alexametrics

Peranan Media Daring dalam Pembelajaran Jarak Jauh

Oleh : Kurnia Wijayawati, S.S

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Di tengah situasi pandemi yang terjadi secara global, muncul beragam tantangan dalam semua aspek kehidupan. Pandemi Covid-19 yang semakin meluas di Indonesia saat ini memberikan perubahan besar dalam tatanan kehidupan kita. Salah satunya pada bidang pendidikan. Aktivitas pembelajaran di kelas yang biasanya berupa tatap muka, kini ditiadakan akibat pandemi Covid-19.

Sebagai gantinya adalah penerapan pembelajaran jarak jauh (PJJ) sesuai dengan adanya Surat Edaran No. 4 Tahun 2020 dari Menteri Pendidikan dan kebudayaan yang menganjurkan seluruh kegiatan di institusi pendidikan harus jaga jarak dan seluruh penyampaian materi akan disampaikan di rumah masing-masing.
Semua mata pelajaran disampaikan kepada para peserta didik dengan menggunakan bantuan teknologi. Pelajaran bahasa Inggris tentu saja tak luput dari hal tersebut. Bahasa Inggris diajarkan sebagai salah satu mata pelajaran di sekolah dengan tujuan berkomunikasi dasar serta menguasai empat skill berbahasa baik secara lisan (listening dan speaking) maupun tertulis (reading dan writing). Untuk itu pembelajaran difokuskan pada aktifitas komunikasi untuk mengembangkan kemampuan ini. Untuk aktifitas pembelajaran ini diperlukan materi yang bisa diterapkan dengan bantuan teknologi, salah satunya dengan menggunakan video pembelajaran.

Baca juga:  Belajar Jenis-Jenis Pekerjaan Lebih Seru melalui Ular Tangga

Perkembangan pendidikan saat ini dipengaruhi oleh pesatnya kemajuan teknologi informasi dan komunikasi. Seperti yang telah disampaikan oleh Keengwe & Georgina dalam penelitiannya bahwa perkembangan teknologi memberikan perubahan terhadap pelaksanaan pengajaran dan pembelajaran (Keengwe & Georgina, 2012).

Salah satu teknologi informasi yang ikut berperan dalam dunia pendidikan adalah pembelajaran daring (dalam jaringan) untuk pembelajaran jarak jauh (PJJ). Pembelajaran daring berfungsi sebagai penghubung antarpendidik dengan siswanya dengan jaringan internet yang dapat diakses kapan saja dan di mana saja. Media daring yang dapat digunakan dalam pembelajaran jarak jauh (PJJ) bermacam-macam jenisnya ada WhatsApp, Google Classroom, Microsoft 365,Telegram, Instagram, Facebook,Website, aplikasi Zoom dll.

Penggunanan media daring dalam PJJ merupakan suatu tuntutan yang harus diperhatikan agar materi pelajaran yang disampaikan kepada peserta didik dapat diterima dan dipahami. Di sekolah penulis, menerapkan pembelajaran jarak jauh menggunakan Google Classroom secara klasikal. Sehingga dalam penyampaian materinya dapat menggunakan berbagai jenis media sosial. Misalnya saja materi pembelajaran yang berupa skill listening and speaking, guru dapat menggunakan materi video pembelajaran dari YouTube maupun video karya kita sendiri, kemudian dalam penilaian keterampilan, peserta didik dapat praktik membuat video sesuai materi yang diajarkan dengan menggunakan beragam aplikasi video editing. Untuk memudahkan guru dalam penilaian, peserta didik diminta membuat saluran YouTube dan mengirimkan link tugas tersebut kepada kita. Demikian pula untuk materi percakapan baik transaksional maupun interpersonal, tugas praktik membuat video percakapan dalam masa pandemi ini sangatlah memungkinkan. Karena adanya proktokol kesehatan, tugas percakapan dapat dilakukan peserta didik sendiri namun berperan ganda, lagi-lagi kreativitas peserta didik dalam mengedit video diperlihatkan. Tugas-tugas tersebut dapat diupload di YouTube, kemudian guru diberikan link-nya untuk penilaian. Kalaupun mereka tidak memiliki akun YouTube, mereka dapat langsung mengirimkannya melalui platform yang ada di Google Classrom, atau pilihan terakhir adalah mengirimkan tugas melalui WhatsApp kepada gurunya langsung. Untuk tugas yang berupa skill reading dan writing, peserta didik dapat mengunggah karyanya dengan menggunakan media sosial berupa instagram, website ataupun media sosial yang lainnya selama bisa diakses dalam jaringan internet.
Sinergi yang baik antara guru dan peserta didik dapat membuat pembelajaran daring berjalan lancar dan menyenangkan sehingga tujuan pembelajaran tersebut terpenuhi. (pai1/lis)

Baca juga:  Home Study Teks Deskriptif dengan SAC Berbasis Android

Guru Bahasa Inggris SMAN 1 Wonotunggal, Kabupaten Batang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya