alexametrics

Edutainment Video/Film Inspiratif Tingkatkan Hasil Belajar IPS dan Nilai Karakter Peserta Didik

Oleh : Siti Sundari, S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Sistem Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) sebagai bentuk kebijakan yang diambil oleh Pemerintah melalui Permendikbud No. 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Virus Corona.

Kebijakan PJJ/BDR bagi guru merupakan kebijakan yang mengagetkan dan membuat guru galau karena perubahan yang mendadak. Belum pernah ada training dan guru harus melaksanakannya.
Perubahan sistem pembelajaran yang mendadak ini guru harus cerdas dan terus belajar dalam mengambil sikap supaya sistem pembelajaran dapat terlaksana dengan baik, diharapkan tujuan pembelajaran dapat terlaksana dengan baik.

Khususnya dalam pembelajaran IPS ditekankan untuk penanaman kecakapan hidup. Karena belajar ilmu IPS laboratorium belajarnya di kehidupan peserta didik bersama keluarga dan lingkungannya.
Oleh sebab itu dengan melalui video/film inspirasi yang berdurasi sekitar 5/6 menit sebelum atau disisipkan di tengah pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar dan menanamkan nilai karakter peserta didik.

Baca juga:  Peningkatan Kecakapan Akademik Matematika dengan Reciprocal Teaching

Menurut Sang Sugesti Indonesia Coach Aris Ahmad Jaya, “Edutainment dengan video/film pendek inspiratif, mampu motivasi, menghibur, yang bisa mencerahkan dan menginspirasi, mengedukasi peserta didik.”

Dengan penerapan edutainment video/film inspiratif tersebut di awal atau di tengah pembelajaran maka meningkatkan rasa bahagia bagi peserta didik yang dapat mengizinkan kita sebagai guru dan menerima materi yang kita berikan dengan rasa senang. Kondisi inilah yang akan memberi motivasi peserta didik untuk senang belajar IPS maka meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Pada dasarnya peserta didik baik SD, SMP dan SMA sangat suka sekali melihat vidio atau film, ketika kita sisipkan vidio/film inspirasi yang memiliki makna, memiliki nilai atau lucu, tapi mendidik, tentu bisa menyegarkan mereka. Bisa menjadikan mereka, luar biasa, bahagia dan sekaligus senang untuk belajar bersama dengan kita sebagai pengajar.Video/film inspirasi yang dapat mengedukasi tentang kejujuran, kedisiplinan, atau tentang kesungguhan untuk menjadi lebih baik.

Baca juga:  Tingkatkan Hasil Belajar Materi Organ Pernapasan Manusia melalui Video

Penerapan cara ini guru harus cerdas dan selektif dalam memilih video/film yang baik dan tepat, dengan langkah sebagai berikut. Pertama, menampilkan flm terlebih dahulu, kemudian membahasnya. Kedua, menyampaikan sebuah karakter atau muatan positif yang bisa diberikan ke peserta didik misalnya tentang penjuangan, kejujuran, persatuan/kebersamaan dan optimisme, semangat juang sampai akhir.

Ketiga menampilkan film/video sambil dijelaskan nilai-nilai yang ada dalam film tersebut. Dengan cara menyisipkan video/film pendek inspiratif ini, sesungguhnya peserta didik secara langsung, dan tidak langsung belajar tentang kehidupan, belajar tentang kejujuran, dan sesungguhan diharapkan dengan cara ini peserta didik dapat mencapai tujuan pembelajaran IPS yang mengacu pada tujuan pembelajaran IPS sesuai Permendiknas No. 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi menyatakan bahwa mata pelajaran IPS bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan mengenal konsep-konsep yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat dan lingkungannya.

Baca juga:  Pembelajaran Peta Beserta Komponennya dengan Metode Snowball Drilling

Memiliki kemampuan dasar untuk berpikir logis dan kritis, rasa ingin tahu, inkuiri, memecahkan masalah, dan keterampilan dalam kehidupan sosial. Memiliki kesadaran terhadap nilai sosial dan kemanusiaan, dan memiliki kemampuan berkomunikasi, bekerja sama, dan berkompetisi dalam masyarakat yang majemuk, ditingkat lokal, nasional dan global. (bw2/lis)

Guru IPS SMPN 2 Tuntang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya