alexametrics

Google Sites sebagai Sarana E-Learning di Masa Pandemi

Oleh: Fitriana Argafy, S. Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SUDAH lebih dari enam bulan terakhir ini pandemi Covid-19 yang melanda dunia berdampak terhadap perubahan aktifitas belajar-mengajar. Tak terkecuali di negeri ini, sejak bulan Maret aktifitas pembelajaran daring (online learning) menjadi sebuah pilihan kementerian pendidikan dan kebudayaan untuk mencegah penyebaran virus Covid-19 yang semakin meluas.
Sebagai seorang pendidik di SMPN 1 Kajen harus bisa menyikapi perubahan pada strategi dan metode pembelajaran di kelas. Pembelajaran daring yang belum dipersiapkan secara matang ini tentu berdampak terhadap metode pembelajaran yang dilakukan oleh para tenaga pendidik. Demikian pula penerimaan atas pembelajaran dari para peserta didik pun sangat beragam, seringkali tidak memahami materi maupun penyampaian dari guru.

Salah satu media pembelajaran berbasis teknologi yang dapat dijadikan sebagai penunjang pada media yang sudah ada adalah dalam bentuk e-learning (pembelajaran elektronik). E-learning dapat menciptakan sebuah ruang digital pembelajaran, dimana peserta didik dapat mengakses materi dari berbagai sumber tanpa dibatasi ruang dan waktu. Ditambah lagi jika terdapat hal-hal yang tidak memungkinkan untuk melakukan pembelajaran di dalam kelas, contohnya seperti ketika sedang terjadi pandemic Covid-19 seperti sekarang ini.

Baca juga:  Eksperimen Mandiri IPA di Masa Pandemi

Materi Gerak Benda dan Makhluk Hidup di Lingkungan Sekitar merupakan materi kelas VIII pada awal semester 1. Materi ini merupakan materi yang terdiri dari gabungan dari materi fisika yang terdapat rumus-rumus dan materi biologi. Untuk membantu dan memudahkan peserta didik memahami konsep gerak benda dan memudahkan mengingat materi gerak pada makhluk hidup. Maka dibuatlah e-learning dengan menggunakan google site.

Google sites adalah salah satu media webstite yang bisa dimanfaatkan dalam proses pembelajaran. Google sites adalah salah satu produk dari google sebagai tools untuk membuat situs. Pengguna dapat memanfaatkan google sites karena mudah dibuat dan dikelola oleh pengguna awam (Harsanto, 2012). Untuk memaksimalkan performa google sites dalam e-learning. Ada beberapa tools tambahan, diantaranya adalah google formulir, google classroom, google slide. Dengan fitur-fitur yang ditawarkan, google sites dapat menunjang efektifitas pembelajaran jarak jauh.

Baca juga:  Menuju Sekolah Efektif

Manfaat google sites sebagai media pembelajaran, materi termuat dalam situs e-learning, sehingga peserta didik dapat mempelajari kapan saja dan dimana saja, tanpa harus membawa buku pelajaran, materi yang termuat telah tersusun berurutan, sehingga peserta didik dapat mempelajari sesuai dengan kemampuannya, situs e- learning memuat tes yang bisa dikerjakan peserta didik, baik di awal pembelajaran (pre test) dan evaluasi di akhir pembelajaran (post test), dengan mengerjakan test melalui peserta didik bisa melihat jawaban dan skor yang ditampilkan pada google form, dengan mudah guru dapat mencantumkan video untuk memudahkan pemahaman peserta didik, peserta didik dapat membuat portofolio tugas individu, peserta didik dapat bekerja sama dengan siswa di seluruh dunia untuk berbagi ide dan membicarakan ide-ide mereka.

Baca juga:  Alga Pasir Tingkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Listrik Dinamis

Adapun kendala yang biasa dialami oleh peserta didik di SMPN 1 Kajen yaitu keterbatasan sinyal dan kuota internet, tetapi hal tersebut segera bisa diatasi dengan bantuan kuota internet dari Kemendikbud. Sehingga dengan adanya bantuan kuota tersebut diharapkan peserta didik bisa mengikuti pembelajaran daring dengan lancar dan ketercapaian kegiatan belajar daring bisa dioptimalkan. (bp1/zal)

Guru SMPN 1 Kajen, Kabupaten Pekalongan

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya