alexametrics

VP dan MR, Efektif Tingkatkan Hasil Belajar Sejarah Perjuangan Nabi

Oleh : Marita Dyah K., S.Ag.

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Dewasa ini guru semakin sadar dan merasakan akan pentingnya media dalam rangka membantu dalam proses pembelajaran, karena pada hakikatnya pembelajaran merupakan proses komunikasi antara pendidik dan peserta didik. Kehadiran media pembelajaran mempunyai arti yang cukup penting dalam proses belajar mengajar, karena dalam kegiatan tersebut ketidakjelasan bahan yang disampaikan dapat dibantu dengan kehadiran media sebagai perantara. Selain menyampaikan materi pembelajaran dengan menggunakan media yang tepat, guru juga harus memilih metode sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.

Penulis sebagai guru yang mengampu mata pelajaran PAI-BP di SMP Negeri 7 Pemalang pun berusaha melaksanakan hal tersebut. Pada materi kelas VII tepatnya Kompetensi Dasar 3.11 Memahami Sejarah Perjuangan Nabi Muhammad SAW, saat pembelajaran berlangsung penulis menggunakaan media Video Pembelajaran (VP) dan Metode Resitasi (MR).

Baca juga:  Menanamkan Pendidikan Agama Islam kepada Anak di Masa Pandemi

Media video pembelajaran menurut Cheppy Riyana (2007: 4) adalah media yang menyajikan unsur audio dan visual dengan maksud menyampaikan pesan-pesan/materi pelajaran yang di dalamnya berupa konsep, prinsip, prosedur, serta teori aplikasi pengetahuan untuk membantu dalam menyampaikan suatu materi tertentu kepada siswa dan untuk memudahkan pemahaman siswa dalam proses pembelajaran. Simamora Roymond (2009:58) mengemukakan pengertian metode resitasi, yaitu suatu metode pengajaran dengan mengharuskan siswa membuat resume dengan kalimat sendiri. Sedangkan menurut Darmadi (2017:194—195), metode resitasi terstruktur adalah pemberian tugas kepada siswa di luar jadwal sekolah atau diluar jadwal pelajaran, pada akhirnya dipertanggungjawabkan kepada guru yang bersangkutan. Lebih lanjut menurut Darmadi (2017:195) resitasi ini merupakan salah satu alternatif untuk lebih menyempurnakan penyampaian tujuan pembelajaran khusus.

Baca juga:  Menarik Minat Belajar Siswa Kelas Rendah dengan Alat Peraga Kartu Huruf

Adapun tahapan/langkah yang dilakukan saat pembelajaran daring di Google Classroom selain guru menyampaikan materi Sejarah Perjuangan Nabi Muhammad SAW, maka perlu di tayangkan pula video pembelajaran yang mengisahkan sejarah tersebut yang telah diunduh dari Google atau YouTube. Dari video pembelajaran tersebut peserta didik dapat mengetahui kisah sejarah yang ada di masa lampau untuk menambah pengetahuan mereka. Dalam pembelajaran sejarah Islam melalui video inilah para peserta didik bisa mengilustrasikan fakta dan realita kejadian yang sebenarnya tentang Sejarah Perjuangan Nabi Muhammad SAW.

Peserta didik diarahkan untuk dapat melihat tayangan video pembelajaran sampai tuntas agar tidak terjadi kesalahpahaman, dan selanjutnya guru memberikan penugasan (resitasi) dari hasil pengamatan video tersebut. Peserta didik harus mengerjakan setiap pertanyaan yang diberikan dan mengumpulkannya sesuai dengan petunjuk dari guru agar dapat dikoreksi dan dinilai.

Baca juga:  Mudah Pahami Operasi Bilang Bulat dengan Kartu dan Koin Kotif

Pemberian tugas ini dimaksudkan agar penguasaan materi yang telah di ajarkan lebih mengena dan dapat dikuasai peserta didik, selanjutnya dari penguasaan materi tersebut peserta didik dapat mempelajari materi yang lebih sulit. Agar kegiatan metode resitasi berhasil dilaksanakan, guru harus menangani kegiatan pemberian tugas secara teratur yang pada gilirannya dapat memotivasi peserta didik untuk belajar, menumbuhkan kesiapan dan semangat untuk menyelesaikan tugas dari guru dan memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya.

Pada akhirnya keterampilan guru dalam mengelola media pembelajaran dan ketepatan menggunakan metode itulah yang akan menjadikan suasana pembelajaran menjadi menarik perhatian peserta didik dan dapat meningkatkan hasil belajar sesuai harapan sehingga tujuan pembelajaranpun tercapai. (pg1/ton)

Guru PAIBP SMP N 7 Pemalang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya