alexametrics

Menyajikan Berita Lebih Menarik dengan Aplikasi Canva

Oleh : Muhamat Sulkan S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, PANDEMI Covid-19 belum menunjukkan tanda-tanda berakhir. Hal itu memaksa guru melaksanakan pembelajaran jarak jauh (PJJ). Peserta didik semakin merasa bosan dan tertekan karena belajar mandiri di rumah. Guru terus dituntut berinovasi dan berkreasi agar peserta didik lebih semangat dalam belajar.

Salah satu usaha guru membangun semangat siswa dengan menggunakan aplikasi Canva dalam pembelajaran. Canva dapat membantu peserta didik membuat desain tanpa perlu meng-install aplikasinya. Di dalam tools Canva terdapat banyak desain dan animasi yang mudah dan cepat diedit tanpa perlu merancang dari awal. PJJ menggunakan aplikasi Canva dapat diterapkan dengan mengadaptasi sintaks pembelajaran group investigation.

Menurut Sharan (dalam Yasemin, 2010), group investigation merupakan suatu perencanaan serta pengorganisasian kelas secara umum di mana siswa bekerja dalam kelompok kecil menggunakan inkuiri kooperatif, diskusi kelompok, dan perencanaan kooperatif, dan proyek.

Baca juga:  Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerpen dengan Media Film Animasi

Langkah-langkah pembelajaran bahasa Indonesia yang menerapkan model group investigation melalui aplikasi Canva sebagai berikut, pertama, guru menyiapkan video pembelajaran berisi materi menyajikan berita dan langkah-langkah penggunaan aplikasi Canva yang telah diunggah di channel youtube. Kedua, saat jadwal pembelajaran daring tiba, peserta didik diingatkan untuk bergabung di kelas online melalui Whatsapp atau lainnya. Kemudian guru membuka pelajaran dengan mengajak berdoa dilanjutkan menyampaikan daftar hadir online. Guru mengingatkan agar peserta didik selalu menjaga kesehatan dan mematuhi protokol kesehatan. Ketiga, peserta didik diberikan kesempatan untuk memahami materi dengan membuka channel youtube melalui link yang telah dibagikan. Berikutnya, peserta didik diajak berdiskusi atau diberi kesempatan bertanya jika ada hal yang belum dipahami. Keempat, guru membentuk kelompok yang terdiri atas empat siswa dengan latar belakang heterogen. Selanjutnya guru membagikan pokok materi di Whatsapp untuk dipilih oleh setiap kelompok. Misalnya pokok materi tentang berita kesehatan, cuaca, ekonomi, dan politik. Setiap peserta didik di dalam satu kelompok diberikan tugas berbeda untuk mencari informasi berdasarkan unsur-unsur pokok berita 5W+1H. Satu peserta didik bisa memperoleh tugas satu atau dua unsur pokok berita. Kelima, peserta didik bersama-sama merencanakan kegiatan untuk menyelidiki topik sesuai pilihan masing-masing. Peserta didik mengumpulkan informasi, menganalisis data, dan membuat kesimpulan terkait dengan permasalahan yang diselidiki. Selanjutnya, dari semua informasi yang diperoleh, peserta didik menyusun kalimat-kalimat berita. Keenam, guru memberikan akun gmail dan sandinya kepada setiap kelompok. Setiap peserta didik dalam satu kelompok diberikan akun dan sandi yang sama. Kemudian peserta didik membuka aplikasi Canva di Google menggunakan akun dan sandi tersebut. Masing-masing peserta didik mengisi template yang sama dengan berita masing-masing yang telah disusun sebelumnya. Ketujuh, template Canva yang sudah diisi berita lengkap oleh peserta didik di-download dalam bentul file pdf. File dikirim ke Whatsapp grup kelas. Peserta didik lain menggapi hasil teks berita dari kelompok lain. Guru memberi penguatan terkait dengan materi yang telah dipelajari.

Baca juga:  Contextual Teaching and Learning pada Sujud Sunah

Dalam kegiatan penutup, guru memberikan soal latihan. Siswa dengan hasil teks berita terbaik diberi reward. Hasilnya, siswa kelas VIII MTs Sholihiyyah Kalitengah, Mranggen, Kabupaten Demak lebih bersemangat mengikuti PJJ. Dengan demikian, hasil belajar siswa dapat lebih meningkat. (fbs2/ida)

Guru Bahasa Indonesia MTs Sholihiyyah Kalitengah, Mranggen, Kabupaten Demak

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya