alexametrics

Mudahkan Pembelajaran Daring dengan Google Classroom

Oleh : Lulu’il Maknun , S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Bencana pandemi virus (Covid-19 di Tanah Air membuat kegiatan belajar mengajar (KBM) di kelas terpaksa ditiadakan. Pembelajaran daring adalah metode belajar yang menggunakan model interaktif berbasis internet atau pembelajaran virtual. Secara tiba-tiba pembelajaran e-learning berubah menjadi sebuah kewajiban yang harus dilaksanakan oleh semua pendidik.

Pada awal pembelajaran daring khususnya kelas IV di SDN 02 Wonokerto Kulon mengalami beberapa kendala dalam pelaksanaanya, hal ini terjadi karena berbagai faktor mulai dari fasilitas pembelajaran daring yang dimiliki dan kemampuan untuk mengoperasikanya. Selain itu kurangnya kemampuan guru dalam ICT juga menimbulkan kendala dalam pelaksanaan pembelajaran daring. Tapi kita sebagai guru harus belajar dan belajar untuk anak didik kita supaya tuntas belajarnya dengan cara membuat video pembelajaran yang menarik dan siswa antusias dalam belajarnya. Terbukti setelah beberapa kali pembelajaran dalam jangka waktu 3 bulan anak mulai bosan mengikuti pembelajaran.

Baca juga:  Jangan Takut Matematika, Asyik dan Mudah dengan Gunakan Jarimu

Maka penulis menerapkan pembelajaran baru dengan menggunakan aplikasi goegle classroom untuk mempermudah guru dan murid dapat berinteraksi dan membuat proses belajar daring menjadi lebih produktif. Platform yang dirilis pada 12 Agustus 2014 ini mampu menyederhanakan tugas, meningkatkan kolaborasi dan membina komunikasi. Dengan google classroom, guru juga bisa berkolaborasi dengan guru lain untuk mengajar di kelas tersebut. Guru dan siswa juga tetap bisa berkomunikasi dengan baik melalui fitur chat yang ada. Tugas dan Ujian juga dapat dilakukan secara online dan dapat langsung dikoreksi oleh sistem. Oleh sebab itu pada artikel ini akan kita bahas secara lengkap cara menggunakan google classroom untuk guru dan siswa.

Langkah-langkah membuat google classroom antara lain : Pertama, akun Google. Jika belum mempunyai, maka diwajibkan untuk mendaftar terlebih dahulu. Kedua, Setelah itu, akses laman Classroom.google.com dan login menggunakan akun Google. Jika sudah masuk ke halaman utama Google Classroom, pilih tanda “+” ditepi kanan atas. Jika anda masuk sebagai murid, pilih “Join Class” dan masukan kode yang diberikan oleh pengajar, artinya kita menyetujui persyaratan dari goegle. Kemudian muncul format antara lain nama kelas, bagian (boleh dikosongkan), mata pelajaran, ruang, jika sudah selesai lalu klik “buat”. Cara Mengundang Siswa Kedalam Kelas Google Classroom, bisa dengan cara mendaftarkan siswa, minta siswa untuk mendaftr sendiri. Dengan menggunakan kode classroom yaitu : Masuk atau pilih kelas yang ingin di share, kemudian pada bagian kiri dibawah judul kelas, terdapat kode kelas. Kode kelas ini lah yang bisa kamu share ke para siswi klik kode kelas “copy” share ke grup chat kelas. Cara Membuat Tugas di Google Classroom: Klik menu Tugas Kelas “Pilih Tugas”. Kemudian isikan Judul atau Nama Tugas dan Petunjuk Pengerjaan. Contohnya seperti gambar dibawah. Selanjutnya, untuk melampirkan atau menambahkan file bisa klik tombol “Tambahkan”. Disana ada beberapa pilihan: mau meng-upload materi yang sudah dibuat sebelumnya. Caranya pilih File, pilih file dari perangkat anda, cari file yang mau di upload “Open” Upload. Tunggu Hingga proses upload file selesai. Jika file berhasil di upload, akan tampil di google classroom nya. Selanjutnya masuk ke bagian setting tugas yang ada di panel kanan. Untuk: Berfungsi memilih kelas dan siswa yang akan diberi tugas. Poin: Nilai jika siswa menjawab benar semuanya. (bp2/ton)

Baca juga:  Ayo Kenalilah Lingkungan Sekolah Kita

Guru kelas IV SDN 02 Wonokerto Kulon Kec. Wonokerto Kab. Pekalongan

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya