alexametrics

Belajar Matematika menyenangkan di Era Covid-19

Oleh : Sapto Winarno, S. Pd.

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Implementasi pembelajaran matematika cukup menyulitkan siswa dan guru saat pandemi Covid-19 di SMP Negeri 1 Semarang, apalagi siswa harus belajar dari rumah. Belajar jarak jauh di rumah berarti orang tua memiliki peran penting untuk memantau kegiatan anak di rumah selama sekolah dari rumah. Apalagi kalau siswa diajak belajar matematika melalui system daring (dalam jaringan). Sudah saatnya guru meninggalkan proses pembelajaran yang mengutamakan hafalan atau menemukan satu jawaban soal yang benar. Metode pembelajaran era globalisasi butuh pemanfaatan teknologi untuk pengembangan media dan multimedia pembelajaran matematika.

Setelah era Revoluasi 4.0, maka ada era Revolusi 5.0, seorang pendidik harus bisa memanfaatkan dan menggunakan teknologi dengan baik dan benar, sehingga pembelajaran matematika tetap menyenangkan. Seperti halnya membuat video pembelajaran animasi yang unik atau game matematika yang menarik. Dengan demikinan minat siswa SMP Negeri 1 dalam hal ini siswa kelas VIII.B untuk menyukai matematika semakin tinggi, karena peran teknologi dapat mengubah dunia yang biasa menjadi luar biasa.

Baca juga:  Merehabilitasi Perilaku Menyimpang melalui Pendekatan Ekletik

Ada beberapa solusi pembelajaran Matematika di Era Covidd-19. (1) Menjelaskan situasi yang terjadi saat ini kepada pada anak dan siswa tentang social distancing dan aktivitas di rumah. Berikan pemahaman bahwa anak dan siswa tetap harus belajar di rumah. Berikan penjelasan bahwa belajar di rumah merupakan salah satu bentuk pencegahan penularan virus corona. Tempat ramai seperti sekolah dan juga ruang publik lainnya dapat meningkatkan potensi penularan virus. (2) Saling koordinasi secara online antara orang tua dengan guru dan sekolah. Orang tua harus aktif menanyakan kepada guru mengenai materi yang harus dipelajari anak, metode pembelajaran yang akan digunakan, dan tugas apa saja yang harus dikerjakan oleh siswa. Orang tua perlu berkoordinasi aktif dengan pihak sekolah.

Baca juga:  Asyiknya Belajar Matematika dengan Snowball Throwing Berbantu Papan Pengurangan

Begitu juga guru dan sekolah dengan orang tua harus saling memberitahukan atas perkembangan anak selama belajar di rumah agar guru dapat mengantisipasi langkah pembelajaran selanjutnya dan sekolah memberikan arahan yang tepat dalam melaksanakan proses pembelajaran di era Covid-19. (3) Manfaatkan media pembelajaran daring, salah satunya adalah pembelajaran dalam bentuk video yang di-upload ke channel Youtobe. Banyak sekali video pembelajaran di platform youtobe yang mudah untuk diperhatikan ketika pembelajaran berlangsung. Lewat youtobe guru bisa siaran langsung di channelnya tetapi dengan syarat harus 1000 subscribers baru bisa siaran langsung. Guru bisa pula membuat video pembelajaran berbasis animasi kartun atau presentasi matematika ketika mengajar di kelas VIII.B SMP Negeri 1 Semarang dengan suasana belajar yang nyaman dan menyenangkan. Kegiatan pembelajaran diselingi dengan aktivitas yang nyaman untuk bekerja dan belajar di rumah. Belajar matematika di rumah sangat membosankan apabila tidak diselingi dengan aktivitas lain yang menyenangkan. Yaitu berilah kebebasan dan keleluasaan anak untuk bereksplorasi. Orang tua bisa mengajak anak belajar di ruang keluarga atau pekarangan rumah untuk mendapatkan udara yang terbuka. Sesekali orang tua memberikan hadiah kepada anak apabila sudah menyelesaikan tugas dengan baik. (*/ton)

Baca juga:  Belajar Matematika Anti Depresi di Tengah Pandemi

Guru Matematika SMP 1 Semarang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya