alexametrics

Mempermudah Pahami Teks Eksplanasi dengan Metode SQ3R

Oleh : Tugiyo S.Pd.SD

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, DALAM pembelajaran bahasa Indonesia, ada empat aspek keterampilan berbahasa yaitu keterampilan mendengar, berbicara, menulis, dan membaca. Empat keterampilan tersebut, saling berkaitan antara satu dengan lainnya. Salah satu aspek yang penting dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia adalah keterampilan membaca.

Samsu Somadayo (2011:4) menyatakan bahwa membaca adalah kegiatan interaktif untuk memetik serta memahami arti yang terkandung di dalam bahan tulis. Menurut Tarigan, membaca adalah suatu proses yang dilakukan serta digunakan pembaca untuk memperoleh pesan yang disampaikan oleh penulis melalui media kata-kata atau bahasa tulis.

Dengan terampil membaca, seseorang dapat mengetahui berbagai hal yang belum diketahuinya. Dengan membaca seseorang dapat memperoleh informasi yang dibutuhkannya. Oleh karena itu, keterampilan membaca sangat penting dalam kehidupan seseorang. Dan tidak dapat dipungkiri, bahwa keterampilan membaca merupakan salah satu unsur penting yang menentukan kesuksesan seseorang dalam berkomunikasi atau bersosialisasi dengan orang lain.

Baca juga:  Mendalami Siklus Air dengan Two Stay Two Stray

Namun kenyataannya dalam praktik di sekolah, pembelajaran membaca adalah kegiatan yang membuat peserta didik bosan, merasa jenuh, mengantuk, dan malas dalam memahami isi teks bacaan. Hal ini terjadi di SD Negeri 01 Werdi, Kecamatan Wonokerto, Kabupaten Pekalongan, tempat penulis bertugas. Siswa kelas VI yang penulis ajar, ketika mengikuti pembelajaran pada kompetensi dasar Menggali Isi Teks Eksplanasi, sebagian besar siswa kurang aktif dan kurang bersemangat. Karena menganggap pembelajaran membaca adalah pelajaran yang kurang menarik dan tidak penting. Selain itu, penulis juga belum menggunakan metode yang tepat dalam mengajarkan membaca pemahaman kepada peserta didik. Oleh karena itu, perlu dicarikan solusinya, agar pembelajaran Menggali Isi Teks Eksplanasi menjadi lebih menarik dan menyenangkan bagi peserta didik. Hasil belajar siswa diharapkan lebih baik dan meningkat secara signifikan.

Baca juga:  Deotif Mudahkan Pesdik Nembang Macapat

Adapun alternatif tindakan untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman, pada kompetensi dasar Menggali Isi Teks Eksplanasi, penulis mencoba dengan menerapkan metode SQ3R, yaitu Survey, Question, Read, Recite, Review. Dengan metode SQ3R ini, peserta didik diajarkan bagaimana cara memahami suatu bacaan dengan tahapan-tahapan seperti survey, question, read, recite dan review.

Metode SQ3R ini dikembangkan oleh Francis P Robinson dari Universitas Ohio Amerika Serikat. Metode SQ3R ini bersifat praktis, dan dapat diterapkan dalam berbagai pendekatan belajar (Muhibbinsyah, 2010:128).

Salah satu yang cukup berpengaruh dalam peningkatan hasil belajar peserta didik adalah strategi atau metode yang dilakukan guru dalam kegiatan pembelajaran. Dalam metode ini, siswa tidak sekedar menghafal dan mengulagi, namun dapat melibatkan peserta didik pada proses berpikir, mencari pemahaman makna informasi yang sedang dipelajari.

Baca juga:  Diagram Frayer Mudahkan Siswa Menggali Informasi Teks Bacaan

Adapun langkah-langkah metode SQ3R adalah, pertama, survey. Maksudnya adalah memeriksa, meneliti atau mengidentifikasi seluruh teks. Kedua, question, maksudnya menyusun daftar pertanyaan yang relevan dengan teks. Ketiga, read, maksudnya adalah membaca teks secara aktif mencari jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang telah tersusun. Keempat, recite, maksudnya menghafal setiap jawaban yang telah ditemukan. Kelima, review, maksudnya meninjau ulang seluruh jawaban atas pertanyaan yang telah disusun pada langkah kedua dan ketiga.

Dengan menerapkan model SQ3R, ternyata dapat memperoleh hasil menggembirakan. Minat dan aktivitas siswa dalam pembelajaran Menggali Isi Teks Eksplanasi mengalami peningkatan. Hasil belajarnya pun meningkat secara signifikan. (ti1/ida)

Guru SDN 01 Werdi, Kecamatan Wonokerto, Kabupaten Pekalongan

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya