alexametrics

Bermain Bilangan Loncat dengan Engklek Patahan

Oleh : Wiharti, S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, MATERI bilangan loncat di kelas satu akan menjadi fondasi bagi siswa pada pelajaran matematika. Bilangan loncat merupakan penambahan yang sama dari bilangan sebelumnya. Pembelajaran bilangan loncat bagi kelas satu merupakan hal yang sangat penting untuk dipelajari. Dalam hal ini siswa kelas satu masih sangat bingung mempelajarinya dan tahap dasar awal siswa kelas satu kadang sulit menangkap pelajaran jika hanya sekadar monoton tidak aada kreasinya siswa merasa bosan dan jenuh. Dengan mengajak siswa untuk berkreasi sambil belajar sangatlah perlu sebagai modal awal untuk menjadi pembelajaran yang sangat menyenangkan. Seorang guru harus bisa mencari strategi pembelajaran yang bisa ditangkap oleh siswa khususnya kelas satu SD. Supaya siswa dapat mempelajari bilangan loncat dengan asyik dan tidak membosankan yaitu dengan cara guru dalam mengajarkan metode bermain dengan menggunakan loncatan kaki dalam pembelajaran bilangan loncat.

Baca juga:  Implementasi Buku Catatan PJJ Materi Teorema Pythagoras

Konsep bilangan loncat dengan engklek patahan menggunakan loncatan kaki pada kelas satu apabila diterapkan akan lebih mudah ditangkap oleh anak kelas satu, Dalam pembelajaran bilangan loncat menggunakan media yang mudah didapat yaitu dengan siswa membuat garis kotak loncatan pada kardus bekas yang sudah diwarna seindah mungkin agar tampak menarik, dengan membentuk model pesawat, kereta, sesuai apa yang diinginkan siswa. Dan siswa membuat garis kotak-kotak agar mudah siswa untuk meloncat lalu menulis angka urut yang dimulai dengan nomor 1, 2, 3, 4, dan seterusnya, misalkan saja bilangan loncat 2, loncat 3 ataupun yang lain, jika loncatan bilangan loncat 2 maka siswa meloncat sebanyak 2 kali loncatan maka dalam loncatan tadi siswa dapat menebak pijakan loncatan berapa yang sudah diloncati. Selanjutnya siswa menggunakan patahan dari bekas patahan atap rumah untuk dijadikan lemparan pada bilangan yang dituju sesuai kotak garis seperti bermain engkleng. Lalu siswa menunjukan angka yang sudah dilalui, secara bergantian siswa bermain engkleng dengan panduan guru. Dengan bermain engklek patahan siswa bermain dan belajar dengan asyik dan menyenangkan. Juga sebagai cermin motivasi siswa untuk berpikir kreatif, mendorong belajar dan mempunyai seni dalam belajar.
Belajar sambil bermain dengan loncatan kaki dapat menumbuhkan kreativitas anak dalam mendengarkan intruksi dari teman maupun guru, dalam kompetensi dasar yang memuat bilangan loncat pada kelas satu mempunyai tujuan pembelajaran bermain bilangan loncat dengan menggunakan loncatan engklek patahan agar siswa kelas satu termotivasi dan semangat dalam menangkap pelajaran.

Baca juga:  76 Siswa Terpapar Covid-19, PTM di Semarang Dihentikan Dua Pekan

Metode pembelajaran bermain bilangan loncat dapat menumbuhkan kreasi ide baru memacu kreatifitas guru dalam memberikan pembelajaran bilangan loncat yang sesuai tujuan yang akan dicapai oleh siswa saat ini. Serta meningkatkan semangat belajar anak dan semangat guru dalam mengajar. (pg1/lis)

Guru SD Negeri 02 Kendalsari, Kec. Petarukan, Kabupaten Pemalang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya