alexametrics

Media Android Lebih Disukai Siswa Belajar IPA

Oleh : Khabibatul Ula, S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Pendidikan adalah pembelajaran pengetahuan, keterampilan, dan kebiasaan sekelompok orang yang diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya melalui pengajaran, pelatihan, atau penelitian. Pendidikan sering terjadi di bawah bimbingan orang lain, tetapi juga memungkinkan secara otodidak. Etimologi kata pendidikan itu sendiri berasal dari bahasa latin yaitu ducare, berarti “menuntun, mengarahkan, atau memimpin” dan awalan e, berarti “keluar”. Jadi, pendidikan berarti kegiatan “menuntun ke luar”. Setiap pengalaman yang memiliki efek formatif pada cara orang berpikir, merasa, atau tindakan dapat dianggap pendidikan. Pendidikan umumnya dibagi menjadi tahap seperti prasekolah, sekolah dasar, sekolah menengah pertama, sekolah menengah atas, dan kemudian perguruan tinggi, universitas atau magang.

Pendidikan memiliki tantangan tersendiri, kemajuan teknologi berdampak pada perilaku kehidupan. Pola hidupnya terbiasa melakukan banyak hal dengan memgang hp atau android. Sama halnya yang terjadi di SDN 02 Mayangan Kecamatan Wiradesa. Terutama kelas VI pada mata pelajaran IPA, materi konduktor dan isolator. Siswa mengalami penurunan hasil belajar karena siswa tidak fokus terhadap materi. Untuk memikat peserta didik supaya konsentrasi dalam belajar, penulis mengubah pembelajaran yang lama menjadi lebih menarik. Seakan-akan siswa melihat materi di layar android langsung.

Baca juga:  Asyiknya Belajar Nabi Muhammad SAW Panutanku melalui Metode Bercerita

Dengan penggunaan media dapat meningkatkan prestasi dan motivasi belajar siswa. Dengan adanya media pembelajaran akan membuat proses pembelajaran lebih menarik. Menurut Satyaputra dan Aritonang (2016: 2), andorid adalah sebuah sistem operasi untuk smartphone dan tablet. Sistem operasi dapat diilustrasikan sebagai ‘jembatan’ antara peranti (device) dan penggunanya, sehingga pengguna dapat berintraksi dengan devicenya dan menjalankan aplikasi-aplikasi yang tersedia pada device. middleware, dan aplikasi. Android adalah sistem operasi untuk telepon seluler yang berbasis linux. Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang untuk membuat aplikasi mereka sendiri. Selanjutnya Murtiwiyati & Glenn Lauren (2013 : 2), android adalah sebuah sistem operasi untuk perangkat mobile berbasis linux yang mencakup sistem operasi, middleware dan aplikasi.

Baca juga:  Tingkatkan Minat dan Hasil Belajar Lompat melalui Permainan Lompat Kelinci dengan Media Kardus

Langkah pembelajaran materi Konduktor dan Isolator dengan menggunakan aplikasi android secagai berikut: Pertama, guru meminta siswa sebelum pembelajaran untuk mendownload materi melalui goegle playstore. Kedua, guru memandu untuk membuka aplikasi tersebut kemudian siswa akan mendapatkan pengalaman melihat fitur-fitur yang tersedia dalam aplikasi ini. Diantarantya link antar bab dan sub bab. Ketiga, guru menjelaskan materi yang ada di dalam android. Siswa sambil mendengar penjelasan guru juga mengikuti tampilan penjelasan materipada androidnya. Keempat, guru member waktu kepada siswa untuk belajar mandiri. Kelima, guru melakukan evaluasi pembelajaran. Untuk mengukur sejauh mana tingkat pemahaman siswa menggunakan android.

Dengan penerapan media android di kelas VI SDN 02 Mayangan peserta didik lebih konsentrasi pada materi yang disampaikan, suasana kelas lebih fresh. Dapat memperjelas penyampaian pesan. Dalam pelajaran, terkadang ada hal-hal berkonsep abstrak yang sulit bila dijelaskan secara lisan, mengatasi keterbatasan ruang, waktu dan biaya. (ce2.1/ton)

Baca juga:  Direct Learning pada Gerak Dasar Langkah dan Ayunan Lengan Mengikuti Irama Ketukan

Guru kelas VI SDN 02 Mayangan, Kec. Wiradesa, Kab. Pekalongan

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya