alexametrics

Pembelajaran Jarak Jauh Warna-warni Poster

Oleh: Tri Endri Lestari, S.Pd. SD

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, TAHUN pelajaran 2020/2021 merupakan tahun yang sangat istimewa bagi peseta didik SD Negeri Pungangan, Kecamatan Doro, Kabupaten Pekalongan. Dengan kondisi pandemi covid-19, SD Negeri Pungangan menerapkan pembelajaran jarak jauh (PJJ). Sejak ditetapkannya pembelajaran di rumah atau dikenal dengan PJJ secara otomatis tidak ada pertemuan tatap muka dengan guru. Peserta didik melakukan seluruh kegiatan pembelajaran dan mengerjakan tugas di rumah masing-masing secara daring. Namun hal ini tidak lantas menyurutkan semangat belajar Peserta didik kami.

Strategi yang bisa dipakai adalah pembelajaran jarak jauh (PJJ) melalui daring. Dalam hal ini penyampaian pembelajaran disampaikan melalui pesan Whatsapp yang umum bisa dijalankan oleh semua kalangan. Reaksi para orang tua dan peserta didik dalam melaksanakan pembelajaran secara daring adalah bahwa mereka menerima dan sangat senang karena meskipun tidak bertatap muka secara langsung namun peserta didik tetap bisa mengirimkan tugas yang diberikan guru.

Baca juga:  Menghafal Surah Al-Fil Kelas IV SD dengan Metode Tikrar

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) 1 lembar sesuai dengan SE Kemendikbud Nomor 14 Tahun 2019 dan dibuat pada saat pandemi covid-19 sudah disesuaikan dengan kondisi saat ini dimana salah satu muatan pelajaran Bahasa Indonesia mencantumkan aturan pencegahan covid-19. Agar siswa tidak bosan dengan tugas menulis dan mengerjakan soal yang pada umumnya mereka dapatkan, maka peserta didik mendapat tugas membuat poster pencegahan covid-19. Tentunya hal ini akan sangat menarik terutama bagi peserta didik kelas 1 sekolah dasar yang masih sangat senang dengan kegiatan yang berhubungan dengan keterampilan tangan terutama menggambar dan mewarnai.

Proses pembelajaran yang dilakukan secara jarak jauh tidak menjadikan kendala bagi guru untuk melakukan penilaian. Hal ini juga sangat menarik karena aktifitas siswa dapat terpantau dengan mengirimkan hasil yang sudah dibuat melalui foto. Selain itu kerja sama di rumah bersama orangtua akan menambah kehangatan keluarga. Hal inilah yang menjadikan pembelajaran jarak jauh menjadi pengalaman yang luar biasa.
Kegiatan pembelajaran dibuka dengan menyapa dan melakukan presensi terhadap peserta didik dalam grup, mengucapkan terima kasih kepada yang sudah hadir serta melakukan presensi dengan menulis nama di grup, dilanjutkan menyampaikan materi dan tujuan pembelajaran yaitu menulis, menggambar, dan mewarnai poster pencegahan covid-19. Setelah orang tua dan peserta didik memahami tujuan pembelajaran, mereka membuat poster pencegahan covid-19 di kertas HVS. Setelah selesai hasilnya dikirim ke guru melalui pesan Whatsapp

Baca juga:  Penerapan STEM untuk Tingkatkan Prestasi Belajar Materi Fluida Statis dan Kesetimbangan Benda Tegar

Proses pembelajaran membuat poster pencegahan covid-19 untuk kelas 1 SD Negeri Pungangan berjalan lancar dan sangat menyenangkan karena beraktifitas sesuai kegiatan dirumah. Pada saat pembelajaran orang tua siswa sangat antusias menemani anak-anaknya

Namun demikian masih banyak hal yang perlu diperbaiki dalam rangka pembelajaran jarak jauh. Diharapkan tidak hanya melalui pesan dan media Whatsapp namun juga guru harus berinovasi lebih kreatif untuk mengunggah konten-konten pembelajaran yang menarik. Tentu saja hal ini tidak akan berjalan sesuai harapan seandainya para orang tua juga tidak berusaha untuk menimba ilmu lebih dalam mengenai pemanfaatan teknologi yang berkembang pesat saat ini. (ti2/zal)

Guru Kelas SDN Pungangan, Kabupaten Pekalongan

Baca juga:  Dakon KPK FPB, Tingkatkan Pretasi Belajar Matematika Pokok Bahasan KPK dan FPB

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya