alexametrics

Memahami Teks Eksplanasi dengan Model Pendekatan TPACK

Oleh : Nuryanti, S.Pd.SD

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, PELAKSANAAN pembelajaran di Kelas VI SD Negeri Pungangan, Kecamatan Doro, Kabupaten Pekalongan tahun ini, dilaksanakan secara daring dikarenakan adanya pandemic Covid-19. Salah satu yang unik dan menjadi refleksi dari pandemi covid-19 ini bisa diwakilkan dengan sebuah peribahasa “alah bisa karena biasa”. Sesuatu yang pada umumnya semua guru jarang melakukan kini hal itu harus menjadi keseharian. Hal apa itu? Apalagi kalau bukan bercengkrama dengan kamera. Ya, semua akan ‘milenial’ pada waktunya.

Dalam pelaksanaan pembelajaran memahami teks eksplanasi penulis menggunakan pendekatan TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge). TPACK merupakan kerangka kerja guru dalam mengintegrasikan TIK dalam pembelajaran. Konsep TPACK muncul dalam teknologi pembelajaran didasarkan pada model Pedagogy Content Knowledge (PCK). Selain itu, peserta didik akan terlatih untuk berpikir kritis dan kreatif dalam memberikan pendapatnya baik tulisan maupun lisan. Sintak dalam pendekatan TPACK yaitu observasi, menanya, eksperimen, pengolahan dan informasi.

Baca juga:  UKK Membuat Siswa Lebih Percaya Diri di DUDIKA

Sebelum pembelajaran penulis berkoordinasi dengan orang tua peserta didik melalui grup whatsapp kelas untuk menjelaskan akan adanya pembelajaran daring dengan memanfaatkan aplikasi zoom meeting. Kemudian penulis juga memerintahkan peserta didik untuk mendowload aplikasi kemudian mengajari penggunaan aplikasi tersebut. Sehari sebelum pelaksanaan pembelajaran penulis membagikan LKPD dan bahan ajar dalam bentuk fotokopian sehingga dapat dipelajari terlebih dahulu.

Pelaksanaan pembelajaran berjalan dengan lancar dengan pemanfaatan teknologi mulai dari pemanfaatan zoom meeting sebagai media pembelajaran virtual, google form sebagai sarana presensi, penggunaan PPT dalam penyampaian materi dan adanya penambahan penggunaan video materi pembelajaran saat menjelaskan materi dan google form untuk evaluasi. Pembelajaran ini berfokus meningkatkan kemampuan peserta didik mendeskripsikan dan menulis teks eksplanasi

Baca juga:  Menumbuhkan Minat Baca Siswa melalui Perpustakaan

Dalam serangkaian kegiatan pembelajaran yang telah penulis laksanakan ada bagian yang telah penulis kuasai yaitu penerapan pendekatan TPACK dan pengorganisasian peserta didik pada saat menggunakan Zoom Meeting. Namun ada pula bagian yang belum penulis kuasai beberapa diantaranya adalah pengontrolan peserta didik untuk mematikan microphonnya sehingga terkadang muncul suara-suara saat penyampaian materi.

Dari kegiatan pembelajaran yang sudah dilakukan dapat ditarik simpulan bahwa dengan pendekatan TPACK dapat meningkatkan kemampuan peserta didik mendeskripsikan dan menulis teks eksplanasi karena dengan model pendekatan ini dapat memberikan stimulus untuk peserta didik dalam belajar sehingga hasil belajar meningkat. (pg1/zal)

Guru SDN Pungangan, Kabupaten Pekalongan

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya