alexametrics

Tingkatkan Belajar Keliling Bangun Datar dengan Media Gambar

Oleh; Istiqomah, S.Pd.SD

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, PENDIDIKAN merupakan sektor sangat menentukan kualitas suatu bangsa. Kegagalan pendidikan berimplikasi pada gagalnya suatu bangsa, keberhasilan pendidikan juga secara otomatis membawa keberhasilan sebuah bangsa. Pada dunia pendidikan, hendaknya memperhatikan unsur pendidikan, yang diantaranya: peserta didik, pendidik, software, manajemen, sarana dan prasarana dan stake holder. Aset yang diperlukan dalam pendidikan adalah sumber daya manusia yang bekualitas. Sumber daya yang berkualitas dapat berupa dari siswa, masyarakat, maupun dari pendidik.

Kenyataan yang ada sekarang adalah masih buruknya manajemen pendidikan yang ada. Buruknya manajemen pendidikan disebabkan oleh berbagai faktor. Dan permasalahan yang terjadi di SDN 03 Rogoselo pada peserta didik kelas IV (Empat) materi Keliling bangun datar mengalami penurunan semangat belajar. Hal ini membuat penulis untuk merubah metode awal menjadi yang menarik agar siswa mudah memahami materi yaitu dengan tambahan media pembelajaran yang disukai anak.

Baca juga:  Google Classroom sebagai Alternatif Media Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19

Media pendidikan yang digunakan adalah gambar atau foto, karena media gambar atau foto adalah media paling umum dipakai. Media merupakan bahasa yang umum, yang dapat dimengerti dan dinikmati di mana-mana. Oleh karena itu ada pepatah Cina mengatakan bahwa “sebuah gambar berbicara lebih banyak dari pada seribu kata”. Gambar ilustrasi fotografi adalah gambar yang tidak dapat diproyeksikan, dapat dipergunakan, baik dalam lingkungan anak-anak maupun dalam lingkungan orang dewasa. Gambar yang berwarna umumnya menarik perhatian. Semua gambar mempunyai arti, uraian dan tafsiran sendiri.

Langkah-langkah atau skenario pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran foto adalah sebagai berikut: Pertama, Guru memberi salam, berdoa dan mengabsen siswa. Guru memberikan motivasi kepada siswa agar rajin dalam belajar. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan diajarkan. Guru menyiapkan media gambar yang akan diajarkan. Kedua, Guru menjelaskan sifat-sifat gambar yang akan diajarkan. Guru menjelaskan fungsi-fungsi objek gambar yang diajarkan. Kedua, Guru menjelaskan perbedaan objek-objek gambar yang akan diajarkan. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menjelaskan gambar yang telah diajarkan. Guru memberi kesempatan untuk menjelaskan fungsi-fungsi objek gambar yang diajarkan. Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menanyakan hal-hal yang kurang jelas. Ketiga, Guru bersama siswa menarik kesimpulan. Yang harus diperhatikan belajar dengan media gambar mudah dipahami antara lain : memadukan gambar-gambar dengan pelajaran, mengurangi penambahan kata-kata pada gambar, mempergunakan gambar-gambar yang efektif, mendorong pernyataan yang kreatif, memilih gambar yang baik (misalnya : keaslian gambar, kesederhanaan, bentuk item)

Baca juga:  Dengan TePeMas Belajar Bahasa Jawa Menyenangkan

Dengan penerapan materi menghitung keliling bangun datar di SDN 03 Rogoselo akhirnya siswa mencapai hasil belajar yang maksimal. Menggunakan media gambar maka memberikan pengalaman dasar siswa, siswa cepat memperoleh kejelasan secara verbal. Dan denga gambar pelajar akan lebih memahami suatu tulisan. (bp2/zal)

Guru SDN 03 Rogoselo, Kabupaten Pekalongan

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya