alexametrics

Project Still Media Solusi Mempelajari Globalisasi

Oleh: Poedjo Rahardjo, SE

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, MATERI IPS selalu identik dengan hafalan yang banyak, membaca, mencatat, sehingga kadang banyak peserta didik yang kurang semangat, hal ini menyebabkan rendahnya hasil yang dicapai dalam proses pembelajaran. Belajar merupakan proses perubahan dari belum mampu menjadi sudah mampu dengan jangka waktu tertentu bertujuan mengadakan perubahan di dalam diri seseorang. Mencakup perubahan tingkah laku, sikap, kebiasaan, ilmu pengetahuan, keterampilan dan sebagainya. Media Pembelajaran, merupakan salah satu perangkat pembelajaran yang harus dimiliki guru dan secara operasional dikuasai guru. Karena Media pembelajaran sebagai sarana untuk memperjelas, memudahkan, mengefektifkan proses belajar mengajar di kelas. Media pembelajaran seorang guru dapat berupa, lap top, LCD, OHP, internet, yang saat ini sedang tumbuh dan berkembang di tengah masyarakat. Untuk itu diperlukan strategi pemilihan yang tepat, cocok oleh seorang guru dalam menentukan media pembelajaran apa yang sesuai dengan materi yang telah dirancang dalan satuan pembelajaran. Guru yang baik adalah guru yang dapat melayani peserta didik dengan Good Customer, baik dalam masalah penguasaan materi, metode penyampaian tepat, sabar, menguasai tehnologi pembelajaran termasuk Media Pembelajaran yang yang sesuai dengan topik pembelajaran. Maka guru saat ini tidak boleh buta tehnologi dan pengetahuan tetapi harus menguasai, dapat mengaplikasikan dalam proses belajar mengajar.
Materi IPS khususnya sosiologi sering dianggap pelajaran yang membosankan. Karena sering dalam proses belajar mengajar guru masih menggunakan metode yang monoton, misalnya ceramah. Sehingga sering menimbulkan kecenderungan siswa kurang tertarik terhadap pembelajaran IPS sosiologi. Akibatnya, motivasi belajar siswa menjadi rendah. Kebanyakan siswa tidak aktif, tidak mau bertanya, tidak mau menjawab pertanyaan, tidak berani mengungkapkan pendapat, sulit memahami materi dan sebagainya. Pada konteks inilah permasalahan yang selama ini masih terjadi pada pelajaran IPS Kelas IX Materi Globalisasi di SMP Negeri 5 Sragi. Kemajuan dan perkembangan teknologi sudah demikian menonjol, sehingga penggunaan alat-alat bantu mengajar seperti audio, visual, serta perlengkapan sekolah disesuaikan dengan perkembangan zaman saat ini. Dan juga harus disesuaikan dengan tuntutan kurikulum sesuai dengan materi, metode, dan tingkat kemampuan belajar siswa agar dapat mencapai tujuan pembelajaran dengan baik di sekolah. Untuk itulah, perlu mencari altrernatif lain guna mengefektifkan pembelajaran IPS Sosiologi, khususnya pada materi Globalisasi, yaitu dengan media pembelajaran Project Still Media. Dalam proses belajar mengajar, guru diharapkan mampu menumbuhkan minat belajar siswa, merangsang keaktifan siswa selama proses pembelajaran, mampu menganalisa kesulitan-kesulitan yang dihadapi siswa dan mencari solusi yang tepat, memilih dan menggunakan motode yang tepat, memunculkan media pembelajaran yang sesuai dan dapat membantu siswa dalam pembelajaran dan sebagainya. Media pembelajaran dimaksudkan sebagai alat dan bahan selain buku teks, yang dapat dipakai untuk menyampaikan informasi dalam suatu situasi belajar mengajar (Wilkinson, 1984:5) Oemar Hamalik (1980:23) menyatakan bahwa ”media pembelajaran adalah alat, metode dan teknik yang digunakan dalam rangka lebih mengefektifkan komunikasi dan interaksi antara guru dan siswa dalam proses pendidikan dan pengajaran di sekolah”. Penekanan definisi ini adalah ”efektifitas” komunikasi dan interaksi dalam suatu proses belajar mengajar.
Project Still Media atau media audio visual diam adalah media yang penyampaian pesannya dapat diterima oleh indera pendengaran dan indera pengelihatan. Akan tetapi gambar yang dihasilkannya adalah gambar diam atau sedikit memiliki unsur gerak, dan pengaplikasiannya selalu membutuhkan LCD proyektor sebagai alat untuk memproyeksikannya. Jenis media ini antara lain media sound slide (slide suara), OHT dan OHP, Infocus Opaque, film strip bersuara, dan halaman bersuara lainnya yang masih sederhana. Persiapan yang harus dilakukan sebelum pembelajaran dimulai adalah persiapkan materi, gambar, alat dan pencahayaan, buatlah slide dengan menulis topik utama, warna dan desain menarik. Selama Proses pembelajaran guru harus sering berinteraksi dan berkomunikasi secara efektif dengan peserta didik. Diharapkan dengan menggunakan Project Still Media akan menumbuhkan minat belajar siswa dalam materi Globalisasi. (ti2/zal)
Guru IPS SMP Negeri 5 Sragi

Baca juga:  Mudah Tingkatkan Kemampuan Berbicara Siswa dengan Media Video

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya