alexametrics

Belajar Menulis Cerita Fantasi melalui Aplikasi Wattpad

Oleh: Mutamimah, S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Pandemi virus Covid-19 telah mengubah banyak sektor dalam kehidupan manusia. Dan salah satu sektor yang paling terdampak adalah sektor pendidikan. Proses belajar mengajar untuk sementara waktu tidak lagi dilakukan secara tatap muka melainkan dilakukan secara daring atau online

Untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia, salah satu kompetensi yang harus dimiliki siswa adalah kemampuan dalam menyajikan gagasan kreatif dalam bentuk cerita fantasi sesuai dengan KD 4.4 (Menyajikan gagasan kreatif dalam bentuk cerita fantasi secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur dan penggunaan Bahasa). Siswa diharapkan mampu memunculkan ide dan kreatifitas mereka untuk membuat cerita fantasi kemudian mempublikasikan atau mempresentasikannya.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), cerita adalah tuturan yang membentangkan bagaimana terjadinya suatu hal (peristiwa, kejadian, dan sebagainya). Sedangkan fantasi adalah gambar atau bayangan atau khayalan pada angan-angan manusia. Sedangkan menurut Kemdikbud (2017, hal. 44), cerita fantasi adalah salah satu genre teks narasi yang memiliki kisah yang penuh imajinasi dan khayalan yang melebihi realita atau kenyataan dan terkesan tidak masuk akal. Saat ini, cerita fantasi telah menjadi salah satu jenis genre cerita yang memiliki banyak penggemar, mulai dari yang berbentuk cerita pendek, hingga novel. Bahkan novel dengan genre fantasi dengan isi yang tidak masuk akal banyak yang telah menjadi novel-novel bestseller dunia, seperti Alice’s Adventure in Wonderland, Mary Poppins, The Chronicles of Narnia, hingga Harry Potter.

Baca juga:  Write Around, Kiat Cerdas Menulis Puisi Bebas

Menulis cerita bergenre fantasi sendiri memiliki manfaat bagi siswa, seperti menumbuhkan imajinasi siswa hingga menggali potensi dan bakat menulis siswa yang mungkin terpendam. Di era pandemi seperti ini, salah satu platform yang dapat digunakan guru dan siswa sebagai media untuk belajar menulis dan mempublikasikan cerita fantasi adalah Wattpad. Wattpad adalah sebuah platform atau layanan situs web dan aplikasi smartphone baik android maupun iOS yang berfungsi untuk menampung karya-karya dari penulis baik amatir maupun profesional. Ada beragam jenis karya yang bisa diterbitkan di Wattpad, mulai dari cerita pendek, puisi, artikel, hingga novel. Wattpad sendiri bisa diibaratkan sebagai miniatur perpustakaan yang terdapat pada gawai. Ada puluhan genre tulisan yang bisa ditemukan di aplikasi ini mulai dari fantasi, horor, humor, laga, misteri, spiritual, dan lain-lain.

Baca juga:  Konversikan Satuan Panjang dan Berat Berbantukan Bagan Tangga

Karena itu, Wattpad menjadi salah satu media yang cocok digunakan bagi guru dan siswa untuk belajar menulis cerita fantasi. Ada banyak kelebihan yang Wattpad miliki sebagai platform menulis online karena Wattpad memiliki beberapa fitur menarik seperti penyematan media misalnya foto, video YouTube hingga GIF atau gambar bergerak. Biasanya, fitur ini digunakan untuk membuat visualisasi tokoh atau latar cerita agar pengguna bisa lebih mudah mengimajinasikan cerita yang ditulis atau dibaca. Fitur lain yang dimiliki Wattpad adalah fitur pemberian vote dan komentar. Fitur ini dapat digunakan siswa untuk mengomentari atau memberi masukan pada tulisan siswa lainnya. Sehingga siswa dapat dengan mudah membaca hasil karya dan mengkritisi karya siswa lain. Kelebihan lain yang Wattpad miliki adalah aplikasi ini sangat user-friendly atau sangat mudah digunakan oleh siswa. Penggunaan platform ini sangat cocok digunakan untuk belajar menulis fiksi selama masa pandemi seperti saat ini. (bw1/ton)

Baca juga:  Media Termudah bagi Siswa SD pada PJJ adalah WhatsApp

Guru Bahasa Indonesia SMP Negeri 1 Suruh, Kab. Semarang.

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya