alexametrics

Pendekatan Frame Work Tpack dalam Pembelajaran Persamaan Linear Satu Variabel

Oleh: Sri Hastuti, S.Pd.

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, DUNIA kini sedang dilanda wabah Virus Corona. Hal ini memberikan efek luar biasa dalam segala bidang, termasuk bidang pendidikan. Untuk itu sistem pembelajaran yang sekarang dikenal PJJ. Sistem pembelajaran jarak jauh berupa pembelajaran dalam jaringan ( Daring ) atau pembelajaran online dan pembelajaran luar jaringan ( Luring ). Pembelajaran online akan membutuhkan fasilitas yang lebih dari pembelajaran langsung. Sebab setiap siswa harus mempunyai gawai, harus ada jaringan internet yang kuat dan mempunyai paket data internet.

Guru sebagai garda depan dalam pembelajaran menguprada kemampuannya untuk mendesain, melakukan, menilai dan merefleksikan pembelajaran dengan menerapkan prinsip – prinsip pembelajaran yang memotivasi visi dan memfasilitasi siswa menggunakan pengalaman dan lingkungan sosial sebagai sumber belajar untuk mengaktualisasi diri dalam skenario pembelajaran daring yang dikelolanya.

Ada 3 hal yang membuat pembelajaran secara virtual ini menarik. Pertama, fleksibilitas dalam artian khusus pembelajaran daring asinkron yaitu melalui vidio pembelajaran. siswa dapat memiliki sesuai kemampuannya dan kecepatannya waktu belajarnya. Ini membuat lebih fleksibel, siswa dapat mempunyai kesiapan mencari kapan waktu belajarnya. Kedua, ada banyak pilihan pembelajaran Virtual asalkan siswa mempunyai kemampuan dan ketersediaan teknologi.
Permasalahan utama yang dihadapi oleh siswa kelas VII SMP Negeri 4 Comal – Pemalang khususnya dalam pelajaran matematika adalah bagaiman menyampaikan pembelajran tersebut secara efektif. Oleh karena itu, penulis sebagai guru matematika di SMP Negeri 4 Comal – Pemalang, dalam mengajar KD pemebelajaran persamaan linear satu variabel di kelas VII semester I Tahun Ajar 2020/2021, mencoba menggunakan Frame Work TPACK.

Baca juga:  Belajar Asyik Menulis Puisi dengan Media Bank Kata

Ada salah satu Frame Work, bagaiman guru menyelenggarakan pembelajaran ini secara efektif, yaitu Technology, Pedagogik, Content, KnowLedge (TPACK) dari Kochler dan Misher (2019) Frame Work ini dapat digunakan sebagai acuan untuk keberhasilan penyelenggaraan pendidikan dalam pembelajran virtual.

Adapun langkah – langkah TPACK, adalah sebagai berikut : pertama, Technology dalam dua tahun kedepan teknologi yang kita pelajari akan berubah baik software maupun hardware. Untuk itu guru harus siap belajar sesuatu yang baru, khususnya teknologi bagi guru matematika SMP Negeri 4 Comal tidak menjadi masalah belajar sesuatu yang baru khususnya teknologi. Misalnya dengan memanfaatkan software matematika untuk membuat materi pembelajaran persamaan linear satu variabel secara virtual seperti Geo Gebra, animasi, power point, perekam layar dan lainnya.

Baca juga:  Pembelajaran Program Linear Seru dengan TPS

Kedua, kemudian dilihat dari unsur pedagogik, guru harus memilih yang akan ditampilkan supaya pemahaman siswa lebih baik. Misalnya, penulis sebelum menyampaikan materi persamaan linear satu variabel, menampilkan aplikasi persamaan linear satu variabel dalam kehidupan sehari – hari. Hal itu supaya siswa mempunyai motivasi untuk mempelajari materi persamaan linear satu variabel.

Ketiga, unsur Content Know Ledge, penulis sebagai guru memiliki cara yang paling mudah dipahami oleh siswa. Misalnya kami mencoba dengan zoom metting dengan menampilkan power point, juga dapat dengan bantuan digital pen ataupun microsoft white board, sebagai pengganti ketika guru mengajar tatap muka dikelas.

Dengan Frame Work TPACK dalam pembelajaran secara virtual tersebut diharapkan siswa dapat memahami materi yang akan disampaikan dan guru, selalu belajar sesuatu yang baru, terutama teknologi guna menunjang kesiapan pembelajaran secara virtual.

Baca juga:  Melatih Keterampilan Menulis Paragraf dengan Gambar Berseri

Dalam kegiatan penutup, hasil pekerjaan siswa dikirim melalui link Google Form yang telah dibagikan oleh guru. Guru memeriksanya dan menilai pekerjaan siswa. Siswa dengan nilai tertinggi diberi kartu prestasi yang bisa dikirim melalui WA Group kelas atau kelas virtual lainnya. (bp2/zal)

Guru Matematika SMPN 4 Comal, Pemalang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya