alexametrics

Pemanfaatan TIK untuk Pembelajaran Bagi Guru

Oleh: Siti Mukhayati, S.Pd. SD

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SESUAI UU Guru dan Dosen Nomor 14/Tahun 2005 mengamanatkan bahwa setiap guru (harus) dapat memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk kepentingan penyelenggaraan kegiatan pengembangan yang mendidik. Namun pada kenyataannya masih banyak guru-guru khususnya yang berada di marjin perkotaan belum menguasai, apalagi guru yang berada di pedesaan. Hal ini juga dialami oleh guru yang mengajar di kelas tinggi.

Kompetensi guru terhadap TIK mutlak untuk dikuasai apalagi guru yang mengajar di kelas VI, karena pada waktu satuan pendidikan akan melakukan kelulusan semua proses pengelolaan nilai kelulusan mutlak melibatkan penguasaan TIK bagi guru kelas VI sebagai sekretaris Pelaksanaan Ujian Sekolah. Namun yang terjadi pemanfaatkan TIK secara utuh di dalam proses belajar mengajar masih belum tersentuh secara nyata. Sejumlah kendala yang dihadapi salah satunya adalah karena infrastruktur jaringan listrik dan telekomunikasi yang masih susah diakses oleh guru untuk penguasaan TIK.

Baca juga:  Peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran Jarak Jauh

Di sisi lain, sejumlah persepsi perlu diluruskan bahwa TIK sebenarnya tidaklah semata-mata komputer dan jaringan internetnya, tetapi juga media informasi seperti radio dan televisi serta media komunikasi seperti telepon selular atau handphone (HP) yang di dalamnya sudah ada media sosial yang tren yang dapat digunakan untuk mengirim pesan atau chating seperti WhatsApp (WA), Instagram (IG), Facebook (FB) SMS, MMS, music player, video player, kamera foto digital, dan kamera video digitalnya serta e-Book Reader-nya.

Sehingga sebaiknya untuk meningkatkan kompetensi guru dalam keprofesianya itu perlu melakukan sebuah terobosan baru yang dapat dilakukan oleh Dinas Pendidikan. Bertolak dari hal tersebut sekarang ini, Dinas Pendidikan sudah banyak memberikan peluang dan kesempatan untuk memfasilitasi guru untuk meningkatkan kompetensinya, seperti dengan diselenggarakan berbagai program pelatihan berbasis TIK yang terintegrasi, memberikan kompetensi yang praktis, dan mampu menjangkau sasaran yang banyak, serta memberikan dampak yang berskala luas dan berterima di seluruh lapisan yang bergerak di bidang pendidikan.

Baca juga:  Signifikansi TIK dalam Pembelajaran STEAM

Pemerintah dalam hal ini Dinas Pendidikan dan Kebudayaan mempunyai visi dan misi, yaitu menyiapkan guru yang peduli, cakap, dan bijak dalam memanfaatkan TIK untuk pendidikan (e-Pembelajaran) untuk mendukung ketercapaian rencana strategis pembangunan, dan menyiapkan guru yang dapat memanfaatkan TIK dalam proses belajar-mengajar. Juga mengembangkan bahan ajar efektif berbasis media informasi dan komunikasi. Harapannya, akan meningkatnya peran aktif guru dalam memanfaatkan TIK sebagai penunjang pembelajaran di sekolah. Sehingga dapat meningkatkan mutu pendidikan.

Kompetensi yang ingin dicapai, yaitu guru mampu memanfaatkan TIK untuk pembelajaran (e-Pembelajaran) yang dapat dijabarkan guru dapat memanfaatkan aplikasi Cloud Computing untuk mendukung sistem/metode pembelajaran e-Learning sebagai salah satu alternatif pembelajaran di kelas. Juga guru mampu memanfaatkan, mengelola, dan mengisi aplikasi kelas maya seperti halnya seperti sekarang ini program pemerintah dengan cara belajar dari rumah (BDR) dengan sistem daring di portal rumah belajar. Jenis aplikasi Cloud Computing yang sedang digandrungi semacam aplikasi Zoom, aplikasi Michrosoft Teams, dan lainnya.

Baca juga:  Motivasi Kepala Sekolah Tingkatkan Kualitas Guru dan Siswa

Dengan demikian, pemanfaatan TIK dapat dijadikan wadah bagi guru untuk meningkatkan kompetensinya dalam penguasaan teknologi pembelajaran, dan juga dapat dijadikan untuk meningkatkan karir keprofesiannya. Sehingga kualitas sumber daya manusia sebagai pelopor dan penggerak organisasi yang dapat mendukung pelaksanaan e-goverment di dunia pendidikan. (pai1/aro)

Guru SD Negeri 01 Kertosari, Kecamatan Ulujami, Kabupaten Pemalang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya