alexametrics

Efektivitas Metode Outdoor Study untuk Meningkatkan Minat Belajar dan Kreativitas Siswa dalam Pembelajaran IPS

Oleh : Dra. Arif Mu’tamariyah

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Minat belajar memiliki kecenderungan yang tetap untuk memperhatikan dan mengenang sesuatu secara terus-menerus, memperoleh kebanggaan dan kepuasan terhadap hal yang diminati, berpartisipasi pada pembelajaran, dan sangat berpengaruh terhadap tercapainya prestasi atau cita-cita yang diharapkan. Minat belajar menjadi salah satu faktor yang berpengaruh terhadap keberhasilan proses kegiatan belajar mengajar. Siswa dengan minat belajar yang tinggi akan memperoleh hasil yang lebih baik. Hasil survei awal peneliti tahun pelajaran 2018/2019 di SMP Negeri 3 Ambarawa menunjukkan rata-rata nilai ulangan harian (UH) siswa kelas IXA dengan jumlah 33 siswa mata pelajaran IPS masih berada dibawah KKM mata pelajaran IPS, 65 persen siswa belum mampu memahami pembelajaran dengan sangat baik dan berada di bawah KKM.

Penyebab minat dan prestasi belajar mengalami penurunan yaitu materi dianggap membosankan, rendahnya minat dan motivasi siswa, siswa kurang percaya diri dalam mengemukakan pendapat dan menjawab pertanyaan yang diberikan. Dan selama kegiatan pembelajaran siswa cenderung pasif. Untuk mengatasi permasalah di atas diperlukan sebuah cara. Adapun cara tersebut yaitu merangkum materi, mengerjakan LKS, memberikan tugas mandiri, memberikan pelajaran tambahan dan menerapkan model pembelajaran yang menarik.

Baca juga:  Bergembira dengan Klasifikasi Dikotom, Walau PJJ

Dalam penelitian ini peneliti menerapkan model pembelajaran outdoor study untuk meningkatkan minat belajar dan kreativitas siswa. Model pembelajaran menjadi salah satu faktor penting keberhasilan dalam pembelajaran. Model pembelajaran yang tepat diharapkan mampu menghidupkan suasana kelas, dan meningkatkan keaktifan siswa.

Model pembelajaran yang menarik mampu memusatkan perhatian siswa dan meningkatkan motivasi untuk berjuang meraih sesuatu. Pembelajaran model outdoor study membuat siswa menemukan suasana baru dalam belajar sehingga siswa tidak cepat bosan. Menurut Vera (2012), pembelajaran di luar kelas merupakan kegiatan belajar antara guru dan siswa, namun tidak dilakukan di dalam kelas, tetapi dilakukan di luar kelas atau alam terbuka sebagai kegiatan pembelajaran siswa.

Baca juga:  Menjadi Pendidik yang Humanis

Tujuan peneliti menggunakan model pembelajaran outdoor study yaitu memanfaatkan alam sekitar sebagai sumber belajar, mengaktifkan siswa dalam pembelajaran dan meningkatkan kerja sama tim dan antartim. Guru memulai pembelajaran dengan menyampaikan KD 3.4 Menganalisis kronologi, perubahan dan kesinambungan ruang (geografis, politik, ekonomi, pendidikan, sosial, budaya) dari awal kemerdekaan sampai awal reformasi. Tahap dalam penelitian ini yaitu guru membentuk kelompok, setiap kelompok terdiri dari 5 siswa. Kemudian siswa diminta mengamati alam sekitar dan membuat pertanyaan terkait topik yang sedang dipelajari. Setelah itu siswa melakukan diskusi dengan tim dan antartim. Selama proses kegiatan pembelajaran berlangsung guru bertindak sebagai observer dan motivator. Dan di akhir pembelajaran guru dan siswa melakukan evaluasi.

Baca juga:  Pembelajaran Kemagnetan IPA Asyik Selama Pandemi dengan Video Tik Tok

Selama kegiatan pembelajaran outdoor study terlihat siswa sangat aktif berdiskusi dan melakukan pengamatan terhadap lingkungan. Hal ini terlihat dari hasil pertanyaan yang disusun masing-masing tim dan diskusi antartim. Pertanyaan yang disajikan bukan pertanyaan konseptual tetapi pertanyaan aplikatif. Hal ini menunjukkan jika pembelajaran outdoor study dapat meningkatkan kreativitas, critical thinking, rasa percaya diri, dan collaboration siswa. Siswa mampu untuk menjawab setiap pertanyaan yang diajukan tim lawan sehingga membuat suasana pembelajaran lebih aktif dan menyenangkan. Di akhir pembelajaran guru memberikan evalusi kepada masing-masing siswa. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa 85 persen siswa mampu memperoleh nilai diatas KKM IPS. (bw1/lis)

Guru IPS SMP Negeri 3 Ambarawa

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya