alexametrics

Asyiknya Belajar Pembagian dengan Ranting Flower

Oleh : Yuni Ikhmawati, S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, PEMBAGIAN adalah operasi aritmatika dasar yang merupakan kebalikan dari operasi perkalian. Operasi pembagian ini dinotasikan dengan tanda ( : ) (division) atau/(slash). Pada dasarnya menerapkan belajar anak untuk bisa menyenangkan adalah langkah yang harus dipunyai seorang guru dengan berbagai metode. Untuk bisa mengajak anak mau belajar dengan senang dan mengasyikan, terutama dalam belajar matematika yang terkadang siswa malas untuk belajar karena dianggap pelajaran matematika adalah pelajaran yang susah dan terbebani untuk siswa. Seorang guru harus menciptkan suasana yang sangat menyenangkan untuk memasuki fikiran pola anak, khususnya kelas dua SD yang berpola ingin bermain, bersenang-senang, menciptakan belajar yang sangat menyenangkan adalah salah satu kunci anak untuk belajar agar termotivasi dalam pemebelajan.

Baca juga:  Pembelajaran Lingkaran dengan Model Cooperative Script

Salah satu untuk belajar menyenangkan guru mengajak anak untuk belajar dengan langkah yang mengajak siswa untuk bermain menggunakan teknik yang tidak menjenuhkan. Yaitu dengan memanfaatkan ranting yang sudah kering, bekas minuman gelas, tutup botol, sebagai media untuk pembelajaran terutama pembagian dalam membuat ranting flower, materi pembagian sering sekali membuat siswa kesulitan dan kebingungan. Apalagi jika bilangannya besar.
Meskipun ada berbagai macam strategi yang bisa digunakan untuk menyelesaikanya, namun siswa membutuhkan benda untuk menambah pemahaman mereka. Untuk itu saya menggunakan ranting flower sebagai upaya untuk media pembelajaran di kelas dua SD disamping itu menjadikan siswa semangat dan bisa memahami pembagian dengan baik.

Pembelajaran dengan media ranting flower, tekniknya siswa menyiapkan ranting, gelas bekas minuman, tutup botol yang sudah dibawa anak, dengan berkelompok siswa membuat, merangkai ranting flower dengan panduan guru. Setelah ranting flower sudah jadi guru membuat contoh soal 10 : 2, ranting dibagi 2 dimasukan kedalam bekas gelas. Lalu siswa menghitung ada berapa gelas yang dimasukkan ranting, kemudian siswa memasukan tutup botol yang sudah dilubangi masukan ke ranting flower sesuai soal yang diberikan guru lalu hitung jumlahnya berapa ranting. Selanjutnya siswa merangkai bekas gelas dengan memotong melingkar dan dimasukan ke dalam ranting sesuai soal yang diberikan guru. Hitung jumlah ada berapa banyak ranting yang dimasukan ke dalam gelas, teknik selanjutnya jika semua sudah tersusun rapi menjadi ranting flower hasilnya dipajang sebagai pajangan ruangan kelas untuk dijadikan media pembelajaran pembagian yang sangat menyenangkan. Tentunya dengan cara seperti tadi siswa akan merasa bangga dan semangat dalam menerima pelajaran.

Baca juga:  Praktik Kimia di Sekolah Pelaksana Program Kewirausahaan

Salah satu yang diterapkan untuk media ini untuk mencakup muatan pelajaran dalam pembelajaran tematik di kelas dua SD, merancang dan menjadikan motivasi sebagai acuan untuk semangat siswa pada pembelajaran. Sehingga tercipta suasana yang menyenangkan di dalam kelas, dan penuh warna di ruangan kelas karena banyak media yang membuat siswa menjadi betah dan bangga akan hasil karya yang mereka buat. (btj2.2/lis)

Guru SD Negeri 03 Serang, Kec. Petarukan, Kabupaten Pemalang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya