alexametrics

Melirik PPDB Online di SMPN 4 Sragi Kabupaten Pekalongan

Oleh : Titik Sulistiyaningrum, S.Pd., M.A.P

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Maraknya wabah Covid-19 Indonesia meresahkan berbagai kalangan masyarakat termasuk di dunia pendidikan. Para orang tua resah dengan adanya pendemi ini. Mereka khawatir datang ke sekolah untuk mendaftarkan anaknya, takut tertular Covid 19, termasuk di SMPN 4 Sragi Kabupaten Pekalongan yang masuk di zona merah.

Oleh karena itu pemerintah menyiasatinya dengan melaksanakan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online untuk semua sekolah di Kabupaten Pekalongan termasuk di SMPN 4 Sragi.

Berdasarkan keputusan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pekalongan No. 422.1/0682/2020 tentang Petunjuk Teknis Penerimaan Peserta Didik (PPDB) Kabupaten Pekalongan Tahun Pelajaran 2020/2021, bahwa di Kabupaten Pekalongan pelaksanaan PPDB tahun pelajaran 2020/2021 dilaksanakan secara online.

PPDB secara daring (online) merupakan penerimaan peserta didik baru melalui media internet yang dilaksanakan dengan mekanisme dalam jaringan. Sedangkan tujuan dan azas dalam pelaksanaan PPDB antara lain : PPDB bertujuan memberikan pelayanan bagi calon peserta didik untuk memasuki satuan pendidikan secara tertib, terarah dan berkualitas. Sedangkan azaz dari PPDB antara lain : satu, objektif artinya bahwa PPDB harus memenuhi ketentuan umum yang diatur dalam peraturan bupati. Dua, transparan artinya pelaksanaan PPBD bersifat terbuka dan dapat diketahui oleh masyarakat termasuk orang tua siswa, untuk menghindarkan penyimpangan yang mungkin terjadi. Tiga, akuntabel artinya PPDB dapat dipertanggungjawabkan kepada masyarakat, baik prosedur maupun hasilnya. Empat, tidak diskriminatif artinya setiap warga negara yang berusia sekolah dapat mengikuti PPDB tanpa membedakan suku daerah asal, agama dan golongan.

Baca juga:  Belajar Pecahan Lebih Mudah melalui Blok Pecahan

Adapun tata cara mendaftar PPDB secara online tahapannya sebagai berikut : satu, pendaftaran PPDB dilakukan di website PPDB daring http://dindikbud.pekalongankab.go.id/ppdp. Dua, pendaftaran dapat dilakukan secara individu maupun kolektif. Tiga mengisi form pendaftaran, empat mencetak berkas pendaftaran dan yang kelima melakukan verifikasi berkas ke sekolah.

Persyaratan calon peserta didik antara lain membawa formulir pendaftaran, menunjukkan ijazah, menyerahkan satu lembar fotocapy ijazah yang telah dilegalisasi, menyerahkat foto copy kartu keluarga, piagam bagi yang memiliki serta foto ukuran 3 x 4 sebanyak 2 lembar.

PPDB online ini yang pertama dilaksanakan di SMPN 4 Sragi di tahun pelajaran 2020/2021, perlu adanya kerja keras bagi panitia PPDB SMPN 4 Sragi Kabupaten Pekalongan. Karena adanya permasalahan calon pendaftar tidak memiliki fasilitas dalam melakukan pendaftaran secara online. Panitia membantu calon peserta didik untuk mendaftar secara online tentunya sesuai dengan protokol kesehatan. Para calon paserta didik diwajibkan memakai masker cuci, tangan dengan sabun dan jaga jarak.

Baca juga:  Film Dokumenter Tingkatkan PJJ Materi Peristiwa Rengasdengklok

SMPN 4 Sragi Kabupaten Pekalongan masih diminati dengan terbukti dari kuota 128 siswa terdapat 130 siswa pendaftar. Dari hasil PPDB online SMPN 4 Sragi Kabupaten Pekalongan akhirnya dapat menerima siswa sebanyak128 siswa.

Ternyata dengan menggunakan strategi PPDB online di SMPN 4 Sragi Kabupaten Pekalongan bisa berjalan dengan lancar dan bisa menarik banyak siswa untuk memenuhi kuota yang tersedia. (bp1/lis)

Kepala SMPN 4 Sragi, Kabupaten Pekalongan.

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya