alexametrics

Efektivitas Cooperative Learning Tipe Jigsaw II terhadap Pembelajaran IPA

Oleh : Umi Khanifah, S. Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, PENDIDIKAN pada dasarnya merupakan interaksi antara pendidik dengan peserta didik untuk mencapai tujuan pendidikan yang berlangsung dalam lingkungan tertentu. Interaksi ini disebut interaksi pendidikan yaitu saling pengaruh antara pendidik dengan peserta didik. Interaksi dan komunikasi timbal balik antara guru dan peserta didik merupakan ciri dan syarat utama bagi berlangsungnya proses belajar mengajar. Perlu lebih dipahami bahwa interaksi dalam proses belajar mengajar tidak sekedar hubungan komunikasi antara guru dan peserta didik tetapi merupakan interaksi edukatif yang tidak hanya penyampaian materi pelajaran melainkan juga menanamkan sikap dan nilai pada peserta didik yang sedang belajar.

Dalam konteks pendidikan, salah satu masalah yang dihadapi dunia pendidikan kita adalah masalah lemahnya proses pembelajaran. Dalam proses pembelajaran, anak kurang didorong untuk mengembangkan kemampuan berpikir. Proses pembelajaran di kelas diarahkan kepada kemampuan anak untuk menghafal informasi. Otak anak dipaksa untuk mengingat dan menimbun berbagai informasi tanpa dituntut untuk memahami informasi yang diingatnya itu untuk menghubungkannya dengan kehidupan sehari-hari. Tentu saja, proses belajar mengajar sesungguhnya bukanlah semata kegiatan menghafal. Karena banyak hal yang kita ingat akan hilang dalam beberapa jam. Seorang guru tidak dapat serta merta menuangkan sesuatu ke dalam benak para anak didiknya. Peserta didik bukanlah sebuah botol kosong yang bisa diisi dengan muatan-muatan informasi apa saja yang dianggap perlu oleh guru. Selain itu, alur proses belajar tidak harus berasal dari guru menuju peserta didik. Peserta didik bisa juga saling mengajar dengan sesama peserta didik lainnya sehingga perlu adanya perubahan paradigma dalam menelaah proses belajar peserta didik dan interaksi antara peserta didik dan guru.

Baca juga:  Pembelajaran Kooperatif dalam Matematika

Dalam konsep pengajaran IPA di Sekolah Dasar Negeri 04 Gombong, sudah saatnya guru membuka paradigma baru dalam pola pengajaran di kelas. Kegiatan pembelajaran dilakukan dengan mengaitkan antara pengembangan diri dengan proses pembelajaran di kelas melalui pengalaman-pengalaman belajar yang inovatif, menantang dan menyenangkan. Pada saat ini banyak dikembangkan model-model pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang dapat mengakomodasi kepentingan untuk mengkolaborasikan pengembangan diri di dalam proses pembelajaran adalah “Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw II”. Model pembelajaran kooperatif menerapkan ide bahwa peserta didik bekerja sama untuk belajar dan bertanggung jawab terhadap pembelajaran teman sekelompoknya juga bertanggung jawab atas pembelajarannya sendiri. Sedangkan jigsaw II merupakan salah satu tipe model pembelajaran kooperatif yang dapat digunakan apabila bahan yang akan dipelajari berbentuk naratif tertulis. Model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw II ini diaplikasikan pada Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Dalam jalannya aktifitas pembelajaran materi pokok tersebut dijadikan sebagai bahan belajar dengan bentuk narasi tertulis yang terangkum dalam lembar ahli, yaitu suatu rangkuman topik pembelajaran sebagai jawaban dari pertanyaan-pertanyaan lembar ahli.

Baca juga:  Menghafal Ciri-Ciri Makhluk Hidup dengan Metode Bernyanyi

Melalui pembelajaran kooperatif diharapkan dapat meningkatkan berpikir peserta didik dan motivasinya dalam aktifitas belajar mengajar IPA di kelas. Pembelajaran kooperatif merupakan salah satu model pembelajaran yaitu siswa belajar dalam kelompok kecil yang heterogen dan dikelompokkan dengan tingkat kemampuan yang berbeda. Jadi dalam setiap kelompok terdapat peserta didik yang mempunyai kemampuan rendah, sedang, dan tinggi. Sedangkan jigsaw II merupakan bentuk adaptasi dari jigsaw yang dikembangkan oleh Slavin dimana materi yang akan dipelajari dalam bentuk narasi tertulis. Model pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw II ini sebagai bahan kajian yang dikaitkan dengan mata pelajaran IPA. (pai2/zal)

Guru SDN 04 Gombong, Pemalang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya