alexametrics

Tingkatkan Pemahaman Belajar IPA melalui Media Pop Up Book

Oleh : Sugiyarti, S.Pd.SD

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Kegiatan belajar mengajar di sekolah merupakan fungsi pokok dan usaha yang paling strategis guna mewujudkan tujuan instruksional yang diemban oleh lembaga tersebut. Di tangan guru lah terletak kemungkinan berhasil atau tidaknya tujuan pendidikan di sekolah. Sementara itu kebanyakan guru dalam mengajar kurang memperhatikan kemampuan berpikir siswa, metode dan medianya pun yang digunakan kurang bervariasi dan akibatnya motivasi belajar siswa menjadi sulit ditumbuhkan dan pola belajar cenderung menghafal dan mekanistis.

Hal ini membuat siswa merasa cepat bosan sehingga tidak tertarik lagi untuk mengikuti pelajaran tersebut, terlebih lagi pembelajaran IPA yang berkaitan dengan konsep-konsep abstrak sehingga pemahamannya membutuhkan daya nalar tinggi. Rendahnya hasil pembelajaran IPA kelas V SDN 03 Muncang, materi penggolongan hewan berdasarkan makanan Tema 4 Ekosistem, Subtema 1 Komponen Ekosistem, tidak hanya ditentukan oleh faktor siswa saja namun juga karena faktor guru dalam menggunakan media yang cocok untuk pembelajaran IPA. Karena harus sesuai dengan target dan harapan mata pelajaran IPA yaitu pengembangan bebagai potensi siswa seperti kognitif, afektif dan psikomotorik. Di samping hasil pembelajaran yang di bawah KKM dan keaktifan belajar siswapun rendah.
Peran media sangat penting sebagai alat bantu siswa belajar. Dalam pemilihnyapun media harus sesuai dengan karakteristik siswa karena dengan begitu siswa dapat berperan aktif dalam proses belajar. Sesuai dengan temuan yang telah dibahas bahwa media pembelajaran yang tepat untuk materi penggolongan hewan berdasarkan makanan adalah menggunakan media pop up book.

Baca juga:  Melalui Media Lagu Mudahkan Siswa Pahami Isi Syair

Menurut Bluemel dan Taylor (2012 : 22) memberi pengertian pop up book adalah sebuah buku yang menampilkan potensi untuk bergerak dan interaksinya melalui penggunaan kertas sebagai bahan lipatan, gulungan, bentuk, roda atau putarannya. Sedangkan menurut Rahmawati (2014 : 4), pop up book merupakan sebuah buku yang memiliki unsur 3 dimensi serta dapat bergerak ketika halamannya dibuka,di sampingitu pop up book memiliki tampilan gambar yang indah dan dapat ditegakkan.

Cara membuat media pembelajaran media pop up book untuk materi penggolongan hewan berdasarkan jenis makanan yaitu terdiri bahan dan alat. Bahannya antara lain kertas manila, gambar hewan berdasarkan penggolongan jenis makanan yang sudah diprint, sticky note, kertas buffalo. Sedangkan alatnya adalah penggaris, spidol, lem kertas, pensil, cutter/gunting. Langkah-langkah pembuatannya siapkan bahan dan alat, potong kertas manila menjadi 2 bagian sama besar, tempelkan kedua kertas manila tersebut dan bentuklah seperti buku, buatlah penyangga dari kertas buffalo untuk hewan yang sudah diprint, tempelkan penyangga pada gambar, tempelkan gambar yang sudah diberi penyangga di atas kertas manila, potonglah tulisan penggolongan hewan dan tempelkan pada kertas buffalo lalu tempelkan kertas tersebut pada kertas manila.

Baca juga:  Kaki Kerap Digigit Tikus, Bising Suara Kendaraan

Langkah-langkah penggunaan media pop up book yaitu pertama, buka pop up book. Kedua, berdirikan gambar-gambar hewan yang sudah tertempel. Ketiga, bacakan materi-materi yang sudah tertempel di atas kertas manila. Keempat, guru menjelaskan materi dengan mengaitkan gambar yang sudah ada. Kelima, ulangi langkah-langkah tersebut pada halaman berikutnya.

Kelebihan media pop up book antara lain sangat mudah dibawa ke mana-mana karena berbentuk seperti buku ,alat dan bahan yang dibutuhkan mudah didapatkan sehingga media ini mudah dibuat dan dengan menggunakan media pop up book ini siswa lebih mudah memahami materi karena terlihat lebih nyata.

Sedangkan kelemahannya adalah mudah rusak karena terbuat dari kertas dan strategi yang diterapkan harus tepat apabila tidak tepat maka materi yang ada di dalam media ini tidak akan tersampaikan dengan baik. Dari kelebihan dan kelemahan media pop up book, tetaplah sangat membantu siswa kelas V SDN 03 Muncang Kecamatan Bodeh, Kabupaten Pemalang dalam memahami materi penggolongan jenis makanan hewan. Terbukti, pembelajaran berjalan menyenangkan dan hasil prestasi meningkat. (pg1/lis)

Baca juga:  Belajar Organ Pernapasan Manusia melaui Video Tutorial

Guru Kelas V SDN 03 Muncang, Kec. Bodeh, Kabupaten Pemalang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya