alexametrics

Memahami Macam-Macam Perkembangbiakan Hewan dan Tumbuhan dengan Metode Gallery Walk

Oleh : Munjiyah

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Cara perkembangbiakan makhluk hidup sangatlah beragam. Berkembang biak dilakukan makhluk hidup untuk memastikan bahwa mereka memiliki keturunan untuk melestarikan jenisnya supaya tidak punah.
Setiap makhluk hidup memiliki cara berkembang biak yang unik untuk spesies masing-masing. Pada dasarnya perkembangbiakan makhluk hidup dibedakan menjadi dua yaitu secara generatif (kawin) dan vegetatif (tak kawin). Perkembangbiakan vegetatif terdiri dari berbagai cara, begitu pula perkembangbiakan secara generatif. Penjabaran dari masing-masing materi tersebut ternyata membuat siswa merasa terbebani.

Banyak siswa kesulitan memahami macam-macam perkembangbiakan hewan dan tumbuhan. Oleh sebab itu, guru berupaya menggunakan metode pembelajaran yang menarik. Salah satunya dengan metode gallery walk untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang materi macam-macam perkembangbiakan hewan dan tumbuhan.

Gallery walk terdiri dari dua kata yaitu gallery dan walk. Gallery adalah pameran (presentasi) yaitu merupakan kegiatan untuk memperkenalkan produk, karya, atau gagasan kepada khalayak ramai. Sedangkan walk artinya berjalan, melangkah. Untuk itu gallery walk disebut juga dengan gallery berjalan atau gallery belajar. Gallery belajar (pameran belajar) merupakan suatu cara untuk menilai dan mengingat apa yang telah dipelajari oleh siswa selama ini (Silberman, 2016:274). Sedangkan Suparti (2016:100) mengemukakan, “pada pembelajaran gallery walk siswa diminta untuk belajar mandiri bersama teman sekelompoknya dalam membahas materi tertentu.

Baca juga:  Model ATM3 Mengantar Siswa Menjadi Juara

Metode gallery walk menginspirasi siswa membuat suatu daftar baik berupa gambar atau skema sesuai dengan hal apa yang diperoleh pada saat diskusi di setiap kelompok untuk kemudian dipajang/digalerikan.
Penggalerian hasil kerja dilakukan pada saat siswa telah mengerjakan tugasnya. Setelah semua kelompok mengerjakan tugasnya, guru memberikan kesimpulan dan klarifikasi bila ada yang perlu diluruskan dari pemahaman siswa. Maka, siswa belajar dengan lebih menyenangkan sehingga tujuan pembelajaran yang diharapkan bisa tercapai (Ismail, 2008).

Adapun langkah-langkah dalam penerapan gallery walk yaitu: guru membagi kelas ke dalam beberapa kelompok, menentukan topik/tema, menyiapkan alat dan bahan seperti karton, kertas berwarna dan spidol, melaksanakan diskusi dalam kelompok untuk mengolah informasi. Mendesain gallery sesuai tema yang dipelajari, memerintahkan setiap kelompok untuk menempel hasil kerjanya di dinding kelas. Setiap anggota kelompok berputar untuk mengamati hasil kerja dari kelompok lain. Setiap kelompok saling mengoreksi hasil kerja kelompok lain dan memberikan klarifikasi dan penyimpulan.

Baca juga:  Belajar Membaca Tanpa Mengeja

Kelebihan dari gallery walk menurut Sari (2017:15-16) adalah peserta didik terbiasa membangun budaya kerja sama memecahkan masalah dalam belajar, terjadi sinergi saling menguatkan pemahaman terhadap tujuan pembelajaran. Membiasakan peserta didik bersikap menghargai dan mengapresiasi hasil belajar teman lain, mengaktifkan fisik dan mental peserta didik selama proses belajar. Membiasakan peserta didik memberi dan menerima kritik. Dan siswa tidak terlalu menggantungkan pada guru.

Sedangkan kekurangannya terlalu banyaknya anggota kelompok akan membuat sebagian siswa menggantungkan kerja kelompok pada temannya. Guru perlu ekstra cermat dalam memantau dan menilai keaktifan individu. Pengaturan setting kelas yang lebih rumit.
Materi pembahasan tentang macam-macam perkembangbiakan hewan dan tumbuhan yang dibagi menjadi beberapa sub pembahasan dalam tiap kelompok. Tema perkembangbiakan hewan, akan dibagi menjadi beberapa subtema antara lain perkembangbiakan dengan cara vegetatif, perkembangbiakan generatif, perkembangbiakan ovipar, perkembangbiakan dengan vivipar, dan perkembangbiakan ovovivipar. Begitu pula dengan perkembangbiakan tumbuhan juga dibagi menjadi beberapa sub pokok bahasan.

Baca juga:  Media Cergam Aktifkan Siswa Kelas Rendah dalam Membaca

Pembelajaran metode gallery walk mampu menumbuhkan partisipasi aktif siswa serta dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas 6 SD Negeri Tingkir Lor 01 Salatiga pada materi macam-macam perkembangbiakan hewan dan tumbuhan. (btj2.2/lis)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya