alexametrics

Dengan Tabel Perkalian Kemampuan Berhitung Siswa Meningkat

Oleh : Walminto, S.Pd, M.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Guru merupakan sosok yang begitu dihormati dan dicintai oleh siswa. Guru merupakan sosok yang tidak bisa digantikan oleh siapapun. Apalagi bagi anak sekolah dasar (SD) yang sedang dalam masa pertumbuhan baik fisik maupun mental.

Bagi sebagian siswa guru merupakan idola yang bisa menyelesaikan segala macam permasalahan pembelajaran di dalam kelas. Setiap ada kesulitan dalam pembelajaran pasti siswa akan berusaha bertanya kepada guru kelasnya masing-masing.
Di kelas IV SD pada pembelajaran matematika Kompetensi Dasar 3.4 tentang Menjelaskan faktor dan kelipatan suatu bilangan anak dituntut memiliki pengetahuan yang lebih untuk memahaminya. Anak akan merasa kesulitan apabila pengetahuan perkalian masih minim. Di setiap sekolah pasti dijumpai anak-anak yang memiliki pengetahuan kurang dari yang lain, sehingga di sinilah peran guru dalam menemukan formula pengajaran yang tepat agar pembelajaran dapat berhasil.

Tabel perkalian bisa dibuat menggunakan kertas biasa, akan tetapi agar lebih awet tabel perkalian bisa dibuat dengan kertas yang lebih tebal atau kardus bekas juga bisa. Proses pembuatan pun harus bersama-sama di sekolah sebagai wujud kebersamaan. Semua siswa terlibat dalam pembuatan tabel perkalian ini. Siswa bisa menggunakan spidol maupun bolpoin dalam menuliskan bilangan yang ada di tabel perkalian tersebut agar tulisan bisa lebih awet. Angka yang digunakan masih angka satuan 1-10.
Matematika adalah pelajaran yang harus dimengerti, bukan dihafal. Hanya anak dengan kemampuan daya ingat luar biasa yang bisa menghafal kolom panjang tabel perkalian. Jika anak menggunakan tabel Pythagoras yang simple, mereka akan mengingatnya dengan mudah. Karena dalam pola di dalam tabel Pythagoras yang akan menolong anak untuk mengingat isi tabel dengan mudah. Bahkan anak yang sama sekali belum tahu cara mengali bisa menemukan pola-pola tersebut. Contohnya, nilai angka-angka yang ada didalam tabel yang simetris secara diagonal, adalah sama.

Baca juga:  Tingkatkan Kebugaran Jasmani dengan Google Form

Menurut Wirasto (1991:74) pada operasi perkalian pada bilangan cacah berlaku sifat komutatif dan asosiatif, yaitu bilangan yang saling ditukar tempatnya, hasilnya tetap sama. Atau dapat diartikan bahwa perkalian adalah penjumlahan berganda dengan suku-suku yang sama.

Menurut Sri Subarinah (2006: 31) operasi perkalian pada bilangan cacah diartikan sebagai penjumlahan berulang. Sehingga untuk memahami konsep perkalian anak harus paham dan terampil melakukan operasi penjumlahan.

Tabel perkalian yang dibuat selalu dibawa siswa setiap hari dengan selalu melihat dan mencari dalam tabel tersebut siswa lambat laun akan teringat. Konsep yang ditanamkan harus jelas siswa tidak boleh salah dalam mencari hasil perkalian tersebut. Diusahakan siswa yang agak lemah perkaliannya mendapatkan porsi yang lebih dalam mengerjakan latihan. Usaha tersebut dilaksanakan secara berkelanjutan dengan penugasan setiap hari siswa bisa mengerjakan minimal 5 soal menggunakan tabel perkalian tersebut.

Baca juga:  Personal Artifact Permudah Belajar Describing a Thing

Setelah siswa terbiasa melaksanakan perhitungan maka siswa akan terbiasa dengan bilangan-bilangan tersebut sehingga lambat laun siswa akan hafal. Setelah penggunaan dalam waktu satu minggu maka tabel perkalian tersebut dihentikan dan siswa akan berusaha selalu mengingat perkalian yang ada di tabel tersebut.

Setelah hafal, siswa dalam mengerjakan faktor dan kelipatan akan lebih cepat. Terutama untuk anak yang memiliki pengetahuan yang kurang dalam pembelajaran tersebut. Hal tersebut sangat bermanfaat karena secara rata-rata nilai anak akan meningkat. Dengan peningkatan tersebut maka proses pembelajaran bisa dinyatakan berhasil. Siswa memperoleh peningkatan nilai sehingga pembelajaran pada Kompetensi Dasar 3.4 tentang Menjelaskan faktor dan kelipatan suatu bilangan bisa berhasil dan tuntas. (dm2.2/lis)

Baca juga:  Serunya Permainan Game Penilaian Kahoot

Guru SDN Campurejo, Kecamatan Tretep, Kabupaten Temanggung

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya