alexametrics

Microsoft Sway Jadi Alternatif Pembelajaran IPA saat Pandemi

Oleh: Nisa Fitriati, S.Pd.

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, DALAM masa pandemi Covid 19 guru sangat dituntut kreatifitasnya untuk melakukan pembelajaran secara daring. Guru juga dituntut untuk meningkatkan kemampuannya dalam bidang IT. Di SMPN 1 Wonopringgo pembelajaran daring dilakukan melalui google classroom dan watshaap grup mapel. Guru dapat menyampaikan materi, tugas, maupun penilaian melalui aplikasi tersebut. Namun dalam penyampaian materi dapat dilakukan oleh guru melalui media lain yang dapat dishare melalui google classroom maupun watshaap grup.

Dalam penyampaian materi guru harus memperhatikan ketepatan media yang digunakan untuk memudahkan siswa dalam memahami materi yang disampaikan. Menurut Asosiasi Teknologi Komunikasi Pendidikan (AECT) media merupakan segala sesuatu yang digunakan orang untuk menyalurkan pesan dan dapat merangsang peserta didik untuk lebih semangat belajar. Agar pemilihan media pembelajaran tepat, maka perlu dipertimbangkan faktor kriteria dan langkah-langkah pemilihan media. Kreteria pemilihan media harus dikembangkan sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai, kondisi dan keterbatasan yang ada. Maka dengan kriteria yang ada saat ini penggunaan media pembelajaran berbasis online yang sesuai dengan pembelajaran daring.

Baca juga:  Serunya Belajar Sistem Ekskresi dengan Metode TPS

Salah satu media pembelajaran berbasis online yang dapat dipilih adalah Microsoft Sway. Sway merupakan aplikasi dari Microsoft Office yang dapat digunakan untuk mengumpulkan, memformat, berbagi ide, cerita, dan persentasi di kanvas interaktif berbasis web (BPTIKP, 2016:48). Dengan menggunakan sway, guru bebas memasukkan teks, gambar, dokumen, video, bagan, atau konten-konten lain yang sesuai dengan materi yang akan disampaikan dan sway akan membuatnya menjadi tampilan yang menarik. Menurut Istiqomah (dalam Internasional Journal of Education and Recearch Vol. 4 No. 9 September 2016), kelebihan aplikasi Sway bila dibandingkan dengan aplikasi presentasi lainnya adalah: (1) memiliki fitur desain yang sangat baik untuk mempermudah pengguna mengunggah berbagai konten seperti video dari YouTube, picts, tweet, dan isi multimedia lainnya; (2) dapat memilih konten seperti foto dan video yang di simpan di cloud karena Sway App terhubung dengan cloud App; (3) aplikasi Sway akan memformat ulang slide presentasi di saat presenter membukanya melalui smartphone, laptop, atau PC; (4) aplikasi Sway dilengkapi dengan aplikasi untuk mempermudah pengguna dalam dalam melakukan kolaborasi dengan pengguna lain dalam membuat proyek Sway.

Baca juga:  Dengan TePeMas Belajar Bahasa Jawa Menyenangkan

Penulis menggunakan Microsoft Sway dalam penyampaian materi Klasifikasi Mahluk Hidup di kelas VII. Langkah-langkah yang dilakukan dalam pembuatan media pembelajaran dengan aplikasi ini adalah membuka www.sway.com dengan menggunakan akun microsoft office 365, jika tidak punya dapat masuk dengan memilih menu “Daftar Gratis”. Setelah masuk akan muncul fitur-fitur seperti judul, teks, gambar, video, tweet, audio, sematkan, dan juga grup. Kemudian mulailah menyusun tampilan yang akan kita buat dengan mengatur tata letak, skema warna, memasukkan teks, gambar, dan juga mengimpor konten yang sesuai dengan materi pelajaran. Langkah terakhir adalah membagikan link sway melalui google classroom atau watshaap grup.

Dengan menggunakan sway sebagai media pembelajaran Klasifikasi Mahluk Hidup memudahkan guru untuk menyampaikan materi yang cakupan luas dan dapat menampilkan banyak contoh mahluk hidup dari suatu kelompok mahluk hidup sehingga dapat memperkaya pengetahuan peserta didik. Media ini juga dapat memudahkan peserta didik dalam memahami materi, hal ini dapat dilihat dari hasil evaluasi di akhir pembelajaran yang menunjukkan sebagian besar peserta didik mendapatkan nilai di atas KKM. Seperti di SMPN 1 Wonopringgo, Kabupaten Pekalongan. (ti1/zal)

Baca juga:  Peningkatan Etos Kerja Guru melalui Supervisi Akademik

Guru IPA SMPN 1 Wonopringgo, Kabupaten Pekalongan

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya