alexametrics

Layanan Klasikal dengan Video SOM Lebih Menarik

Oleh : Ira Mutiara, S.Psi

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Sejak pandemi covid 19 mulai mewabah pada Maret 2020 lalu, pemerintah memutuskan untuk menggelar pembelajaran jarak jauh bagi seluruh siswa sekolah. Pembelajaran sistem jarak jauh merupakan model pembelajaran yang pertama diterapkan pada siswa sekolah dasar sampai sekolah menengah.

Selama hampir satu tahun melaksanakan pembelajaran jarak jauh banyak kendala yang dihadapi. Salah satu kendala dalam pembelajaran ini adalah siswa mengalami kebosanan. Hal ini mengakibatkan siswa malas menyimak materi, mengerjakan tugas-tugas belajar, dan pada akhirnya menghambat proses belajar mengajar jarak jauh. Masalah ini dialami hampir setiap mata pelajaran, termasuk dalam layanan bimbingan dan konseling di SMP Negeri 3 Sragi.

Keterbatasan guru dalam penguasan teknologi informasi mengakibatkan guru hanya menyampaikan materi pembelajaran denggan menggunakan metode itu itu saja, sehingga menimbulkan kebosanan dan ketidakseriusan siswa dalam mengerjakan tugasnya. Hal ini mengharuskan guru untuk lebih kreatif dalam memilih model atau metode pembelajaran jarak jauh yang tepat dan menarik, agar siswa dapat mengikuti pembelajaran jarak jauh dengan senang dan bersemangat, sehingga materi yang disampaikan guru bisa dipahami oleh siswa. Dengan permasalahan di atas dalam menyampaikan materi layanan bimbingan konseling agar lebih menarik menggunakan aplikasi Video Presentasi SOM (Screencast-O-Matic).

Baca juga:  Senangnya Menganalisa Teks Advertisement dengan Model Examples Non Examples

Screencast-O-Matic adalah aplikasi screen capture recording, yang bisa merekam layar komputer dengan sekali klik dan dapat dengan mudah dan cepat merekam layar utntuk membuat tutorial video atau video bantuan. Apliaksi ini juga menawarkan hosting gratis untuk video yang kita buat dan Screencast-O-Matic menangkap layar dan webcam video kemudian menyimpannya serta dapat diposting secara online di youtube atau situs web program. Aplikasi Screencast-O-Matic ini gratis dapat didownloud di internet ini juga merupakan aplikasi video presentasi yang menyenangkan dan mudah, mengubah hasil powerpoint kedalam bentuk video presentasi.

Langkah-langkah dalam pembuatan video presentasi menggunakan aplikasi Screencast-O-Matic atau lebih dikenal dengan SOM adalah sebagai berikut : Pertama, downloud aplikasi SOM dari internet kemudian install dan simpan dalam desktop. Kedua, buatlah file presentasi dalam bentuk power point dan rekam dengan SOM. Setelah muncul kotak SOM untuk merekam suara, web camera dan mulai proses perekaman pembaca presentasi dari power pointment jadi video presentasi. Perekaman menggunakan kamera sehingga presenter atau guru bisa terlihat dan menjadi host pada presentasi materi ini. Hasil video presentasi disimpan pada file, klik publish as file, bila ingin langsung diunggah ke internet tinggal klik publish as SOM atau Youtube. Hasil perekaman mengubah power point menjadi video presentasi siswa yang menarik dalam bentuk MP4.

Baca juga:  Melatih Siswa Cermat Belajar Kenampakkan Alam dengan Index Card Match

Pembelajaran menggunakan video prestasi SOM, terbukti lebih menarik siswa dalam pembelajaran jarak jauh. Sebelum menggunakan video presentasi SOM, siswa hanya disampaikan materi bimbingan konseling menggunakan power point biasa. Dengan power point ini tidak banyak tanggapan dalam pembelajaran. Akan tetapi setelah menggunakan power point melalui video presentasi SOM, siswa banyak yang aktif dan saat ditanyakan bagaimana dengan pembelajaran saat itu, siswa merasa senang dan tertarik dengan materi yang disampaikan. Karena mereka merasa melihat guru saat menjelaskan seperti saat tatap muka di kelas, dan materi pun bisa disimak dan dipahami dengan baik. (bp1/ton)

Guru SMP Negeri 3 Sragi

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya