alexametrics

Model CORE Tingkatkan HB Prakarya Siswa

Oleh : Titik Hadiwiyani S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, MATERI prakarya diambil dari kehidupan nyata di lingkungan masyarakat. Namun karena materinya kompleks, kerap dianggap pelajaran yang mudah dan membosankan. Banyak siswa kurang antusias, daya kreatif rendah, bahkan acuh tak acuh. Hal ini karena strategi pembelajaran dan penyampaian materi kurang menarik, metode kurang bervariasi sehingga berdampak pada penurunan hasil belajar (HB) siswa.

Karena itu, penulis berupaya meningkatkan HB siswa pada pelajaran prakarya dengan model pembelajaran CORE. Menurut Ngalimun (2015:238) model CORE merupakan model pembelajaran yang mempunyai empat komponen atau tahapan yaitu Connecting (koneksi informasi lama dan baru dan antarkonsep), Organizing (mengorganisasi ide untuk memahami materi), Reflecting (memikirkan kembali, menggali dan menjelaskan kembali), Extending (mengembangkan, memperluas dan menemukan).

Hal ini senada dengan pendapat Trianto (2010:38) bahwa pembelajaran dapat bermakna jika mengaitkan informasi baru dengan konsep-konsep yang sudah ada dalam struktur kognitif peserta didik. Dengan demikian model pembelajaran CORE dapat menghindarkan keadaan DDCH (Duduk Dengar Catat dan Hapal).

Baca juga:  Kreasikan Sabun Cair Higienis di Tengah Pandemi

Pelaksanaan pembelajaran di kelas VIII A SMPN 1 Bejen, Kabupaten Temanggung pada mata pelajaran prakarya materi pengolahan bahan pangan serealia, kacang-kacangan, dan umbi-umbian dengan model CORE sebagai berikut, 1) guru mengelompokkan siswa secara heterogen, dipilih satu siswa yang mempunyai kemampuan lebih baik untuk menjadi tutor sebaya dalam setiap kelompok berdasarkan hasil belajar materi sebelumnya. 2) Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan materi terkait pengolahan bahan pangan. 3) Siswa diminta mencari informasi lebih mendalam tentang pengolahan bahan pangan serealia, kacang-kacangan, dan umbi-umbian dengan diskusi yang dipimpin tutor sebaya. Agar dapat berperan serta, siswa harus mengingat dan menggunakan konsep yang dimilikinya untuk menghubungkan dan menyusun ide-idenya (Connecting). 4) Tutor sebaya mengarahkan teman-teman dalam kelompoknya untuk mengorganisasikan informasi-informasi yang diperoleh, seperti konsep apa yang diketahui, apa yang dicari, dan keterkaitan antarkonsep yang ditemukan pada tahap Connecting untuk dapat membangun pengetahuannya (konsep baru) sendiri (Organizing). 5) Siswa memikirkan kembali informasi yang sudah didapat dan dipahaminya pada tahap Organizing untuk melangkah selanjutnya (Reflecting). 6) Siswa dapat memperluas pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh selama proses belajar mengajar berlangsung. Dengan cara menggunakan konsep yang telah didapatkan ke dalam situasi baru atau konteks yang berbeda sebagai aplikasi konsep yang dipelajari, baik dari suatu konsep ke konsep lain, bidang ilmu lain, maupun ke dalam kehidupan sehari-hari (Extending). 7) Siswa mempresentasi hasil diskusi kelompok, kelompok lain menanggapi. 8) Guru memberikan refleksi dan penguatan.

Baca juga:  Mudah Memahami Materi Waris dengan Keris

Penerapkan model CORE membuat siswa tidak bosan karena dapat terhubung dengan materi sebelumnya dan aktif dalam belajar. Melatih daya ingat siswa tentang suatu konsep/informasi. Melatih aktivitas daya pikir kritis siswa terhadap suatu masalah dan memberikan siswa peluang memperluas pembelajaran yang bermakna, sehingga siswa termotivasi mengikuti pembelajaran prakarya. Dalam diskusi mereka saling bersaing untuk mengingat dan terhubung dengan materi/praktik sebelumnya untuk menuangkan konsep dan ide-ide barunya. Siswa dituntut aktif dan kreatif agar dapat memperluas pengetahuan dan keterampilannya. Aktivitas memperluas pengetahuan menggunakan model CORE memungkinkan siswa belajar lebih rileks, menumbuhkan tanggung jawab, kerjasama, persaingan sehat dan keterlibatan belajar, sehingga hasil belajar meningkat. (pai2/ida)

Baca juga:  Peran Guru BK dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19

Guru Prakarya SMPN 1 Bejen, Kabupaten Temanggung

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya