alexametrics

Peningkatan Motivasi Belajar Bahasa Inggris melalui Metode Total Physical Response

Oleh: Diyah Ekowati,S.Pd.

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, GURU adalah seorang yang bertugas membimbing dan mengarahkan peserta didik tentang cara belajar agar mencapai hasil yang diharapkan. Guru mempunyai peran yang sangat penting dalam menentukan keberhasilan peserta didik, begitu seharusnya seorang guru maka dibutuhkan profesional. Untuk menjadi seorang guru yang profesional, guru hendaknya dapat mendesain kegiatan proses pembelajaran sedemikian rupa dengan metode pembelajaran yang bervariasi agar peserta didik lebih aktif, sehingga dapat memberikan motivasi belajar peserta didik agar lebih giat belajar Karena guru yang profesional dapat mewujudkan keberhasilan guru dalam menyampaikan materi.

Karena bahasa inggris adalah mata pelajaran yang sangat kompleks, karena terdiri dari berbagai terapan ilmu pengetahuan yang mencakup empat skill, sehingga membutuhkan guru yang kompeten dalam penguasaan materi dan pengelolaan kelas, terutama dalam hal pemilihan metode atau menciptakan suasana kelas yang nyaman guna menarik minat siswa. Karena sejauh ini bahasa inggris masih belum diminati oleh para siswa kelas rendah. Pelajaran Bahasa Inggris selama ini menjadi pelajaran yang sangat berguna untuk semua orang. Karena Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang harus dipelajari oleh semua orang.

Baca juga:  Menyematkan Filsafat pada Pembelajaran Recount Text

Keberhasilan guru dalam menyampaikan materi sangat tergantung pada kelancaran interaksi harus memiliki kreatifitas dalam mengelola proses pembelajaran. Kreatifitas dapat dilakukan melalui strategi, teknik, metode, serta media dalam pembelajaran. Berdasarkan dari kondisi di SMPN 3 Sragi yang minat belajar Bahasa Inggris nya kurang maka perlu Peningkatan motivasi belajar Bahasa Inggris dengan melalui Metode Total Physical Response (TPR) Pada Siswa kelas delapan.

Metode TPR adalah metode pembelajaran Bahasa Inggris dengan cara mendengarkan kalimat perintah (command), ucapan (speech),gerak (action) dan berusaha untuk mengajarkan melalui aktivitas fisik (motorik) (Penny, 2008: 1). Jadi yang dimaksud dengan “Peningkatan Motivasi Belajar Bahasa Inggris Melalui Metode Total Physical Response (TPR) Pada Siswa Kelas delapan SMP N3 Sragi adalah suatu usaha untuk memberi dorongan yang lebih tinggi dalam menguasai pelajaran bahasa Inggris melalui cara mendengarkan kalimat perintah, ucapan, dan berusaha untuk mengajarkan aktivitas fisik (motorik)

Baca juga:  Penguasaan Keterampilan Berbicara Offering Help dengan 6M

Tujuan dalam pembelajaran metode TPR adalah mengajarkan kemahiran berbicara, menggunakan pemahaman sebagai jalan atau cara untuk berbicara, menggunakan drill (latihan) berdasarkan tindakan dalam bentuk perintah. Metode TPR ini sangat mudah dan ringan dalam segi penggunaan bahasa dan juga mengandung unsur gerakan sehingga dapat menghilangkan stress pada peserta didik karena masalah-masalah yang dihadapi dalam pelajarannya terutama pada saat mempelajari bahasa asing, dan juga dapat menciptakan suasana hati yang positif pada peserta didik yang dapat memfasilitasi pembelajaran sehingga dapat meningkatkan motivasi dan prestasi siswa dalam pelajaran tersebut. Guru memiliki peran aktif dan langsung dalam menerapkan metode ini.

Dengan menggunakan metode TPR ini pada kelas delapan ada peningkatan didapat nilai sebagai pembandingan sebelum dan sesudah metode TPR diterapkan. (pg1/zal)

Baca juga:  Pembelajaran Bahasa Inggris melalui Video Lebih Menarik

Guru SMPN 3 Sragi

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya