alexametrics

Snowball Throwing dengan Media Audio Visual Permudah Pembelajaran IPS

Oleh : Nanik, S.Pd.SD

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, IPS sebagai salah satu mata pelajaran di SD memiliki peran penting. Yakni, dalam mengembangkan pengetahuan, kemampuan, serta keterampilan peserta didik untuk menjadi warga negara yang berguna bagi dirinya sendiri, dalam kehidupan sehari – hari, serta warga yang bangga sebagai bangsa Indonesia. Juga memiliki kecintaan terhadap tanah air yang tinggi.

Berdasarkan pengalaman pembelajaran yang dilakukan penulis, hasil pembelajaran IPS kelas IV SD Negeri Donorejo, Kecamatan Limpung , Kabupaten Batang masih rendah. Hal ini disebabkan guru kurang memanfaatkan media untuk mendukung kegiatan pembelajaran, serta kurang adanya motivasi dari guru kepada siswa untuk aktif dalam pembelajaran di kelas.

Nah, untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPS dengan mendorong keterlibatan siswa agar aktif dalam kegiatan pembelajaran serta meningkatkan keterampilan, penulis menggunakan model snowball throwing dengan media audio visual.

Baca juga:  Membangun Virtual Classroom IPS melalui Google Meet

Komalasari (2011.67) mengemukakan bahwa model pembelajaran snowball throwing merupakan model pembelajaran yang menggali potensi kepemimpinan dalam kelompok dan keterampilan membuat dan menjawab pertanyaan yang dipadukan melalui suatu permainan imajinatif membentuk dan melempar bola salju. Lemparan pertanyaan menggunakan kertas yang berisi pertanyaan yang dibentuk menjadi sebuah bola lalu dilemparkan kepada siswa lain. Siswa yang mendapat bola kertas lalu membuka dan menjawab pertanyaan.

Pembelajaran IPS menggunakan model snowball throwing akan lebih optimal jika didukung dengan menggunakan media pembelajaran yang sesuai. Dalam hal ini, penulis memilih media audio visual untuk menunjang pembelajaran IPS pada materi pentingnya koperasi dalam meningkatkatkan kesejahteraan masyarakat, serta materi perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi. Dikarenakan media audio visual merupakan media audio dan visual yang biasa disebut media pandang dengar, yaitu video. Media ini dalam batas-batas tertentu dapat juga menggantikan peran dan tugas guru. Sebab, penyajian materi bisa diganti oleh media, dan guru bisa beralih menjadi fasilitator.

Baca juga:  Asyiknya Belajar Menulis Artikel dengan Metode Think Pair And Share

Adapun langkah-langkah model snowball throwing dengan media audio visual adalah sebagai berikut: guru mengondisikan siswa agar siap mengikuti kegiatan pembelajaran. Guru memberikan apersepsi berkaitan dengan materi yang akan disampaikan. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran. Guru menampilkan audio visual berupa video yang berkaitan dengan materi yang akan dipelajari. Guru menjelaskan materi yang ada dalam video. Guru membentuk kelompok secara heterogen. Guru memanggil masing-masing ketua kelompok untuk menjelaskan materi. Masing-masing ketua kelompok kembali ke kelompoknya masing-masing, kemudian menjelaskan materi yang disampaikan oleh guru kepada temannya. Masing-masing siswa dalam setiap kelompok diberi satu lembar kertas kerja dan menuliskan satu pertanyaan yang berkaitan dengan materi, selanjutnya dibuat seperti bola dan dilemparkan kekelompok lain sesuai arahan guru. Siswa mendiskusikan jawaban dari pertanyaan yang telah didapat bersama kelompoknya dan menuliskan jawaban di kertas kerja. Tiap kelompok mempresentasikan jawaban dan menanggapi hasil diskusi. Guru memberikan evaluasi.
Dengan menggunakan model snowball throwing, guru dapat meningkatkan keterampilan dalam pembelajaran , dan siswa dapat lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran. Sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS kelas IV. (pai2/aro)

Baca juga:  Pembelajaran IPS selama Pandemi dengan Media Video

Guru SD Negeri Donorejo, Kecamatan Limpung, Kabupaten Batang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya