alexametrics

Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Internet

Oleh : Tanti Rositawati, S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, NEGARA kita saat ini sedang terkena wabah Covid-19 dimana penyebarannya sangat luar biasa cepatnya karena salah satu upaya untuk memutus tali penularan Covid-19 ini diantaranya dengan mengindari berkerumun. Menghadapi kondisi seperti ini maka kita harus mampu melakukan suatu perubahan kebiasaan yang di sesuaikan dengan kondisi di era wabah atau pandemi ini. Perubahan ini ini dilakukan dalam berbagai lini termasuk di dalamnya adalah dalam dunia pendidikan. Dengan ini mengakibatkan segala aktifitas disegala sektor menjadi terdampak tak terkecuali di dunia pendidikan sehingga muncul kebijakan baru yaitu dengan bekerja dari rumah maupun belajar dari rumah ( BDR ).

Kondisi seperti ini bukan hal yang mudah bagi kita para guru, kita dituntut untuk senantiasa berkreasi mengembangkan ide dan berinovasi utuk dapat menyesuaikan diri dalam melaksanakan pembelajaran dari tatap muka menjadi pembelajaran jarak jauh salah satunya dengan memanfaatkan kemajuan teknologi internet sebagaimana yang kami lakukan di SMPN I Siwalan Kabupaten Pekalongan dengan melaksanakan pembelajaran berbasis internet khususnya pada pembelajaran bahasa inggris.

Baca juga:  Belajar Number melalui Bingo Game

Pembelajaran di masa pandemi ini dilaksanakan dengan jarak jauh atau yang dikenal dengan Pembelajaran Jarak Jauh atau PJJ. Adapun media yang kita gunakan adalah media internet seperti googleclass, google form bahkan media whatsapp akan tetapi khusus untuk pembelajaran Bahasa Inggris selain menggunakan sarana internet dalam sarana komunikasi dengan peserta didik juga menggunakan media internet sebagai sarana untuk membantu mempermudah proses pembelajaran sebagaimana yang kami lakukan pada pembelajaran bahasa inggris di SMPN I Siwalan Kabupaten Pekalongan khususnya pada pembelajaran Bahasa Inggris Kelas VII pada KD. 3.1 Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dam unsur kebahasaan teks interaksi interpersonal lisan dan tulis yang melibatkan tindakan menyapa,berpamitan, mengucapkan terimakasih dan meminta maaf serta menanggapinya sesuai dengan konteks penggunaannya. Hilary Perraton ( 1988 ), menyatakan bahwa pendidikan atau pembelajaran jarak jauh adalah proses pendidikan atau pembelajaran dimana proporsi pengajaran yang signifikan dilakukan oleh seorang pengajar yang terpisah oleh ruang dan waktu dari pelajar. Gagne ( 1970 ) menyebutkan bahwa media adalah jenis komponen dalam lingkungan peserta didik yang dapat merangsangnya untuk belajar. Jadi media memiliki arti yang sangat penting dalam pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.

Baca juga:  Media Online sebagai Sarana Belajar Bahasa Inggris

Pelajaran bahasa inggris adalah suatu pelajaran dimana peserta didik dituntut untuk menguasai kosa kata selain itu juga dituntut untuk dapat mengucapkan kosa kata tersebut dengan benar dimana antara tulisan dan pengucapannya berbeda. Hal ini akan akan sulit sekali bila pembelajaran dilaksanakan secara daring karena pada KD 3.1 ini membutuhkan praktek secara langsung agar peserta didik dapat mengucapkan kata dengan benar untuk mengatasi hal tersebut maka dalam proses pembelajarannya kami menggunakan internet seperti youtube tutorial yang dapat di akses oleh peserta didik secara online segingga membantu peserta didik dalam mengucapkan kata seperti pada materi tersebut yang tentunya dengan panduan guru. Dan sebagai evaluasi peserta didik diberi tugas untuk mengucapkan kalimat – kalimat ucapan – ucapan seperti pada materi KD 3.1 dalam bentuk video dan di unggah dalam grup kelas melalui whatsapp. Dengan demikian pembelajaran akan berjalan dengan tanpa kendala jarak tujuanpun akan tercapai.

Baca juga:  Flipped Learning Media Blog, Meningkatkan Penguasaan Materi Peserta Didik saat Pandemi

Di tengah penyebaran Covid-19 seperti saat sekarang ini pembelajaran berbasis internet ini menjadi media sebagai ganti pertemuan kelas atau pembelajaran tatap muka sebagaimana yang dilakukan pada pembelajaran bahasa inggris di SMPN I Siwalan Kabupaten Pekalongan. (ti1/bas)

Guru Bahasa Inggris SMP Negeri I Siwalan Kabupaten Pekalongan

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya