dan memahami alam secara ilmiah serta diarahkan pada inkuiri dan berbuat untuk memperoleh pemahaman yang lebih bermakna.

Uraian di atas menegaskan pentingnya penerapan proses sains dan sikap ilmiah dalam pembelajaran IPA. Pembelajaran dengan pendekatan keterampilan proses merupakan pembelajaran yang ideal bagi pemenuhan tuntutan penerapan proses sains serta sikap ilmiah dan itu dapat dilakukan melalui pembelajaran berbasis praktikum.

Praktikum adalah kegiatan yang membuat siswa dapat menerapkan keterampilan atau mempraktikkan sesuatu. Kegiatan praktikum memungkinkan penerapan keterampilan proses sains sekaligus pengembangan sikap ilmiah yang mendukung proses perolehan pengetahuan. Di sini tampak bahwa praktikum sangat penting dalam pembelajaran IPA.

Baca juga:  Belajar Kingdom Animalia Lebih Menyenangkan dengan Kartu Kuartet

Sekarang permasalahannya, bagaimana pembelajaran menggunakan metode praktikum dapat dilakukan di era pandemi ini? Ketika siswa dan guru melaksanakan pembelajaran jarak jauh (PJJ)? Keterbatasan aktivitas siswa selama pandemi dan keterbatasan alat di rumah merupakan kendala jika akan melakukan kegiatan praktikum.

Tetapi keterbatasan ini tentu saja harus diatasi. Kegiatan praktikum selama PJJ dapat tetap dilakukan dengan cara guru harus mampu memilah materi pembelajaran yang dapat dilakukan praktikum dengan alat dan bahan yang tersedia di rumah. Guru harus membuat LKPD yang mudah dipahami siswa secara mandiri.

Guru harus menjelaskan langkah-langkah kegiatan terlebih secara daring melalui aplikasi yang memungkinkan agar tidak terjadi salah persepsi, dan guru harus terus memantau kegiatan praktikum dan selalu terbuka terhadap permasalahan yang dihadapi siswa selama kegiatan praktikum.

Baca juga:  Menanamkan Pendidikan Agama Islam kepada Anak di Masa Pandemi

Dengan langkah-langkah yang terencana dan sistematis maka kegiatan praktikum dalam pembelajaran IPA selama pandemi tetap dapat dilaksanakan. (bw2/lis)

Guru IPA SMP Negeri 1 Bawen

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya