alexametrics

Betapa Hebatnya Hasil Pembelajaran IPA dengan Media Vidio

Oleh: Khalimi,S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, KITA menyadari pembelajaran pada masa ini membuat pusing orang tua dan siswa.Bagaimanapun pembelajaran yang tidak dapat bertatap muka secara langsung kadang persepsi yang dikehendaki guru berbeda dengan siswa .Hasil pembelajarn sudah barang tentu tidak memuaskan.Oleh karena itu guru harus mampu memilih model dam media pembelajaran apa yang cocok dengan pembelajaran yang akan diberikan.

Ketika akan memberikan pembelajaran dengan KD.3.1Membandingkan cara perkembangbiakan tumbuhan dan hewan.Dalam setiap pembelajaran biasanya memerlukan model pembelajaran dansarana atau media pembelajaran. Ada banyak model pembelajaran dan sarana pembelajaran.Maka seorang guru harus bias memilih model dan sarana atau media yang sesuai dengan pembelajaran sesuai KD dan situasinya.

Ada 6 Metode Pembelajaran Paling Efektif di Masa Pandemi menurut Para Pakar.Dikutip dari.SEVIMA.COM – Setelah munculnya wabah Covid-19 di belahan bumi, sistem pendidikan pun mulai mencari suatu inovasi untuk proses kegiatan belajar mengajar. Terlebih adanya Surat Edaran no. 4 tahun 2020 dari Menteri Pendidikan dan kebudayaan yang menganjurkan seluruh kegiatan di institusi pendidikan harus jaga jarak dan seluruh penyampaian materi akan disampaikan di rumah masing-masing.

Baca juga:  Belajar di Rumah Saja dengan Metode Inkuiri Terbimbing

Setiap institusi pun dituntut untuk memberikan inovasi terbaru untuk membentuk proses pembelajaran yang sangat efektif ini. Sayangnya, tak semua institusi pendidikan rupanya paham betul mengenai inovasi terbaru yang harus dipakai untuk melakukan pembelajaran selama pandemi. Kebanyakan dari mereka masih belum bisa menyesuaikannya karena terkendala sarana dan prasarana.Adapun jenis model pembelajaran yang sesuai dengan situasi saat ini antara lain : Project Based Learning 1. 2. Daring Method3. Luring Method4. Home Visit Method,5. Integrated Curriculumdan5. Integrated Curric.

Dari keenam model pembelajaran tersebut model yang saya pakai dan saya anggap pas adalah model pembelajaran daring method.Dan media yang digunakan adalah media video..Daring Method digunakan untuk menyiasati ketidak kondusifan di situasi seperti ini, metode daring bisa dijadikan salah satu hal yang cukup efektif untuk mengatasinya. Dilansir dari Kumparan, Kemendikbud mengungkapkan bahwa metode daring bisa mengantasi permasalahan yang terjadi selama pandemi ini berlangsung.
Metode ini rupanya bisa membuat para siswa untuk memanfaatkan fasilitas yang ada di rumah dengan baik. Seperti halnya membuat konten dengan memanfaatkan barang-barang di sekitar rumah maupun mengerjakan seluruh kegiatan belajar melalui sistem online.

Baca juga:  STAD Tingkatkan Pemahaman Operasi Hitung Bilangan Bulat

Nah, metode daring ini sangatlah cocok diterapkan bagi pelajar yang berada pada kawasan zona merah. Dengan menggunakan metode full daring seperti ini, sistem pembelajaran yang disampaikan akan tetap berlangsung dan seluruh pelajar tetap berada di rumah masing-masing dalam keadaan aman dan dinilai bisa menjadi salah satu metode pembelajaran yang cocok untuk para pelajar di Indonesia.Mengingat wabah pandemi yang tidak tahu pasti kapan berakhirnya,

Walau siswa tahu beberapa macam nama binatang tapi tidak semua siswa mengetahui cara perkembangan makhluk hidup terutama cara perkembangbiakan.Sayapun mengengambil beberapa jenis hewan dengan cara perkembangbiakannya.Ketika proses pembelajaran selesai saya memberi pertanyaan satu persatu secara acak melalui video call…hasilnya siswa betul –betul biasa membedakan cara-cara perkembang biakan hewan dengan benar…Jika demikian sudah barang tentu siswa memahami pembelajaran yang sudah diberikan dan hasilnyapun waow ,bagus banget. Hal ini dapat dilihat dari hasil penilaian yang dilaksanakan secara lisan dan dijawab oleh siswa Secara langsung.Memang pembelajaran dengan menggunakan benda nyata atau tiruannya memperjelas pembelajaran.maka sebagai seorang pendidik sudah barang tentu harus senantiasa menggunakan media yang cocok dengan pembelajaran. Seperti yang diterapkan di SDN 09 Kabunan. (ti2/zal)

Baca juga:  Penerapan Frame Work TPACK Dalam Pembelajaran Daring IPA Masa Corona

Guru SDN 09 Kabunan

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya