alexametrics

Number Heads Together Tingkatkan Hasil Belajar Matematika

Oleh : Dra. Munawaroh

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Pembelajaran matematika adalah pemberian pengalaman belajar kepada siswa melalui serangkaian kegiatan yang terencana untuk mencapai tujuan pembelajaran. Pemilihan model pembelajaran yang tepat dan efektif sesuai dengan materi yang akan dipelajari dapat dijadikan panduan dalam melaksanakan pembelajaran matematika.

Guru sebagai fasilitator merancang pembelajaran dengan model/metode yang menarik untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Model pembelajaran tersebut diharapkan dapat mengatasi permasalahan pembelajaran di kelas.

Permasalahan yang terjadi pada siswa kelas VII-F SMP Negeri 20 Semarang pada materi aritmetika sosial adalah rendahnya hasil belajar matematika. Siswa kurang menguasai materi pelajaran dengan baik. Selama kegiatan pembelajaran berlangsung siswa tampak kurang tertarik dan cenderung kurang memperhatikan penjelasan dari guru.

Pada saat diberikan tugas beberapa siswa tampak tidak dapat menyelesaikan tugasnya . Masih banyak siswa yang belum terlibat aktif dalam pembelajaran matematika. Hal ini dapat diketahui dari rata rata hasil penilaian harian yang diperoleh masih jauh dari KKM yang ditetapkan sekolah.

Baca juga:  Memotivasi Belajar Siswa Mandiri dengan Metode Talking Stick

Berdasarkan permasalahan tersebut manjadi tugas guru untuk memperbaiki cara mengajar agar siswa lebih mudah memahami materi yang diajarkan. Dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif yang sesuai mendorong siswa untuk terlibat aktif dan kreatif dalam proses pembelajaran. Siswa akan lebih berkembang sesuai dengan taraf intelektualnya dan lebih menguatkan pemahaman siswa terhadap konsep-konsep materi yang diajarkan.

Model pembelajaran yang dapat diterapkan untuk meningkatkan hasil belajar matematika adalah dengan model pembelajaran kooperatif Number Heads Together (NHT). Menurut Lie (202:58), pengertian NHT/ kepala bernomor adalah suatu tipe pembelajaran kooperatif yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk saling membagikan ide-ide dan mempertimbangkan jawaban paling tepat. Selain itu dapat mendorong siswa untuk meningkatkan semangat kerja sama mereka. Model Number Heads Together dilaksanakan dengan membagi siswa menjadi beberapa kelompok heterogen dengan 3-5 siswa.

Baca juga:  Dengan Means Ends Analysis, Hasil Belajar Matematika Jadi Fantastis

Langkah-langkah yang dilakukan guru pada model pembelajaran Number Heads Together (NHT) adalah pertama, penomoran (numbering). Guru mengelompokkan siswa menjadi 8 kelompok yang masing-masing beranggotakan 4 siswa. Setiap siswa dalam kelompok memiliki nomor yang berbeda. Guru menjelaskan peraturan yang harus dipatuhi siswa. Kedua, pengajuan pertanyaan (questioning). Guru memberikan pertanyaan yang semua isi pertanyaan sama kepada masing-masing kelompok. Pertanyaan tersebut diberikan melalui lembar kerja kelompok dan siswa mengerjakannya. Ketiga, berpikir bersama (heads together). Guru membantu siswa yang merasa kesulitan saat menjawab pertanyaan. Setiap kelompok memutuskan jawaban yang paling benar dengan cara berdiskusi. Keempat, pemberian jawaban (answering). Guru memanggil salah satu nomor secara acak. Siswa yang nomornya terpanggil diminta untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya, sedangkan kelompok yang lain memberikan tanggapan. Kelima, guru bersama siswa membuat refleksi dan kesimpulan dari permasalahan yang diberikan.

Baca juga:  Belajar Kubus dan Balok dengan Model PjBL dalam Moda Daring

Pembelajaran dengan model Number Heads Together dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika dan komunikasi siswa. Siswa terlibat secara aktif dalam memecahkan masalah melalui diskusi kelompok dan secara individu siswa dapat memahami materi yang diajarkan sehingga berdampak baik terhadap hasil belajarnya.

Penerapan model Number Heads Together dapat meningkatkan hasil belajar matematika yang dibuktikan dengan siswa yang tuntas jauh lebih banyak dari sebelumnya. Dengan demikian penerapan pembelajaran dengan model Number Heads Together (NHT) dapat menjadi alternatif dalam meningkatkan hasil belajar matematika. (pg1/lis)

Guru Matematika SMP Negeri 20 Semarang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya