alexametrics

Strategi Pembelajaran Daring di Masa Pandemi

oleh: Siswoto, S.Pd.SD

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, PADA masa pandemi Covid-19 ini, para guru harus pandai memutar otak untuk melaksanakan pembelajaran jarak jauh (PJJ). Semua guru bahkan orang tua dan siswa turut berkolaborasi agar pembelajaran dapat berjalan tanpa henti, harus serba cepat, kilat, dan memikat, yang lambat akan jadi penghambat. Sebagai pendidik pun harus menyiapkan mental dan kemauan dengan proses belajar saat ini, terus maju dengan segala konsekuensinya atau mundur terhempas ke belakang dengan kekalahan dalam pertempuran yang belum mencapai klimaksnya.

Sarana dan prasarana yang kurang mendukung seperti terbatasnya kuota internet, sinyal yang kurang stabil dan aplikasi yang tidak memadai dalam telepon genggam juga membatasi ruang gerak guru dalam menentukan strategi pembelajaran yang tepat. Tak kalah pentingnya kemampuan wali murid dalam mengoperasikan telepon genggam yang masih belum maksimal dan penggunaan media internet sebagai sumber belajar sekaligus penunjang terselenggaranya pembelajaran daring belum maksimal. Namun masih beruntung, semua wali murid mempunyai telepon genggam android. Walaupun masih banyak yang seri lama, namun bisa digunakan untuk komunikasi melalui aplikasi WhatsApp (WA).

Baca juga:  Mendesain Tugas Pembelajaran Sejarah di Masa Pandemi

Aplikasi inilah yang pada akhirnya menjadi media yang kami pakai dalam pembelajaran daring di Pembelajaran SD Negeri Pungangan Kabupaten Pekalongan. Sebagai antisipasi sinyal yang tidak stabil, penulis sudah menyiapkan jadwal tugas harian dalam bentuk hard copy sebagai pembelajaran offline. Dalam jadwal tertera hari, tanggal, panduan belajar, dan tugas yang harus dikerjakan selama sehari. Sebagai bahan belajar offline adalah buku paket tema, LKS, dan buku muatan pelajaran

Sebagai penunjang kegiatan belajar, penulis menambah kegiatan pembelajaran online dengan mengirim video pembelajaran yang penulis buat sendiri melalui WA grup. Video pembelajaran yang penulis kirim masih sangat sederhana dengan durasi yang tidak panjang, hanya 5 sampai 10 menit. Materi yang penulis sampaikan sederhana, singkat, dan mudah dipahami anak. Penulis mengambil topik alat gerak dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan alat gerak manusia. Tujuan dari menyimak video pembelajaran diantaranya adalah siswa dapat menjelaskan alat gerak dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan alat gerak manusia dengan benar. Tindak lanjut dari hasil menyimak, penulis memberikan tugas berupa soal untuk mengukur tingkat pemahaman siswa. Tugas selanjutnya dikirim melalui WA pribadi ke penulis.

Baca juga:  Ingat Pesan dari Bu Tejo : Dadi Guru Kui Mbok sing Solutif

Strategi pembelajaran daring yang penulis terapkan, mendapat respon positif dari para siswa. Mereka sangat antusias menyimak video pembelajaran yang penulis kirim. Mereka memberikan umpan balik berupa emoticon dan stiker yang bermacam-macam. Inti dari semua itu mereka suka dengan videonya dan merasa senang karena yang menyampaikan materi dari gurunya sendiri. Materi yang disampaikan berkaitan dengan tugas yang ada di buku tema. Dengan video pembelajaran tersebut, para siswa merasa terbantu dalam memahami materi pelajaran yang menurut mereka baru dan sulit untuk dipahami. Terbukti setelah tugas dikirimkan para siswa mendapat nilai yang memenuhi KKM. (ti1/bas)

Guru Kelas SD Negeri Pungangan Kabupaten Pekalongan

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya