alexametrics

Pembiasaan Menuntun Kebiasaan

Oleh: Kartini, S.Pd SD

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, PENDIDIKAN nasional bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlaq mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri,dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggungjawab. Berdasarkan fungsi dan tujuan pendidikan nasioanl,jelas bahwa pendidikan di setiap jenjang harus diselenggarakan secara sistematis guna mencapai tujuan tersebut. Hal ini berkaitan dengan pembentukan karakter peserta didik disaat pandemic ini. Mereka harus mampu bersaing, beretika, bermoral, bersopan santun dan berinteraksi dengan masyarakat.

Karakter merupakan nilai-nilai perilaku manusia yang berhubungan dengan Tuhan Yang Maha Esa,diri sendiri,sesame manusia, lingkungan dan kebangssan yang terwujud dalam pikiran, sikap, perasaan, perkataan, dan perbuatan berdasarkan norma-norma agama, hukum, tata krama, budaya, dan adat istiadat. Sebagaimana tujuan yang tercantum pada Pembukaan UUD 1945 pada alinea ke-4 yakni mencerdaskan kehidupan bangsa. Disaat pandemi seperti ini banyak cara yang ditempuh demi mencerdaskan masyarakat Indonesia. Dengan latar belakang yang berbeda-beda serta keadaan anak-anak yang bermacam-macam maka timbul sesuatu yang harus dilaksanakan agar pembelajaran tetap berjalan dengan situasi yang seperti ini.

Baca juga:  Quantum Teaching Bikin Belajar Ekosistem Menyenangkan

Pendidikan yang berorientasi pada kehidupan nyata mengakibatkan materi disesuaikan dengan kebutuhan di abad ke-21.Pengetahuan, keterampilan serta sikap merupakan hal yang pokok dalam tujuan suatu pembelajaran. Ilmu sesorang akan sempurna jika disertai dengan sikap yang terpuji. Indonesia dengan dasar Pancasila yang merupakan ciri-ciri luhur bangsa Indonesia maka sikap dan perilaku dalam kehidupan sehari-hari harus mencerminkan butir-butir yang terkandung dalam Pancasila. Dimasa pandemi seperti ini orangtua sepenuhnya mendidik dan membimbing anak-anaknya selama 24 jam. Kegiatan dari bangun tidur sampai tidur kembali sepenuhnya dalam pengawasan orangtua. Diawali dengan lingkungan keluarga tentunya dalam keluarga tersebut juga mempunyai aturan walaupun tidak tertulis. Keluarga merupakan tolok ukur dalam keberhasilan dan kelancaran pembelajaran pada saat ini. Karena tanpa dukungan, motivasi serta kerjasama semua anggota keluarga maka anak tersebut tidak dapat mengikuti dengan lancar. Dapat ditemui seorang anak yang mengerjakan tugas setelah gawai dibawa bekerja atau satu gawai digunakan untuk satu keluarga namun pembelajaran juga berjalan lancar namun juga ada gawai kepunyaan sendiri tetapi tidak melaksanakan tugas dengan lancar. Hal tersebut tergantung pada pola asuh dan sikap yang diambil oleh lingkungan keluarganya. Berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan misalnya. Disiplin waktu saat melakukan kegiatan.

Baca juga:  Pembiasaan dan Pelatihan Dalam Pendidikan Karakter

Menghormati dan menyanyangi orangtua, bertegur sapa dengan semua anggota keluarga serta berdiskusi. Bagi yang beragama Islam bisa melakukan ibadah berjamaah di rumah sehingga semua itu bisa membentuk sikap anak yang sesuai dengan niali-nilai Pancasila. Membuat jadwal kegiatan dari pagi hari bangun tidur sampai waktu akan tidur juga akan membiasakan anak untuk bertindak sesuai dengan apa yang ia jadwalkan sehingga secara tidak langsung akan mendidik anak berdisiplin dan bertanggungjawab dengan apa yang ia buat. Pembiasaan dan rutinitas yang ia lakukan setiap hari akan membentuk perilaku yang baik di lingkungan keluarga, juga akan berakibat di lingkungan masyarakat pada umumnya. Apabila anak-anak sudah terbentuk karakter yang sesuai dengan Pancasila mulai sejak dini di lingkungan keluarga kecilnya, maka Indonesia di masa depan diharapkan menjadi bangsa yang bermartabat dan bisa berbicara di kancah dunia. Seperti yang diterapkan di SDN 1 Wonosari. (bw1/zal)

Baca juga:  Tingkatkan Belajar Keliling Bangun Datar dengan Media Gambar

Guru SDN 1 Wonosari

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya