alexametrics

Permainan Enam Topi Berpikir untuk Ciptakan Solusi

Oleh: Natalia Susiana DA, S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMRANG.ID, Hal terpenting yang harus dimiliki oleh generasi milenial adalah soft skills – kecakapan hidup. Kecakapan hidup meliputi keterampilan berpikir kritis (Critical Thinking Skills), keterampilan berpikir kreatif (Creative Thinking Skill), keterampilan berkomunikasi (Communication Skills) dan keterampilan berkolaborasi (Collaboration Skills). Keempat keterampilan tersebut dikenal dengan sebutan Keterampilan 4C sebagai tuntutan Pembelajaran Abad 21.

Keterampilan 4C ini tertuang dalam National Education Association. (2010). Preparing 21st century students for a global society: An educators guide to the “Four Cs”. Oleh karena tuntutan kemajuan zaman, penulis memberi kesempatan kepada para peserta didik untuk mengasah keempat keterampilan tersebut. Penulis berusaha menggabungkannya dengan Permainan Enam Topi Berpikir. Permainan ini diadopsi dari metode karya Edward De Bono dalam bukunya yang berjudul Six Thinking Hats edisi revisi (2017).

Metode Enam Topi Berpikir sangat efektif, karena berdasarkan pada ragam cara berpikir otak. Kecerdasan, pengalaman, dan pengetahuan dimanfaatkan untuk mencapai kesimpulan yang tepat dan cepat. Metode ini akan mengubah cara peserta didik dalam bekerja dan berinteraksi. Masing-masing topi memiliki warna yang berlainan – merah, putih, hitam, kuning, hijau, dan biru. Warna dari setiap topi juga berkaitan dengan kegunaanya. Topi putih berurusan dengan fakta. Topi merah memberikan pandangan emosional. Topi hitam akan menunjukkan kelemahan- kelemahan dari sebuah gagasan. Topi kuning bersikap optimis dan memiliki harapan. Topi hijau menandakan kreativitas dan gagasan baru. Topi biru berurusan dengan kendali, dan pengaturan.

Baca juga:  Bermain Kartu Kata Bergambar Bantu Siswa Lancar Membaca

Penulis menerapkan Keterampilan 4C dan Permainan Enam Topi Berpikir pada mata pelajaran bahasa Inggris untuk materi teks diskusi. Strategi pembelajaran ini diperuntukkan peserta didik kelas 12 SMA Negeri 1 Ambarawa. Menurut Anderson Anderson dalam buku Text Types In English, tujuan dari teks diskusi adalah menyampaikan argumentasi dan informasi dari berbagai sudut pandang yang berlaian. Dengan penerapan metode Enam Topi Berpikir diharapkan akan terciptanya kesimpulan atau solusi yang lebih efektif

Langkah-langkah yang dijalani dalam pelaksanaan diskusi. Langkah pertama, para peserta didik membentuk kelompok. Setiap kelompok terdiri dari enam orang. Karena dalam satu kelas terdapat 36 peserta didik, terbentuklah enam kelompok.

Langkah kedua, setiap kelompok menentukan warna topi bagi setiap anggotanya. Setiap anggota harus bertanggung jawab sesuai dengan warna topinya. Setiap warna topi mmempunyai peran yang berbeda.

Baca juga:  Asah Kemampuan Matematika dengan Belajar Kelompok Mandiri

Langkah ketiga, penulis menyuruh salah satu anggota dari setiap kelompok untuk mengambil undian. Tersedia enam kertas undian dengan tema/permasalahan yang berlainan. Permasalahan tersebut akan didiskusikan dalam kelompok

Langkah keempat, setiap kelompok diharuskan mampu memahami permasalah/tema diskusi. Bila mereka tidak paham, penulis sebagai guru mereka siap menjelaskannya.

Langkah kelima, setiap kelompok melaksanakan diskusi secara lisan. Penulis siap memantau jalannya diskusi dan siap membantu bila terdapat peserta didik yang kesulitan dalam menjalankan perannya.

Langkah keenam, setiap kelompok merangkum hasil diskusi. Kesimpulan atau solusi yang sudah mereka dapatkan dari permasalahan yang ada.
Langkah ketujuh, salah satu anggota dari setiap kellompok melaporkan hasil diskusi di depan kelas. Kelompok lainnya menyimak dan mendapat kesemptan untuk mengajukan satu pertanyaan.

Baca juga:  Pembelajaran Recount Text melalui Media Komik

Di akhirr pembelajaran, para siswa diberi kesempatan untuk memberik komentar berkaitan dengan metode Perminanan Enam topi Berpikir yang diterapkan dalam pelaksanaan diskusi.

Dari hasil pengamatan selama proses diskusi dan komentar para siswa, penulis dapat mengambil kesimpulan. Dengan Permainan Enam Topi Berpikir, diskusi lebih mudah dijalankan dan solusi atau kesimpulan lebih cepat didapat. (btj2.2/aro)

Guru Bahasa Inggris SMA Negeri 1 Ambarawa, Kabupaten Semarang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya