alexametrics

Google Classroom Salah Satu Solusi Pembelajaran Ekonomi Era Pandemi

Oleh : Theresia Ayu Andharweni, S.Pd., M.Si

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Kasus Covid-19 yang mulai menghawatirkan khususnya di Kabupaten Semarang yang mulai merebak awal bulan Maret menetapkan pemerintah meliburkan peserta didik untuk tidak sekolah dan melakukan pembelajaran secara tatap muka.

Sehingga memaksa guru mengubah pembelajaran tatap muka menjadi daring. Di dalam dunia pendidikan teknologi sangat membantu dalam proses pelayanan administrasi, proses kegiatan pembelajaran, pembuatan nilai, pendaftaran peserta didik baru, daftar ulang dan masih banyak kegiatan lain yang memanfaatkan teknologi.

Kemajuan teknologi yang merambah dalam dunia pendidikan memunculkan banyak model pembelajaran yang harapannya dapat meningkatkan hasil pembelajaran yang lebih efektif. Apalagi di era pendemi seperti saat ini teknologi sangat membatu sekali dalam pelaksanaan proses pembelajaran, dikarenakan peserta didik dilarang untuk masuk kesekolah untuk mengikuti pembelajaran secata tatap muka.

Pada awal perubahan dari pembelajaran tatap muka menjadi daring penulis memanfatkan teknologi yang sederhana yaitu dengan menggunakan whatsapp group dengan peserta didik. Ternyata dengan menggunakan whatsapp group pembelajaran tidak dapat berjalan secara maksimal sehingga membuat para guru mencari model pembelajaran yang lebih efektif. Salah satu teknologi yang dimanfatkan sebagai salah satu solusi pembelajaran di era pandemi dalam proses pembelajaran khususnya untuk mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Getasan Kabupaten Semarang adalah pemanfaatan google classroom.

Baca juga:  Penggunaan Google Map dalam Pembelajaran Konsep Geografi

Google classroom sebagai media pembelajaran yang menggunakan jejaring web untuk mengaksesnya. Googloe classroom menjadi salah satu solusi agar proses pembelajaran bisa berjalan secara efektif. Melalui aplikasi Google Classroom diasumsikan bahwa tujuan pembelajaran akan lebih mudah direalisasikan dan sarat kebermaknaan. Oleh karena itu, penggunaan Google Classroom ini sesungguhnya mempermudah guru dalam mengelola pembelajaran dan menyampaikan informasi secara tepat dan akurat kepada peserta didik (Hakim, 2016).

Peserta didik dapat mengakses dengan menggunakan smart phone tidak harus dengan laptop, sehingga mereka dapat mengakses di mana saja dan kapan saja. Pada saat awal penggunaan google classroom peserta sempat merasa kesulitan karena belum memahami aplikasi ini dengan baik. Tapi setelah peserta didik memahami aplikasi tersebut akhirnya penulis dapat melaksanakan pembelajaran dengan memanfaatkan google classroom sebagai salah satu media pembelajaran. Setelah dipahami dan dikuasai ternyata aplikasi ini lebih mudah bagi peserta didik dalam menerima materi maupun pengumpulan tugas yang diberikan oleh guru. Peserta didik juga dapat melihat kapan batas akhir pengumpulan tugas sehingga tugas dapat diserahkan tepat waktu.

Baca juga:  Tingkatkan Hasil Belajar PKn Siswa dengan Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw

Melalui google classroom guru lebih mudah memberikan materi pelajaran yang akan diajarkan, memberikan tugas maupun memberikan nilai bagi peserta didik yang sudah mengumpulkan tugas. Sehingga peserta didik dapat langsung melihat nilai di mata pelajaran tersebut. Dalam makalahnya Idlaliyah Faiqoh dkk menuliskan bahwa google classroom ini dapat memberikan beberapa manfaat antara lain penyiapan kelas akan lebih mudah: guru dapat menyiapkan kelas dan mengundang siswa untuk bergabung di kelas.

Menghemat kertas dan waktu. Guru tidak lagi menggunakan kertas dalam pemberian tugas maupaun materi dan pelaksanaan di satu tempat karena pengelolaan di satu tempat. Aman dan terjangkau. Kelas tidak berisi iklan dan kelas disediakan secara gratis. Penggunaan google classroom sebagai media pembelajaran diharapkan dapat membantu guru dan peserta didik dalam mempelajari dan memahami materi pembelajaran secara interaktif dan menyenangkan. Kelebihan Google Classroom adalah peserta didik dapat mengulang materi dan materi dapat dibuka setiap saat (Mustaniroh:2015).

Baca juga:  Kampanye Anti-HIV/ AIDS dengan Pembuatan Bookmark

Khususnya bagi pengajar mata pelajaran ekonomi aplikasi ini sangat membatu pelaksanaan proses kegiatan belajar mengajar secara maksimal. Guru dapat memberikan materi, video pembelajaran sehingga anak dapat memahami materi dengan baik. Dapat menggantikan pembelajaran tatap muka karena guru bisa berinteraksi langsung walau terpisah jarak. (pg1/lis)

Guru Ekonomi SMAN 1 Getasan, Kabupaten Semarang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya