alexametrics

Terapkan Make A Match untuk Mengenal Malaikat Allah dan Tugasnya

Oleh : Siti Aminah S.Pd.I

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, MODEL pembelajaran sebagai rencana atau pola yang dapat digunakan untuk membentuk kurikulum, mendesain materi–materi instruksional, dan memandu proses pengajaran di ruang kelas atau disetting yang berbeda (Joyce dan Weil dalam Huda, 2013:73).

Praktiknya guru harus ingat bahwa tidak ada model pembelajaran yang paling tepat untuk segala situasi dan kondisi. Oleh karena itu, dalam memilih model pembelajaran yang tepat haruslah memperhatikan kondisi siswa, sifat materi bahan ajar, fasilitas media yang tersedia. Tujuan pembelajaran yang harus dikembangkan berdasarkan ranah tujuan kognitif, afektif, dan psikomotor.

Seperti di kelas IV SD Negeri 02 Bumirejo, mereka cenderung bosan jika hanya disuruh mendengarkan penjelasan dari gurunya. Untuk itu, timbul pemikiran bagaimana cara agar pembelajaran ini menyenangkan bagi peserta didik. Karena itu, penulis menerapkan model pembelajaran Make A Match pada materi pembelajaran Mengenal Malaikat Allah dan Tugasnya.

Baca juga:  Asyiknya Belajar Zat dengan Metode Example Non Example

Model Make A Match merupakan model pembelajaran yang mengajak siswa mencari jawaban terhadap pertanyaan atau pasangan dari suatu konsep melalui permainan kartu pasangan dalam batas waktu yang ditentukan.

Langkah–langkah pembelajarannya sebagai berikut, 1) guru sebagai fasilitator yang menyiapkan sepuluh kartu yang berisi satu bagian bertuliskan nama sepuluh malaikat. Sebaliknya satu bagian kartu jawabannya, 2) setiap murid mendapat satu buah kartu. 3) tiap murid memikirkan jawaban/soal dari kartu yang dipegang. 4) Setiap murid mencari pasangan yang mempunyai kartu yang cocok dengan kartu jawaban. 5) Setiap murid yang dapat mencocokkan kartunya sebelum batas waktu deberi poin. 6) Setelah satu babak kartu dikocok lagi agar tiap murid mendapat kartu yang berbeda dari sebelumnya. 7) Demikian seterusnya. Dengan demikian peserta didik bisa satu persatu mencoba menjawab sekaligus belajar sambil bermain.

Baca juga:  Serunya Belajar Gerhana dengan Bermain Gobak Sodor

Malaikat merupakan makhluk ciptaan Allah SWT selain manusia, setan, dan jin. Allah menciptakan malaikat dari nur atau cahaya. Malaikat adalah makhluk yang selalu taat dan beribadah kepada Allah. Umat Islam wajib mempercayai keberadaan malaikat, walaupun tak terlihat secara kasat mata. Percaya kepada malaikat terdapat dalam rukun iman yang kedua dalam Islam. Malaikat memiliki sifat–sifat yang wajib diimani. Sifat itu meliputi selalu beribadah kepada Allah, tidak memiliki hawa nafsu, mengamalkan perintah Allah serta tidak makan dan minum.

Allah menciptakan banyak malaikat dengan berbagai tugas. Hanya Allah yang mengetahui berapa jumlahnya. Namun ada sepuluh malaikat Allah yang wajib kita imani. Berikut malaikat Allah beserta tugasnya, 1) Malaikat Jibril bertugas menyampaikan wahyu, 2) Malaikat Mikail bertugas menyampaikan rezeki, 3) Malaikat Israfil bertugas meniup sangkakala, 4) Malaikat Izrail bertugas mencabut nyawa, 5) Malaikat Munkar dan Nakir bertugas menanya ruh dialam kubur, 6) Malaikat Rakib bertugas mencatat amal baik manusia, 7) Malaikat Atid bertugas mencatat amal buruk manusia, 9) Malaikat Malik bertugas menjaga pintu neraka, dan 10) Malaikat Ridwan bertugas menjaga pintu surga.

Baca juga:  Setor Membaca dan Menyanyi bagi ABK

Dengan menggunakan model pembelajaran Make A Match ini materi pembelajaran Mengenal Malaikat Allah dan Tugasnya jadi lebih menyenangkan dan mudah dimengerti oleh peserta didik. Bahkan bisa lebih cepat untuk menghafal nama sepuluh malaikat beserta tugasnya. (pg1/ida)

Guru PABP SDN 02 Bumirejo, Kecamatan Ulujami, Kabupaten Pemalang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya