alexametrics

Belajar Adjective dengan Emoji pada Aplikasi Whatsapp

Oleh: Yuni Adianti, S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SALAH satu permasalahan yang sering dialami oleh siswa, khususnya siswa kelas tujuh dalam belajar bahasa inggris adalah penguasaan kosakata. Hal ini dikarenakan, sebagian besar siswa baru diperkenalkan dengan bahasa inggris pada saat mereka masuk SMP. Penguasaan kosakata siswa yang masih sangat terbatas tentu saja akan menyulitkan siswa dalam menguasai skill bahasa inggris yang meliputi: listening, speaking, reading dan writing.

Seiring dengan perkembangan teknologi dan informasi, banyak sekali sumber belajar yang dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran bahasa inggris, baik pembelajaran klasikal maupun non klasikal. Sehingga siswa bisa belajar dimana saja, kapan saja dengan sumber belajar apa saja yang tak terbatas jumlanhya. Namun sayangnya, pemanfaatannya masih belum maksimal, bahkan tak jarang suatu sumber belajar tidak disadari merupakan sumber belajar. Padahal justru merupakan sumber belajar yang efektif dan menyenangkan. Salah satunya adalah telepon seluler.

Baca juga:  Belajar Tata Surya dengan Augmented Reality (AR) Berbasis Android

Saat ini telepon seluler bisa dikatakan sudah menjadi kebutuhan primer bagi semua orang, tak terkecuali bagi pelajar. Berbagai macam fitur dan aplikasi tersedia dan bisa diakses dengan mudah. Salah satu fitur yang digunakan oleh hampir semua pengguna telepon seluler saat ini adalah whatsapp. Dengan Whatsap kita bisa berkirim pesan, gambar, video, pesan suara, video call dsb. Salah satu hal yang membuat percakapan dengan whatsapp lebih menarik adalah penggunaan emoji.. Emoji adalah istilah bahasa Jepang untuk karakter gambar yang digunakan dalam pesan elektronik dan halaman Web. Emoji sendiri meskipun hanya berupa gambar dan simbol sederhana tapi seringkali dianggap lebih bisa mewakili perasaan yang ingin disampaikan.

Oleh karena itu, Guru ingin memanfaatkan emoji dalam fitur whatsapp sebagai sumber belajar, khususnya materi adjectives. Dengan menggunakan emoji dalam whatssapp, diharapkan proses belajar menjadi lebih hidup, efektif dan menyenangkan.

Baca juga:  Belajar Materi Profession menjadi Menyenangkan dengan Permainan Make a Match

Dalam pelaksanaan pembelajaran ini, hal pertama yang harus dilakukan tentu saja adalah menginstal aplikasi whatsapp di telepon seluler masing-masing. Guru juga menyiapkan kartu bergambar emoji dan kartu bertuliskan adjective yang merupakan makna dari emoji-emoji tersebut.

Guru menunjukkan berbagai gambar emoji dalam fitur WhatsApp yang sering digunakan sambil meminta siswa menyebutkan makna atau ekspresi yang diwakilinya. Kemudian guru mengkonfirmasi jawaban siswa, karena ternyata masih banyak sekali salah penafsiran dalam penggunaan simbol emoji itu sendiri. Guru menunjukkan kembali gambar-gambar emoji tersebut dan meminta siswa menirukan maknanya dengan pengucapan yang benar. Guru menampilkan kartu yang bertuliskan adjectives dan kartu bergambar emoji, kemudian meminta siswa untuk menjodohkannya. Untuk menguatkan pemahaman siswa, guru selanjutnya menunjuk beberapa siswa untuk maju dan memilih gambar emoji secara acak dan menyebutkan makananya kembali.

Baca juga:  Tingkatkan Minat Baca Puisi, Guru sebagai Model

Untuk memperoleh pengalaman belajar yang lebih nyata, guru juga memanfaatkan grup WhatsApp. Guru mengirimkan pesan berupa kalimat dan meminta siswa menanggapinya dengan menggunakan emoji yang tepat. Atau sebaliknya, guru mengirimkan gambar emoji dan meminta siswa merespon dengan membuat kalimat sederhana menggunakan adjectives yang sesuai dengan emoji tersebut.

Setelah hal ini diterapkan pada pembelajaran bahasa Inggris, khususnya dalam pembelajaran adjectives pada siswa kelas 7 di SMPN 1 Kaliwungu, Kab. Semarang ternyata respon siswa sungguh luar biasa. Siswa sangat antusias dalam mengikuti pembelajaran dan penguasaan kosakata siswa, terutama adjectives meningkat. (bw1/zal)

Guru SMPN 1 Kaliwungu, Kabupaten Semarang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya