alexametrics

Video Pembelajaran Pemantik Speaking Skill Siswa di Masa Pandemi

Oleh: Yeti Nurfarida Halim, S.Pd.

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SEPERTI yang kita ketahu bersama pada saat ini Covid-19 masih dirasakan dan memberikan dampak pada berbagai sektor, khususnya pada perubahan pola pembelajaran di Indonesia. Sampai saat ini Pemerintah masih meliburkan sekolah dan perkuliahan, namun tetap menginstruksikan untuk tetap melakukan kegiatan belajar mengajar tanpa tatap muka yaitu melalui pembelajaran secara daring. Pembelajaran yang demikian membutuhkan bantuan media teknologi yang dapat diakses dimanapun. Hal ini sejalan dengan revolusi industri 4.0 yang mengharuskan pendidik dan peserta didik menggunakan media teknologi dalam pendidikan.

Oleh karena itu para pendidik hendaknya memilih media yang menarik sehingga bisa menarik perhatian siswa untuk tetap megikuti kegiatan pembelajaran dengan metode daring dengan respon yang maksimal serta materi yang mudah diserap oleh siswa. Salah satu pembelajaran yang menarik yang dapat digunakan secara daring pada saat ini adalah memilih video pembelajaran dengan memanfaatan video pembelajaran dan disajikan dalam bentuk audio visual sesuai materi. Media belajar berbasis video memungkinkan terjadinya pertukaran informasi melalui gambar dan suara serta animasi berbentuk digital (Ronchetti, 2010). Oleh karena itu diperlukan perencanaan dan penyusunan materi yang bersifat konstruktivisme, sehingga siswa siswi dapat berperan aktif. Hal ini dapat dilakukan dengan cara memanfaatkan Google Classroom yang dilengkapi dengan video pembelajaran pemantik speaking skill yang dapat menjadi solusi alternatif pembelajaran daring di era pandemi Covid-19. Hal ini karena pendidik dan peserta didik tidak perlu bertatap muka langsung. Peserta didik dapat mengakses Google Classroom dan video pembelajaran dengan bantuan perangkat PC atau handphone dan jaringan internet, tanpa bertemu langsung, sehingga meminimalisir angka kenaikan penderita Covid-19.

Baca juga:  Belajar Teks Procedure Lebih Menyenangkan melalui Video WhatsApp

Dalam pembelajaran bahasa Inggris di SMP Negeri 2 Bawen, banyak alternatif media pembelajaran daring yang digunakan salah satunya dengan video pembelajaran. Dalam meningkatkan gairah belajar terutama dalam kemampuan speaking siswa, video pembelajaran adalah alternatif yang sangat efisien yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Inggris kelas IX pada materi procedure text. Langkah yang dilaksanakan dalam pembelajaran adalah menayangkan video pembelajaran terkait materi procedure text. Guru membagikan video melalui grup whatsapp atau melalui google classroom. Siswa mengamati dan mengidentifikasi makna dari video procedure text tentang cara membuat makanan atau minuman. Setelah itu guru memberikan pertanyaan terkait makna kosa kata dan cara pengucapanya.
Dalam pemberian tugas terkait speaking skill, guru memberikan kesempatan pada siswa untuk membuat video cara membuat makan atau minuman sederhana secara individu. Guru memberikan peraturan terkait pembuatan video seperti; (aplikasi pembuatan video disesuaikan dengan kemampuan siswa dan perangkat yang dimiliki masing masing siswa. Durasi waktu pembuatan video maksimal 7 menit dan minimal 5 menit. Dalam video harus menyebutkan identitas diri masing-masing siswa, sekolah, kelas, dan cara mengirimkan video tersebut melalui google classroom atau youtube.com yang alamatnya harus dikirim melalui grup whatsapp. Waktu pengumpulan link video adalah 2 minggu setelah tugas diberikan guru.

Baca juga:  Microsoft Teams 365 Tingkatkan Pemahaman Proses Pembentukan Tanah dalam Pembelajaran IPA

Antusiasme para siswa ketika membuat video ini sangat bagus karen hampir semua siswa mengirimkan tugas tepat waktu. Rasa percaya diri siswa lebih baik Ketika harus berbicara melalui video yang mereka rekam sendiri atau dengan bantuan teman daripada ketika mereka harus presentasi didepan kelas sendiri. Para siswa cenderung lebih banyak membaca dan mendengarkan ketika mereka mencari referensi materi untuk videonya. Harapan kedepan siswa akan lebih mempunyai speaking skill yang tinggi ketika harus secara langsung berkomunikasi dengan orang lain menggunakan bahasa Inggris. (bw2/zal)

Guru SMP Negeri 2 Bawen

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya