alexametrics

Pembelajaran Jarak Jauh dengan Media Whatsapp

Oleh : Ari Krisdiani, S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Adanya wabah yang melanda dunia pada saat ini termasuk di Indonesia yaitu corona virus desease (Covid-19) menimbulkan berbagai macam dampak di berbagai bidang. Salah satunya adalah bidang pendidikan. Akibat pandemi ini pemerintah memutuskan untuk meniadakan kegiatan belajar mengajar secara tatap muka di sekolah dengan tujuan untuk mengurangi penyebaran Covid-19. Namun sistem pendidikan harus tetap dilaksanakan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Pemerintah memberi imbauan kepada seluruh masyarakat Indondesia untuk tetap berada dirumah dan belajar dari rumah. Alhasil, kegiatan sekolah pun dilakukan secara jarak jauh.

Selama masa pandemi ini pendidikan di Indonesia tetap dilaksanakan dengan penerapan sistem pembelajaran yang baru yaitu metode pembelajaran jarak jauh. Semua lembaga pendidikan dalam berbagai jenjang harus mendesain atau merencanakan media pembelajaran sedemikian rupa demi kelancaran proses pembelajaran jarak jauh.

Baca juga:  Belajar Vocabulary Lebih Menyenangkan melalui Fitur Voice Note WA

Pada akhirnya tenaga pendidik memanfaatkan media online sebagai media pembelajaran yang diterapkan untuk proses belajar mengajar. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan aplikasi WhatsApp. Pembelajaran dengan menggunakan media WhatsApp ini sangat tepat digunakan selama masa pandemi Covid-19.

Pembelajaran dengan media ini sangat membantu para siswa untuk tetap belajar bersama guru dan teman-teman mereka secara online meskipun berada di rumah. Penggunaan media ini pun cukup mudah digunakan untuk berkomunikasi maupun diakses baik oleh guru maupun siswa selama pembelajaran di masa pandemi seperti ini. Dengan media ini diharapkan mampu menunjang kelangsungan proses pembelajaran jarak jauh. Sehingga tenaga pendidik bisa memantau siswanya dengan baik.

Baca juga:  Belajar Makin Asyik dengan Game Menarik

Media WhatsApp ini sering digunakan untuk obrolan online, berbagi file, bertukar foto, melakukan panggilan video maupun mengirim pesan suara. Dalam media WhatsApp terdapat konten grup chat juga, yaitu grup yang terdiri dari beberapa orang, serta mampu dalam jumlah yang banyak. Dengan media ini guru bisa memberikan materi pelajaran dalam berbagai bentuk, misalnya video, pesan suara atau berupa file.

Sedangkan untuk penugasan maupun latihan soal, membuat ringkasan yang harus dikumpulkan biasanya siswa akan mengirim tugas melalui chat WhatsApp. Cara ini cukup mudah dan efisien. Siswa yang mengalami kesulitan tentang materi bisa menanyakan kembali dengan cara tanya jawab pada WA grup yang sudah ada. Sehingga diharapkan mereka dapat menguasai materi pembelajaran dengan baik. Melalui media ini siswa dapat mengakses tugas yang diberikan di manapun dan kapanpun.

Baca juga:  Metode Mind Mapping Meningkatkan Ketrampilan Writing Teks Descriptive

Dengan menggunakan media ini, tenaga pendidik secara langsung bisa melakukan pengawasan terhadap anak didiknya melalui tugas-tugas maupun materi yang diberikan. Sehingga siswa mampu menguasai materi yang diberikan melalui media WhatsApp ini. (ips2.2/lis)

Guru Bahasa Inggris SMP N 1 Bandar, Kabupaten Batang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya