alexametrics

Belajar PPKn dengan Memanfaatkan Classroom saat Pandemi

Oleh : Intentrem, S.Pd. SD.

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, WORID Health Organization (WHO) pada 11 Maret 2020, mengumumkan status pandemi global penyakit Virus Corona 2029. Pandemi menurut KBBI adalah wabah yang terjangkit serempak dimana-mana, meliputi daerah geografi yang luas. Wabah penyakit menular dan memiliki garis infeksi berkelanjutan, pandemi Covid-19 nyaris melumpuhkan negara-negara termasuk indonesia. Pemerintahpun menerapkan kebijakan Work From Home (WFH), termasuk di bidang pendidikan.

Kementrian Pendidikan mengeluarkan kebijakan belajar-mengajar dilakukan dengan secara daring atau online, untuk memutus penyebaran virus corona. Disinilah guru harus kreatif untuk tetap melaksanakan proses pembelajaran, jangan sampai peserta didik di rumah hanya bermain tanpa arah yang jelas. Penulis sebagai guru kelas di SD Negeri 03 Majalangu Kecamatan Watukumpul – Pemalang, dalam mengajar PPKN dalam KD, hakekat bangsa dan negara merasa bertanggung jawab agar peserta didik sebagai generasi penerus bangsa tetap belajar secara virtual.

Baca juga:  Pembelajaran Anak Usia Dini dengan Metode NHT

Dari latar belakang tersebut, penulis sebagai guru kelas SD Negeri 03 Majalangu Watukumpul – Pemalang melaksanakan pembelajaran dengan aplikasi google Class Room. Google Class Room merupakan media yang menyediakan kemudahan dalam pendistribusian materi pembelajaran PPKN dan soal. Selain itu dapat digunakan sebagai sarana penilaian terhadap hasil kerja peserta didik. Dapat juga digunakan untuk berinteraksi dengan pengguna dan peserta lainnya (Miliatama, 2019 : 77).

Dengan Class Room, penulis dapat membuat kelas serta membagi kode kelas kepada peserta didik untuk bergabung dalam pembelajaran PPKN dalam KD, Hakekat Bangsa dan Negara. Adapun langkah-langkah yang ditempuh siswa SD Negeri 03 Majalangu – Watukumpul, untuk bergabung di kelas jika menggunakan aplikasi android, yaitu mengunduh aplikasi Google Class Room dan instal aplikasinya.

Baca juga:  Pemanfaatan Media Sosial pada Mapel IPS dengan Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Script

Penulis, sebagai guru kelas di SD Negeri 03 Majalangu Watukumpul memberikan kode kelas kepada peserta didik. Selanjutnya peserta didik diminta memasukan kode dasbord Class Room dan menggabung dengan kelas daya memilih tanda “ + ” dan pilih Join Class. Dengan demikian, peserta didik akan mengetahui tugas PPKN tentang KD Hakekat Bangsa dan Negara.

Adapun kelebihan menggunakan Google Class Room itu membantu siswa dalam mengikuti pembelajaran PPKN, tentang Hakekat Bangsa dan Negara. Peserta didik juga merasa senang dan semangat mengikuti pembelajaran PPKN saat masa pandemi Covid-19. Dengan berbagai kelebihan Google Class Room itu sangat membantu guru dan siswa tetap berhubung walau tidak bertemu secara langsung. Guru dapat membuat materi PPKN dan siswa dapat mengakses melalui gawai masing-masing dimana saja dan kapan saja. Dan akhirnya penulis berdoa semoga pandemi Covid-19 segera dapat berakhir dan pembelajaran kembali normal, kembali ke pembelajaran tatap muka dengan tetap berpedoman pada protokol kesehatan pada era New Normal. (bw1/zal)

Baca juga:  Solusi Mengasah Kemampuan Berbahasa Inggris melalui Metode Phonetic

Guru Kelas SDN 03 Majalangu, Pemalang.

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya