alexametrics

Kreativitas Guru di Masa Pandemi, Kuatkan Motivasi Belajar Siswa

Oleh : Wisnu Laksono Jati

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, GURU memiliki peran sebagai pengajar dan pendidik. Guru bertugas menyiapkan rencana pembelajaran, menyajikan program sampai melakukan evaluasi ketuntasan program pengajaran. Guru juga berkewajiban membekali peserta didik dengan nilai-nilai karakter dan tingkah laku yang baik.

Permasalahan yang dialami para peserta didik di sekolah seringkali tidak dapat dihindari, meski dengan proses belajar dan pembelajaran yang sangat baik. Hal tersebut disebabkan oleh sumber-sumber permasalahan dan pergumulan hidup peserta didik, baik yang timbul dari lingkungan sekolah maupun yang disebabkan oleh hal-hal di luar sekolah.

Dalam hal ini, permasalahan dan pergumulan peserta didik tidak boleh diabaikan begitu saja. Masalah yang dihadapi oleh peserta didik, bisa soal pelajaran, berkaitan moral, karakter, budi pekerti peserta didik. Apabila para peserta didik tersebut belajar sesuai dengan kehendak sendiri, dalam arti tanpa aturan yang jelas, maka upaya belajar peserta didik tersebut tidak dapat berjalan dengan efektif. Apalagi tantangan kehidupan sosial dewasa ini, semakin kompleks. Yakni pemahaman nilai-nilai spiritual, moral, dan karakter. Akibat hal tersebut, timbul masalah-masalah yang berkaitan dengan pergaulan yang tidak sehat, terjadinya perkelahian, pengaruh narkoba, luka batin, dan lainnya.

Baca juga:  Keadilan Lebih Jelas dengan Discovery Learning

Di sinilah kehadiran guru diperlukan untuk mendampingi mereka agar menyadari kekeliruan atau kekurangannya. Tanggung jawab guru adalah membantu peserta didik agar dapat mengembangkan potensi yang dimilikinya secara maksimal. Potensi peserta didik yang harus dikembangkan bukan hanya menyangkut masalah kecerdasan dan keterampilan, melainkan menyangkut seluruh aspek kepribadian. Sehubungan hal tersebut, guru tidak hanya dituntut memiliki pemahaman atau kemampuan dalam bidang belajar dan pembelajaran, tetapi juga dalam bidang memberi dorongan untuk mencapai tujuan dan berkerja sama dengan orang-orang yang berada di sekitarnya.

Mengingat pentingnya guru terhadap perkembangan peserta didik, maka seorang guru harus terus berkembang dari masa ke masa. Tidak hanya pelajaran di kelas, tetapi guru harus aktif di dalam meningkatkan kemampuan dirinya dalam memajukan diri supaya dapat menjawab tantangan di dalam dunia pendidikan. Seorang guru terus mengasah kemampuan dalam mendidik peserta didik agar dapat menyesuaikan dengan tuntutan zaman, di samping kreatif dalam model dan metode pembelajaran. Sehingga menciptakan suasana kelas yang menyenangkan bagi peserta didik. Oleh karena itu, guru harus terus menerus disempurnakan.

Baca juga:  Tingkatkan Motivasi Belajar lewat Apresiasi Seni Tari

Pada saat ini pandemi Covid-19, mengakibatkan terjadinya perubahan dalam kebijakan dalam pelaksanaan pendidikan. Kebijakan belajar di rumah menjadi tantangan, karena harus mengubah cara kebiasaan dan perilaku guru serta peserta didik dalam proses belajar mengajar selama ini. Kebijakan ini tentunya menuntut banyak penyesuaian. Tidak ada yang siap menghadapi kondisi ini. Guru dituntut menemukan pola yang tepat sebagaimana pembelajaran dari rumah bisa berjalan optimal. Oleh karena itu, guru harus berani melakukan pembaharuan diri di dalam meningkatkan pengetahuannya terhadap kemajuan zaman dan belajar terus menerus karena kemajuan pengetahuan terus berkembang. Pembaharuan diri terus menerus terjadi dalam diri guru.

Perlu disadari, guru juga memiliki kekurangan dan kelemahan. Karena itu, guru perlu melakukan perubahan terus menerus supaya bisa bekerja membangun peserta didik yang seutuhnya secara baik. Karena itu, dalam melaksanakan tugas mendidik, guru perlu membangun kerja sama dengan berbagai pihak supaya menjadi generasi penerus bangsa. (*/ida)

Baca juga:  Dilema Pendidikan di Saat Covid-19

Guru SLB Negeri Salatiga

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya