alexametrics

Media KilBa KerAng Tingkatkan Pemahaman Siswa Berhitung

Oleh : Dwi Astutiningsih, S.Pd.

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Matematika merupakan pembelajaran yang dianggap sulit bagi siswa. Terutama kelas rendah membutuhkan suatu kesabaran luar biasa bagi seorang guru. Di kelas rendah biasanya ada siswa yang belum mampu menghitung, menulis, dan menunjuk angka secara benar. Ada juga siswa yang mampu menyebut angka tetapi belum hafal bentuk angka yang disebutkannya. Hal ini juga terjadi di kelas 2 SDN Gemuhblanten kecamatan Gemuh.

Guru berusaha mencari alternatif pemecahan agar siswa mampu mengenal angka sekaligus menunjuk dan mampu menulisnya. Kemudian guru mencoba model pembelajaran dengan media Kerikil Batu, Kertas Angka (KilBa KerAng) dengan harapan siswa dapat menyebutkan angka sekaligus menunjuk dan mampu menulisnya.

Kemampuan berhitung adalah suatu kemampuan yang dimiliki setiap anak yang berhubungan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian yang merupakan kemampuan yang penting dalam kehidupan sehari-hari. Dimensi pelajaran berhitung yang merupakan karakteristik konsep yang terwakili dalam pengertian matematika merupakan keterpaduan dan saling keterikatan dalam dimensi yang dapat diuraikan sebagai berikut : Pelajaran berhitung sebagai proses belajar mengajar. Proses belajar mengajar merupakan suatu kegiatan terjadinya interaksi, yakni hubungan antara guru dan siswa dalam suasana yang bersifat pengajaran, proses belajar mengajar siswa aktif (CBSA) dalam sistem ini proses kegiatan belajar mengajar guru dan anak didik terlibat dalam sebuah interaksi dengan bahan pelajaran sebagai mediumnya, dalam interaksi itu anak didik yang lebih aktif, guruhanya berperan sebagai motivatordan fasilitator (Djamarah dan Zaini, 2002).

Baca juga:  Permasalahan Pubertas pada Siswa Dapat Teratasi dengan Model CPS

Mengingat pentingnya pelajaran berhitung di kelas II, maka guru menggunakan model pembelajaran menggunakan Media KilBa KerAng pada siswa. KilBa kepanjangan Kerikil Batu. Sedangkan KerAng kepanjangan dari Kertas Angka. Langkah-langkah model pembelajaran menggunakan Media KilBa KerAng adalah sebagai berikut: 1) Guru menunjukkan gambar kerikil batu yang ada dalam lingkaran dan angka di bawah lingkaran gambar kerikil batu; 2) Guru menjelaskan tentang model pembelajaran menggunakan Media KilBa KerAng di papan tulis.; 3) Guru membagi siswa dalam kelompok yang terdiri dari 3-4 siswa; 4) Guru membagikan kerikil dan kertas angka kepada siswa; 5) Guru membagikan kertas bergambar yang sudah ada kerikil dalam lingkaran dan ada tulisan angka di bawah gambar kerikil batu; 6) Guru menerangkan secara kelompok untuk meletakkan jumlah kerikil sesuai gambar dan mengambil angka dan menempelkan angka pada gambar yang sama dengan angka pada gambar; 8) Guru mengamati hasil kerja siswa dan membimbing bagi kelompok yang kesulitan; 9) Guru mengapresiasi hasil kerja kelompok siswa dan memotivasi siswa; 10) Sebagai evaluasi akhir pembelajaran guru membagikan tugas individu dengan cara meletakkan kerikil sesuai gambar dan meletakkan angka sesuai angka yang tertera di gambar di meja masing-masing.

Baca juga:  Belajar Sistem Persamaan Tiga Variabel Mudah dengan Blended Learning

Setelah guru menggunakan model pembelajaran menggunakan Media KilBa KerAng siswa terlihat tertarik dan semangat mengikuti pembelajaran. Siswa terlihat aktif sambil bermain dan ternyata siswa lebih mudah menghapal angka 1-10. Tidak hanya itu keberanian siswa juga bertambah terbukti banyak yang bertanya dan tidak takut pada guru. Kesimpulannya dengan pembelajaran Model KilBa dan KerAng mampu meningkatkan pemahaman siswa dalam berhitung. (ti1/ton)

Guru SDN 1 Gemuhblanten kecamatan Gemuh

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya