alexametrics

PJJ Materi Pengukuran Mudah dengan Power Point dan Video

Oleh: Endang Pramudyawardai, S.Pd.

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Delapan bulan sudah pembelajaran tatap muka ditiadakan karena pandemi Covid-19. Sebagai gantinya, proses pembelajaran dilaksanakan secara online atau Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Salah satu tantangan bagi guru dalam PJJ adalah memilih media yang dapat digunakan untuk menjelaskan materi pembelajaran yang mudah dipahami oleh peserta didik. Dalam pembelajaran tatap muka, guru dapat mengajak peserta didik bermain ataupun langsung mengajak peserta didik untuk terjun ke lapangan. Namun, dengan pembelajaran jarak jauh seperti sekarang ini, tentu cara tersebut akan lebih susah untuk dilaksanakan.

IPA merupakan mata pelajaran yang banyak praktiknya. Salah satunya pada materi pengukuran di kelas VII. Pada materi pengukuran, siswa dikenalkan macam-macam alat ukur dan cara penggunaannya dengan benar. Dalam pembelajaran secara tatap muka, siswa diajak pembelajaran di laboratorium untuk langsung praktik penggunaan alat ukur. Seperti mistar, neraca, jangka sorong, mikrometer skrup dan thermometer. Dengan pembelajaran jarak jauh ini tentunya mengalami kendala dalam praktik pengukuran, karena tidak tersedianya alat-alat ukur tersebut di rumah masing-masing siswa.

Baca juga:  PTM dan PJJ Kimia Asyik dengan Power Point dan Google Meet

Melihat fenomena seperti ini, guru sebagai pendidik harus mampu menghadapi tantangan dengan berkreasi dan berpikir untuk mencari solusi metode pembelajaran di masa pandemi yang cocok dengan kondisi peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Patebon. Salah satu metode pembelajaran yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkannya model pembelajaran yang mengombinasikan power point dan video. Melalui penggunaan media pembelajaran daring yang disajikan dalam bentuk power point dan video, diharapkan proses pembelajaran akan menyenangkan, tidak membosankan, dan mudah dipahami oleh peserta didik yang pada akhirnya hasil belajar peserta didik dapat meningkat.

Microsoft Power Point merupakan sebuah software yang dibuat dan dikembangkan oleh perusahaan Microsoft, dan merupakan salah satu program berbasis multimedia. Di dalam komputer, biasanya program ini sudah dikelompokkan dalam program Microsoft Office. Program ini dirancang khusus untuk menyampaikan presentasi, baik yang diselenggarakan oleh perusahaan, pemerintahan, pendidikan, maupun perorangan, dengan berbagai fitur menu yang mampu menjadikannya sebagai media komunikasi yang menarik. Penggunaan media power point adalah salah satu alat bantu yang digunakan pada saat proses pembelajaran berlangsung. Dengan penggunaan media power point akan memudahkan siswa dalam memahami materi yang disampaikan. Penggunaan media power point tentunya juga akan menarik perhatian siswa karena ada permaianan warna, huruf, animasi teks maupun animasi gambar atau foto dalam slide power point. Pembelajaran yang menarik seperti ini akan menjadikan pembelajaran yang sangat menyenangkan (Menurut Nur Rokhman & Agus Murdyastomo (2005: 83). Sedangkan video adalah media yang dapat memperlihatkan gambar, disertai dengan suara, dan ditampilkan pada saat yang bersamaan (Sukiman).

Baca juga:  Belajar Lompat Jauh Gaya Jongkok dengan Bermain Engklek

Dalam proses pembelajaran jarak jauh dengan menerapkan media power point dan video ini, siswa dapat melihat tayangan power point yang di dalamnya sudah terdapat sebuah video pembelajaran. Diharapkan siswa dapat memahami materi pengukuran, dan dapat menyelesaikan permasalahan yang diberikan oleh guru. Selain itu, peserta didik dapat merangkum materi yang sudah tertera di dalam power point tersebut.

Dengan menggunakan model pembelajaran power point dan video, membuat siswa melaksanakan tugas dengan antusias. Ini dilihat dari absen dan pengumpulan tugas materi pengukuran. Pun dengan hasil ulangan harian, dihasilkan nilai yang sangat memuaskan mencapai 85 persen, melampaui batas tuntas. Dari capaian nilai harian dapat disimpulkan bahwa peserta didik merasa senang dan tertarik untuk belajar IPA dengan media power point dan video. Sehingga pembelajaran jarak jauh berbasis daring sesuai harapan semua pihak. (bw1/aro)

Baca juga:  Modifikasi Sarana Bola Plastik Dapat Meningkatkan Passing Bawah Bola Voli

Guru IPA SMP Negeri 2 Patebon, Kabupaten Kendal

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya