alexametrics

Tingkatkan Kemampuan Bertanya-Menjawab dengan Metode Team Quis

Oleh: Elia Tabita, S.Pd ,

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, DALAM Pembelajaran IPS tersedia banyak sekali model pembelajaran yang dapat digunakan, dari tingkat paling sederhana hingga tingkat tinggi. Dalam hal ini saya sebagai guru IPS di SMPN 2 Pringapus telah mencoba beberapa model pembelajaran tetapi selalu tidak mendapatkan hasil yang maksimal. Saya mencoba untuk meneliti apa yang selalu menjadikan model pembelajaran yang saya gunakan tidak mendapatkan hasil yang maksimal.

Akhirnya saya menemukan titik permasalahan ketidakberhasilan model yang saya gunakan yaitu kurangnya kemampuan peserta ddik dalam menyampaikan pertanyaan atau menjawab pertanyaan saat presentasi ataupun diskusi.

Maka saya mencari metode yang mungkin masih cukup sederhana tetapi menurut saya akan menjadi solusi bagi permasalahan peserta didik., yaitu metode Team Quis. Dan saya menerapkan metode Team Quis ini pada Pembelajaran IPS kelas 8 A SMPN 2 Pringapus pada materi ASEAN.

Baca juga:  Kahoot, Ciptakan Pembelajaran Daring Menyenangkan di Masa Pandemi Covid-19

Merujuk pada pemikiran Gagne dalam buku Cooperative Learning, Agus Suprijono bahwa hasil belajar yang pertama berupa informasi yaitu kapabilitas mengungkapkan pengetahuan dalam bentuk bahasa, baik lisan maupun tulisan. Maka peserta didik harus dibekali kemampuan dan keberanian untuk menyampaikan pendapat baik secara lisan maupun tulisan.

Metode Team Quis merupakan metode sederhana untuk dapat meningkatkan kemampuan tersebut.

Langkah-langkah meode Team Quis adalah sebagai berikut : a) Pilihlah topik yang dapat disampaikan dalam tiga bagian. b) Bagilah peserta didik menjadi tiga kelompok yaitu A,B dan C . c.)Sampaikan kepada peserta didik format penyampaian materi. Batas maksimal 10 menit. d.)Setelah penyampaian materi minta kelompok A menyiapkan pertanyaan-pertanyaan dengan materi yang baru saja disampaikan. Kelompok B dan C menggunakan waktu ini untuk melihat lagi catatan mereka.

Baca juga:  PjBL Solusi Pembelajaran Memerankan Fabel di Era Pandemi

e) Mintalah kepada kelompok A untuk memberi pertanyaan kepada kelompok B. Jika kelompok B tidak dapat menjawab pertanyaan, lempar pertanyaan kepada kelompok C. f) kelompok A untuk memberi pertanyaan kepada kelompok C. Jika kelompok C tidak dapat menjawab pertanyaan, lempar pertanyaan kepada kelompok B. g). Jika Tanya jawab selesai lanjutkan pelajaran kedua dan tunjuk kelompok B untuk menjadi kelompok penanya. Lakukan seperti proses untuk kelompok A. h) Setelah kelompok B selesai dengan pertanyaan lanjutkan materi ketiga dan tunjuk kelompok C sebagai kelompok penanya. I )Akhiri pelajaran dengan menyimpulkan Tanya jawab dan jelaskan sekiranya ada pemahaman peserta didik yang keliru.

Setelah beberapa kali menggunakan metode ini Nampak kemampuan peserta didik dalam menyampaikan pertanyaan maupun menjawab mengalami kemajuan yang cukup signifikan. Sehingga peserta didik siap untuk melakukan model-model pembelajaran yang banyak menggunakan diskusi dan presentasi. Dan berdasarkan hasil ulangan harian tampak ada peningkatan yang cukup menggembirakan yaitu berhasil meningkatkan nilai dibandingkan sebelumnya. (bw1/zal)

Baca juga:  Mantulnya Diskotik Musik HBS Mupel IPS

Guru SMPN 2 Priingapus, Kabupaten Semarang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya