alexametrics

Belajar Memahami Tangga Nada di Masa Pandemi dengan 3Di

Oleh: Sariyun, S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Hampir satu tahun pandemi Covid–19 sampai masih melanda negara kita. Semua orang belum bisa memastikan sampai kapan pandemi ini berakhir. Oleh karena itu, dalam proses pembelajaran guru harus menggunakan metode yang bervariasi dan menyenangkan agar pembelajaran yang diberikan dapat diterima oleh siswa dengan baik, serta siswa tidak merasa bosan dan jenuh dengan cara belajar yang digunakan. Karena peserta didik sudah hampir satu tahun belajar dengan cara daring.

Dalam pembelajaram tema 6 sub tema 1 pembelajaran 2 pada materi menyanyi lagu daerah, siswa SD Negeri Satriyan 02 Kecamatan Tersono, Kabupaten Batang pada awal pembelajaran banyak yang belum dapat menyanyikan lagu daerah dengan baik. Untuk mengatasi masalah tersebut, guru menggunakan metode 3Di. Pembelajaran dengan metode 3Di digunakan oleh pendidik agar siswa dapat menerima materi dengan baik, dan siswa dapat mempraktekkan materi yang dipelajari sesuai dengan kemampuan yang dimilik.

Baca juga:  Microsoft Sway, Tingkatkan Minat Belajar Sains Materi Rangkaian Listrik Sederhana saat Pandemi

Heri Rahyubi (2012: 236) mengartikan “metode adalah suatu model cara yang dapat dilakukan untuk menggelar aktivitas belajar-mengajar agar berjalan dengan baik”. Hamid Darmadi (2010:42) berpendapat bahwa “metode adalah cara atau jalan yang harus dilalui untuk mencapai suatu tujuan”.

Meskipun siswa pada SD Negeri Satriyan 02 hampir seluruh orang tuanya adalah orang jawa akan tetapi pada saat pembelajaran materi menyanyikan lagu daerah sebagian besar siswa belum dapat menyanyikan lagu dari daerah Jawa Tengah dengan baik. Oleh karena itu agar siswa merasa senang dan mudah menyanyikan lagu daerah dari Jawa Tengah, guru menggunakan Metode 3Di.

Setelah menggunakan metode 3Di ternyata siswa dapat menerima pelajaran dengan baik, dan dapat mempraktekkan materi yang diberikan oleh guru dengan baik. Metode 3Di yang digunakan oleh guru adalah dimulai dari diri sendiri, dimulai dari yang terkecil, dan Di- yang ketiga yaitu dimulai dari sekarang (3Di).

Baca juga:  Website sebagai Pusat Informasi di SMPN 2 Secang

Pada materi menyanyikan lagu daerah, setelah menerima materi siswa diberikan tugas untuk menyanyikan lagu daerah yang pernah didengar atau pernah dinyanyikannya. Dengan melakukan kegiatan tersebut, maka siswa merasa senang dan tidak merasa terbebani untuk menghafalkan lagu yang mungkin masih asing bagi anak – anak.

Setelah siswa paham tugas dari guru siswa sangat antusias untuk menyanyikan lagu daerah yang selama ini sering anak-anak dengar, dan setelah siswa hafal syair lagu yang di dengarnya supaya siswa segera menyanyikannya saat itu juga agar siswa tetap hafal lagu daerah yang didengar atau dinyanyikannya.

Pembelajaran dengan menggunakan metode 3Di pada pembelajaran tema 6 sub tema 1 pada kelas V SD Negeri Satriyan 02 Kecamatan Tersono, Kabupaten Batang, sesuai dengan KD 3.2 Memahami tangga nada, dan KD 4.2 menyanyikan lagu –lagu dalam berbagai tangga nada dengan iringan musik.

Baca juga:  Peran Teknologi dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di Era Pandemi Covid-19

Pembelajaran menggunakan metode 3Di tetap dilakukan secara daring untuk mengutamakan keselamatan siswa dan semua warga sekolah agar siswa tetap mendapatkan materi pelajaran dari guru, dan untuk melatih siswa menjadi orang yang bertanggung jawab, disiplin, dan jujur serta untuk mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah agar tidak berkerumun dalam jumlah yang banyak selama pandemi Covid -19 belum berakhir. (ti2/aro)

Guru Kelas V SD Negeri Satriyan 02, Kecamatan Tersono, Kabupaten Batang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya