alexametrics

Mudah Balajar Speaking dengan Metode Guess The Word

Oleh : Titin Nafiatin S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMRANG.ID, GURU harus memiliki keahlian untuk memikat peserta didik dalam mempelajari materi yang disajikan. Guru juga harus menentukan tujuan yang tepat dalam proses belajar mengajar menjadi menyenangkan dan terarah. Selain itu, guru juga harus memahami kesulitan–kesulitan yang dihadapi oleh peserta didik, sehingga mudah dalam menentukan langkah dan metode yang tepat dalam suatu pembelajaran. Salah satu aspek dalam mata pelajaran bahasa Inggris ada;ah keterampilan berbicara (speaking).

Menurut Ladouse (Nunan, 1991:23) speaking merupakan aktivitas untuk menjelaskan seseorang pada situasi tertentu ataupun aktivitas untuk melaporkan sesuatu. Speaking bagi kebanyakan orang dianggap keterampilan yang paling sulit, karena meliputi banyak aspek dari kemampuan berbahasa Inggris antara lain Pronounciation, Listening, Grammar dan Vocabulary sekaligus (Yanto, 2015).

Keterlibatan siswa dalam kegiatan pembelajaran akan meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan. Salah satu metode pembelajaran yang dapat digunakan untuk melibatkan siswa dalam aktivitas pembelajaran adalah metode permainan.
Guess the word adalah metode menebak kata melalui gambar, pada level yang lebih tinggi, biasanya gambar yang disajikan lebih kompleks serta jumlah kata yang ditebak semakin banyak. Misalnya pada tebakan peribahasa bahasa Inggris melalui gambar selain mencermati gambar. Perlu memperhatikan jumlah huruf dan ejaan dengan tepat. Metode ini menuntut keahlian siswa dalam penguasaan kosakata serta mengharuskan peserta didik untuk memberi jawaban yang ditentukan. Setiap peserta didik dapat menggunakan kosakata secara bebas dengan syarat permainan tetap berjalan sesuai peraturan.

Baca juga:  Langkah Sederhana Tumbuhkan Sikap Peduli Lingkungan pada Siswa

Penulis sebagai guru bahasa Inggris kelas VIII di SMPN 1 Buaran, menggunakan metode Guess The Word dalam pembelajaran teks deskriptif untuk merangsang kemampuan berbicara peserta didik, sehingga peserta didik yang malu dan kurang aktif berani berbicara sekaligus meningkatkan kemampuan berbicara siswa.

Langkah-langkah pada materi teks deskriptif yang akan diambil yaitu deskripsi tentang binatang dengan metode Guess The Word, 1) menyiapkan materi yang akan diajarkan. 2) Memberi sedikit ice breaking untuk mendapat perhatian peserta didik. 3) Memancing peserta didik dengan beberapa pertanyaan untuk mengetahui tingkat kemampuan peserta didik dalam bahasa Inggris. 4) Pada pertemuan sebelumnya, peserta didik sudah diberi bekal tentang penjelasan deskriptif text tentang binatang. 5) Membagi siswa menjadi beberapa kelompok. Setelah itu, guru menjelaskan tentang Guess The Word. 6) Meminta satu perwakilan masing–masing kelompok untuk berdiri di depan menghadap anggota kelompoknya. Siswa yang berdiri ini tidak boleh menoleh ke papan tulis. 7) Tulis satu kata binatang. 8) Minta anggota kelompok menyebutkan ciri–ciri dari binatang tersebut. 9) Beri kesempatan anggota yang berdiri di depan kelas menebak binatang yang dimaksud. 10) Siswa yang dapat menebak pertama kali dan jawabannya benar, mendapat skor untuk kelompoknya. 11) Meminta anggota lain untuk bergantian berdiri, melakukan seperti prosedur sebelumnya.

Baca juga:  Pemanfaatan Kemasan Bekas Obat dalam Pembelajaran Membaca Teks Label

Mempelajari bahasa Inggris memerlukan usaha dan ketekunan. Terpenting harus melakukannya dengan senang. Salah satunya bisa melalui metode yang menyenangkan dan bervariasi. Menggunakan metode yang menyenangkan, siswa mendapatkan ketertarikan tersendiri dalam belajar. Metode yang mudah dan menyenangkan, memberikan pengaruh dalam meningkatkan minat dan motivasi siswa belajar bahasa Inggris. Bahkan, menstimulus siswa untuk berbicara bahasa Inggris, sehingga meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Inggris. (pg1/ida)

Guru Bahasa Inggris SMPN 1 Buaran, Kabupaten Pekalongan

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya