alexametrics

Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Berita dengan Model Investigasi Kelompok

Oleh: Luwiyah, S.Pd.

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, KEMAMPUAN menulis adalah salah satu kemampuan berbahasa yang dianggap paling kompleks karena melibatkan berbagai kemampuan kognitif dan linguistik (Marhaeni dalam Pharyuna 2012:46). Jika bicara soal kemampuan, maka menulis berarti sesuatu yang bisa dipelajari dan dikuasai. Ada dua hal yang menjadi sifat dasar dari sebuah kemampuan. Pertama, kemampuan tidak muncul secara langsung, tetapi melalui proses atau tahapan yang sistematis. Jika tahapan itu tidak dilalui secara berurutan, maka akan memunculkan resiko pada orang yang belajar menguasai kemampuan tersebut. Kedua, kemampuan didapat melalui sebuah latihan yang berulang-ulang yang tidak jarang diwarnai kegagalan. Selama orang bisa melewati kegagalan ini dengan sabar, maka kemampuan itu lama kelamaan akan dikuasai.

Kegiatan menulis memerlukan sejumlah potensi pendukung yang untuk mencapainya diperlukan kesungguhan, kemauan keras, dan harus belajar dan berlatih dengan sungguh-sungguh dan terus-menerus dalam waktu yang cukup lama. Dengan demikian, wajar bila dikatakan bahwa menciptakan iklim budaya tulis akan mendorong seseorang menjadi lebih aktif, lebih kreatif, dan lebih cerdas.

Baca juga:  Model Think Pair and Share Tingkatkan Kemampuan Menulis Siswa

Untuk meningkatkan keterampilan menulis teks berita diperlukan adanya model pembelajaran yang inovatif. Pembelajaran dengan model inovatif dapat dilakukan diantaranya dengan penerapan model investigasi kelompok. Model investigasi kelompok sebagai salah satu model pembelajaran inovatif diharapkan mampu membantu siswa untuk belajar menulis kalimat dengan struktur kalimat yang benar, serta sekaligus untuk membantu siswa menyelesaikan tugas melalui diskusi kelompok yang berjalan efektif sehingga tiap siswa mampu mengutarakan dan menghargai pendapat teman satu kelompok.

Teks berita merupakan teks yang berisi pelaporan berbentuk tulisan yang bersumber dari realitas kehidupan sehari-hari bersifat menarik, terbaru, dan atau aktual yang didalamnya mengandung enam unsur berita ditulis dengan mengacu pada struktur teks berita. Berita memang tidak dapat terlepas dari unsur pelaporan suatu peristiwa tertentu. Akan tetapi, tidak semua kejadian atau peristiwa dapat dilaporkan kepada khalayak sebagai berita. Agar berita dapat bermanfaat bagi kepentingan banyak orang, berita harus memiliki nilai berita yaitu, keluarbiasaan, aktual, akibat, kebaruan, kedekatan, informasi, konplik, orang penting, kejutan, ketertarikan manusiawi, Suatu informasi dapat dijadikan berita apabila memenuhi unsur 5W+1H. Unsur 5W+1H terdiri atas what (apa), who (siapa), where (di mana), when (kapan), why (mengapa), dan how (bagaimana).

Baca juga:  Mudah Belajar Personal Identity dengan Silent Line-Up

Berita adalah produk utama media massa. Berita ditulis untuk dilaporkan pada khalayak. Namun, sebelum tahap pelaporan berita, penulis berita harus mengumpulkan fakta di lapangan sebagai sumber utama penulisan berita. Beberapa teknik pengumpulan fakta, di antaranya observasi, wawancara, dan konferensi pers.

Model Investigasi Kelompok atau Group Investigation yang dilakukan dalam pembelajaran bahasa Indonesia di smp Negeri 2 Kesesi adalah mengambil model yang berlaku dalam masyarakat, terutama mengenai anggota masyarakat melakukan proses mekanisme sosial melalui serangkaian kesepakatan sosial. Model investigasi kelompok memiliki enam tahapan, Tahap pertama Siswa dihadapkan pada peristiwa yang problematis. Tahap kedua siswa melakukan eksplorasi terhadap situasi yang problematis tersebut. Tahap ketiga siswa merumuskan tugas-tugas belajar dan mengorganisasikannya untuk membangun suatu proses penelitian.
Keterampilan menulis teks berita menggunakan model investigasi kelompok di SMP Negeri 2 kesesi dapat meningkat dibandingkan dengan pembelajaran menulis teks berita yang disampaikan secara ceramah atau konvensional, hal tersebut dapat memotivasi siswa untuk lebih giat belajar sehingga tujuan pembelajaran tercapai. (ti2/bas)

Baca juga:  LKPD Elektronik, Tingkatkan Pemahaman Konsep Operasi Bilangan Bulat

Guru Bahasa Indonesia SMP Negeri 2 Kesesi Kab. Pekalongan

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya